ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 16 Desember 2019 | 19 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
PARENTING

10 Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak

18 November 2019 17:21:18
manfaat,bermain,luar,ruangan,anak
Alexander Dummer @pexels.com

Di masa sekarang ini, anak-anak cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan. Sebagian besar anak-anak terpaku pada televisi, telepon pintar, dan gadget lainnya. Tetapi menonton kartun di televisi atau menggunakan telepon selama berjam-jam tanpa henti dapat mempengaruhi kesehatan mereka.

Di sisi lain, bermain di luar ruangan dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik pada anak-anak. Bermain di luar juga dapat membentuk kepribadian mereka dan membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial. Ini adalah cara yang luar biasa untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan hidup.

Manfaat bermain game di luar ruangan sangat banyak untuk anak-anak dari segala usia. Beberapa manfaat dari kegiatan di luar ruangan tercantum di bawah ini.

1. Memberi mereka kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru.

Bermain permainan di luar ruangan bisa menjadi cara yang brilian untuk meningkatkan kemampuan belajar pada anak-anak. Mereka dapat mempelajari pelajaran dan keterampilan hidup yang penting, mengembangkan sikap penyelesaian masalah, menjelajahi alam, memperoleh informasi baru, dan pemahaman dasar sains.

Terlebih lagi, ketika anak-anak belajar di luar, mereka berpikir belajar sebagai kegiatan yang berkelanjutan dan menyenangkan bukan sebagai kegiatan membosankan yang harus mereka lakukan di kelas.

2. Membantu dalam perkembangan fisik mereka.

Bermain di luar membuat anak-anak tetap aktif, dapat meningkatkan stamina dan kebugaran fisik mereka. Bermain permainan di luar juga dapat memperkuat otot dan tulang mereka, membangun kekebalan, dan menurunkan risiko banyak penyakit seperti diabetes, masalah jantung, dan obesitas. Berada di udara segar dan sinar matahari secara alami dapat memberi mereka Vitamin D. Terpapar gadget elektronik untuk durasi yang lebih lama dapat mengganggu penglihatan anak-anak. Tapi bermain di luar bisa meningkatkan penglihatan mereka.

3. Meningkatkan kreativitas mereka.

Terlibat dalam permainan di luar ruangan dapat membuat anak-anak lebih kreatif dan meningkatkan keterampilan imajinasi mereka. Berada di tempat terbuka dan dikelilingi oleh tanaman dan pohon, dan benda-benda lain dapat merangsang daya imajinasi anak dan memanfaatkan kreativitas mereka.

4. Membantu mereka memperoleh keterampilan sosial.

Anak-anak yang menghabiskan waktu di luar ruangan dan bermain game satu sama lain cenderung berinteraksi secara efektif dengan anak-anak lain. Berbeda dengan anak-anak yang tetap di dalam ruangan, terisolasi dan sendiri.

Jika anak Anda menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan dan hidup dalam cangkangnya sendiri, Anda harus mendesaknya untuk keluar dan bermain dengan anak-anak lain. Ketika anak-anak menjalin pertemanan baru, bergiliran bermain tanpa pengawasan orang dewasa, atau sekadar berbicara satu sama lain, mereka memperoleh dan meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi tanpa disadari. Dan keterampilan ini dapat membantu mereka di masa depan.

5. Membantu mereka mengembangkan sikap positif.

Anak-anak yang bermain di luar ruangan cenderung mengembangkan sikap positif terhadap kehidupan dan memiliki sifat yang lebih tenang dan lebih bahagia. Juga, bermain di luar memberikan peluang besar untuk menyalurkan energi mereka dengan cara yang bermakna.

6. Membantu dalam pengembangan kepribadian.

Bermain di luar ruangan membantu dalam kepribadian seorang anak. Mereka belajar mandiri. Mereka belajar menghadapi situasi darurat, kemunduran, dll, tanpa pengawasan orang dewasa. Ini menanamkan kepercayaan pada mereka dan memperlengkapi mereka untuk mengatasi situasi kehidupan di kemudian hari. Bermain di luar juga membantu mereka mengembangkan kualitas seperti disiplin, sportif, dan kepemimpinan - yang semuanya berguna di kemudian hari.

7. Membantu meningkatkan rentang perhatian pada anak-anak.

Bermain permainan di luar juga dapat meningkatkan rentang perhatian pada anak-anak. Dengan bermain game di luar ruangan, konsentrasi anak Anda dan keterampilan pengamatan dan penalaran akan meningkat. Anak-anak dengan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) juga dapat mengambil manfaat dari bermain di luar - itu dapat meningkatkan rentang perhatian mereka juga.

8. Memperkuat keterampilan motorik mereka.

Terlibat dalam permainan luar ruangan dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus mereka. Mereka mencapai kelincahan, koordinasi, dan keseimbangan yang lebih baik dengan memainkan permainan luar ruangan.

9. Meningkatkan kecintaan mereka pada alam.

Anak-anak yang menghabiskan banyak waktu di luar rumah mungkin lebih cenderung untuk membangun ikatan seumur hidup dengan alam. Menghabiskan banyak waktu di luar rumah dapat membantu anak-anak untuk Membangun Ikatan Seumur Hidup Dengan Alam

10. Membuat mereka menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Anak-anak yang secara produktif terlibat dalam permainan luar ruangan lebih cenderung menjalani gaya hidup yang seimbang dan sehat di masa dewasa nanti. Mereka memiliki kemampuan pengambilan keputusan yang baik. Mereka belajar untuk menantang diri mereka sendiri dan mendorong keterbatasan mereka sehingga menjadi lebih baik dalam penilaian risiko.

[Maya//sumber: firstcryparenting]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
manfaat
bermain
luar
ruangan
anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
14 September 2018 10:35:06

Great Mother Great Family

 
PARENTING
26 February 2019 07:09:37

Sepuluh Hak Anak Perempuan Menurut Islam

 
PARENTING
13 March 2019 07:33:00

Latih Anak Menyelesaikan Masalahnya Sendiri

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284