ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 24 Oktober 2019 | 25 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

11 Tips Berhaji Bersama Anak-Anak

30 July 2019 15:10:50
tips,haji,anak,orangtua
aboutislam.net

 

ChanelMuslim.com - Jumlah orang tua yang mengajak anak-anak mereka untuk melakukan ibadah haji mengalami peningkatan. Namun, untuk menjadikan berhaji sebagai pengalaman yang benar-benar positif dan spiritual saat melakukannya bersama anak-anak, ada beberapa catatan penting.

Banyak orang khawatir membawa anak-anak mereka berhaji bersama karena perjalanan haji membutuhkan persiapan fisik, spiritual, dan emosional yang besar. Mereka yang memutuskan untuk membawa anak-anak harus bisa menemukan cara terbaik untuk mempersiapkan diri dan anak-anak mereka untuk mendekatkan diri kepada Allah.

 “Barang siapa menyangka bahwa Allah tidak akan menolongnya (Muhammad) di dunia dan di akhirat, maka hendaklah dia merentangkan tali ke langit-langit, lalu menggantung (diri), kemudian pikirkanlah apakah tipu dayanya itu dapat melenyapkan apa yang menyakitkan hatinya.” (QS. Al Haj ; 15)

Yang pertama harus menjadi landasan utama adalah keyakinan akan pertolongan Allah. Jadi tinggalkan kegelisahan, jangan khawatir, dan perhatikan beberapa tips penting untuk membantu Anda dalam melakukan perjalanan haji bersama keluarga menjadi sedikit lebih mudah.

Kiat untuk berhaji bersama keluarga:

1- Ajari anak-anak tentang haji

Jika anak-anak sudah cukup dewasa, kita dapat menjelaskan kepada mereka pentingnya haji dan apa yang diperlukan dalam melakukan perjalanan haji. Ceritakan kepada mereka tentang perjalanan spiritual yang akan mereka lakukan mereka termotivasi dan bersemangat, insya Allah.

2- Siapkan pakaian berbahan katun yang ringan untuk anak-anak

Persiapkan untuk kondisi yang sangat panas dan pastikan anak-anak mengenakan pakaian atau ihram yang ringan dan longgar. Ingatlah untuk mengemas pakaian ganti ekstra untuk anak-anak dan diri sendiri.

3 - Tetap terhidrasi

Mengisi botol air minum dan cairan semprot untuk anak-anak karena kita harus memastikan bahwa kita dan keluarga terhidrasi dengan baik. Ada bagian-bagian khusus haji seperti di Mina ketika kita mungkin akan menghabiskan waktu di tenda dan membutuhkan lebih banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.

4 - Bawalah tabir surya

Ini mungkin terdengar agak jelas tetapi anak-anak membutuhkan perlindungan tabir surya yang cocok untuk kulit mereka.  Penting untuk membawa dan menggunakannya pada anak-anak untuk melindungi dari sengatan matahari karena saat berhaji kita akan sering berada di ruang terbuka.

5- Suntik imunisasi atau vaksi yang diperlukan

Anak-anak harus diimunisasi jika mereka belum melakukannya sebelum pergi haji. Ini akan memastikan bahwa mereka terlindungi dari meningitis, demam kuning, dan penyakit lainnya, tergantung pada apa yang diminta oleh pemerintah Saudi pada tahun tertentu.

6- Jangan lupakan obat batuk sirup

Ada obat-obatan dan peralatan pertolongan pertama yang tersedia secara gratis di unit medis, yang didirikan di seluruh wilayah haji. Namun, kita mungkin lebih suka membawa sirup obat batuk sendiri atau obat resep lain yang biasa kita gunakan.

7 - Berdoa bersama anak-anak di Arafah

Banyak peziarah menghabiskan sepanjang hari dengan berdoa di di Jabal Rahmah. Bersama pasangan kita bisa saling bergantian melakukan pengawas dan menjaga anak-anak yang masih kecil-kecil agar ibadah dan doa yang dilakukan bisa lebih efektif waktunya. Saat ini juga menjadi waktu yang tepat untuk mendorong anak-anak yang sudah besar untuk berdoa dan membuat permohonan mereka sendiri dan bersama-sama.

8- Bersiap untuk malam yang dingin di Muzdalifah

Muzdalifah bisa sangat dingin, jadi persiapkaan matras atau selimut dan sesuatu yang hangat di tas untuk keluarga karena di Muzdalifah bisa sangat dingin dan berangin.

9- Gunakan KBIH atau pengelola haji dengan fasilitas untuk anak-anak

Akan bermanfaat untuk mendiskusikan dengan penyelenggara haji tentang fasilitas yang tersedia untuk anak-anak saat pergi ke haji seperti tempat ganti bayi, tempat untuk memberi makan bayi jika bayi masih menyusui, fasilitas kursi roda jika mereka lelah, dll. Ini akan memastikan fasilitas paket yang kita pilih sehingga kita tidak perlu khawatir nantinya.

10 - Buat anak-anak sibuk saat di perjalanan

Dalam perjalanan menuju Saudi anak-anak mungkin akan gelisah karena memakan waktu yang cukup lama. Salah satu tip agar anak-anak tidak rewel adalah dengan membuat anak-anak tetap sibuk dengan mengatur. Mereka bisa melakukan beberapa hal seperti menggambar dan mewarnai jika mereka masih kecil. Dalam perjalanan kita juga bisa mengulang-ngulang bacaan doa dan ayat-ayat pendek yang berguna saat melakukan ibadah haji.

11 - Bawalah bantal perjalanan untuk anak-anak

Anak-anak mudah lelah terutama di daerah beriklim panas dan mereka cenderung merasa lebih mudah marah karena mereka masih muda. Jika mereka merasa mengantuk, ada baiknya membawa bantal kecil atau bantal perjalanan agar tetap nyaman saat bepergian selama berjam-jam.

Terakhir namun tak kalah pentingnya untuk memiliki perjalanan yang luar biasa, spiritual, dan mencerahkan saat berhaji adalah dengan berdoa, semoga Allah memudahkan semua orang tua yang memulai perjalanan indah seumur hidup ini.

"Ya Tuhan kami, jadikan kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya  Engkaulah Maha Penerima Tobat, Yang Maha Penyayang ”[QS. Al Baqarah : 128]. [Maya/ Sumber dari productivemuslim.com

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips
haji
anak
orangtua
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
13 August 2018 11:12:28

Aturan Ber-gadget ala Bill Gates

 
PARENTING
21 October 2019 13:23:48

Mengasuh Anak Ketika Orang Tua Sibuk Bekerja (Bag. 1)

 
PARENTING
16 March 2018 06:00:02

Bolehkah Memukul Anak?

 
PARENTING
28 September 2018 09:16:53

Penjagaan Fitrah Anak

 
PARENTING
01 May 2018 20:50:32

Tips Membawa Anak-Anak ke Mall

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284