ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 15 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Memilih Kucing untuk Hewan Peliharaan

06 July 2020 12:43:31
memilih,kucing,untuk,hewan,peliharaan
Krysten Merrimen/pexels.com

ChanelMuslim.com - Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan. (QS. Al An’am:38)

Sebagai orang tua, kita tahu bahwa anak-anak pada suatu saat akan punya keinginan memiliki hewan peliharaan. Bagaimana memilih hewan peliharaan yang aman? Berikut tipsnya

Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

1. Anak belajar tentang tanggung jawab dan pengasuhan

Beberapa sekolah memiliki hewan peliharaan kelas seperti kelinci, hamster, marmut dan bahkan ikan mas koki dengan harapan akan mendorong keterampilan pengasuhan dan tanggung jawab anak.

Tidak dapat dihindari bahwa anak Anda akan meminta hewan peliharaan terutama setelah mereka mulai pergi ke sekolah. Sebagian besar pengalaman pertama anak-anak dengan memiliki hewan peliharaan mereka sendiri dimulai dengan ikan mas hias dalam toples kaca.

2. Anak belajar keterampilan sosial

Anak-anak dapat belajar banyak dari memiliki hewan peliharaan, mereka tidak hanya akan belajar dari mengamati interaksi Anda tetapi juga membantu dengan keterampilan sosialisasi mereka.

Seorang anak yang pemalu mungkin secara terbuka berbicara kepada keluarga dan anak-anak lain tentang kucing mereka. Hal ini pada gilirannya meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan bahasa, dan bahkan mendorong mereka untuk berteman dengan anak-anak lain karena cinta yang sama kepada hewan.

3. Anak belajar empati

Secara emosional, anak-anak akan mengekspresikan diri kepada kucing kesayangan mereka yang duduk dan mendengarkan, beberapa bahkan mungkin didorong untuk membaca untuk kucing mereka meningkatkan cinta mereka untuk buku. Anak-anak pasti akan belajar keterampilan empati dan mengasuh dengan menjaga kucing mereka untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

Hewan Peliharaan yang Diizinkan

Dalam Islam, tidak ada yang salah dengan memelihara hewan peliharaan selama tidak ada kelalaian. Dua hewan teratas yang dipelihara sebagai hewan peliharaan di dunia adalah anjing dan kucing.

Namun, anjing diizinkan untuk dipelihara hanya dalam dua kategori. Satu sebagai anjing penjaga dan yang lainnya sebagai anjing pemburu. Jika disimpan karena alasan lain, imbalan (qirat) dikurangi.

Dia yang memelihara seekor anjing dengan alasan apa pun selain untuk menjaga hartanya (tanah) atau kawanan dombanya, perbuatan baiknya yang sama dengan dua Qirat akan dikurangkan setiap hari. (HR.Bukhari)

Meskipun Anda masih bisa menepuk atau menyentuh anjing, jika ia menjilat Anda atau pakaian Anda, Anda harus mencuci daerah itu karena dianggap tidak bersih. Dikatakan bahwa Anda tidak boleh memelihara anjing di rumah karena para malaikat tidak memasuki rumah dengan seekor anjing di dalamnya.

Nabi (saw) berkata: "Malaikat tidak memasuki rumah di mana ada anjing atau gambar."

Dengan demikian, dari dua hewan peliharaan paling populer di dunia, preferensi diberikan kepada kucing. Mereka bersih, ramah, tidak berbahaya dan tidak dianggap najis bahkan jika air liur mereka menyentuh Anda.

Kucing merupakan hewan yang bersih dan terbebas dari najis. Ini tertuang pada hadis yang berbunyi: “Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita.” (HR. Tirmidzi).

Bahkan, ada sebuah riwayat yang memberitahu kita bahwa Abu Qatādah mengambil semangkuk air untuk wudhu dan memungkinkan seekor kucing untuk minum darinya dan kemudian dia masih melanjutkan dan menggunakan air. Dia menyatakan, bahwa kucing yang minum dari air tidak membuatnya najis.

Kucing tidak bisa membatalkan sholat terlepas dari apakah mereka berjalan di depan Anda atau bahkan duduk di samping Anda saat Anda sedang shalat.

Rasulullah (saw) berkata: “Kucing tidak membatalkan shalat, karena mereka adalah salah satu hal yang berguna di rumah.(Hadits)

Seperti halnya semua hewan, Anda tidak boleh memperlakukan hewan peliharaan dengan buruk, tetapi ada aturan khusus tentang perlakuan buruk terhadap kucing. Itu dianggap sebagai dosa dan bukan hanya dosa, tetapi juga dosa serius.

Dari sahabat Nabi Muhammad, Ibnu Umar ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberinya makan, bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai. (HR. Bukhari).”

Saat ini, orang-orang sadar akan kekejaman terhadap hewan dan ada hukum internasional untuk menegakkan perlakuan yang benar terhadap semua hewan.

Tempat terbaik untuk mendapatkan kucing adalah dari tempat penampungan hewan atau dari seseorang yang Anda kenal yang memberikan kucing atau anak kucing. Islam mengatakan tidak boleh ada uang yang terlibat saat membeli kucing, tidak membeli, menjual atau berdagang karena tidak diperbolehkan.

Kucing adalah sahabat yang baik bagi anak-anak. Buat kucing Anda nyaman dengan anak Anda dengan hadir di pertemuan pertama awal. Luangkan waktu untuk memiliki waktu bermain yang interaktif dan diawasi sehingga kucing dan anak Anda dapat terbiasa dengannya.

Ini akan berlipat ganda sebagai sesi pembelajaran di mana Anda dapat mengajari anak Anda apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Tetapi, pada akhirnya, kebiasaan kesehatan, makanan, dan kotak kotoran kucing adalah tanggung jawab orang dewasa.

Merawat hewan peliharaan yang diizinkan dapat membawa pelajaran hidup bertahun-tahun yang berharga bagi anak dan keluarga Anda. Dan, semua hewan peliharaan dan hewan adalah bagian dari ciptaan Allah dan bagi yang merawatnya ada ganjaran untuk merawat mereka. [My]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
memilih
kucing
untuk
hewan
peliharaan
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
21 November 2018 07:03:30

Meningkatkan Daya Baca Masyarakat Indonesia

 
PARENTING
23 March 2018 23:00:01

Kakak dan Adik Yang Saling Sayang

 
PARENTING
18 April 2018 21:12:01

16 Ciri-Ciri Anak Cerdas Kinestetik

 
PARENTING
08 October 2020 07:00:01

Belajar Arti Tawakal dari Proses Persalinan Maryam

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284