ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 26 November 2020 | 11 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

6 Permainan Menentukan Tujuan untuk Anak-Anak

27 October 2020 06:18:10
permainan,menentukan,tujuan,anak,parenting
pixabay-pexels

ChanelMuslim.com – Menentukan tujuan adalah perencanaan untuk masa depan. Misalnya, jika seorang anak membuat rencana belajar untuk ujiannya atau mempersiapkan pertandingan basketnya, maka ini adalah 'penentuan tujuan'. Demikian pula, jika seorang anak memutuskan ingin menjadi pilot di masa depan, maka inilah tujuan hidupnya.

Kita menetapkan tujuan dalam hidup, kita terkadang tidak benar-benar bekerja untuk mencapainya. Untuk mencapai tujuan apa pun, diperlukan perencanaan yang tepat dan upaya yang konsisten. Oleh karena itu, merencanakan bagaimana Anda akan mencapai target atau tujuan tertentu adalah tentang menentukan tujuan.

Berikut adalah beberapa permainan menentukan tujuan untuk anak-anak yang dapat dinikmati dan dipelajari oleh anak Anda:

1. Membuat Papan Visi

Minta anak Anda untuk memotong gambar yang berbeda dari berbagai majalah dan terbitan berkala, yang mewakili mimpinya. Tempel gambar-gambar ini di papan tulis dan letakkan papan itu di kamar anak Anda. Melihat ini setiap hari dapat membantu anak Anda menjadi lebih fokus untuk mimpinya.

2. Game Pertanyaan Menyenangkan

Ajukan pertanyaan kepada anak Anda terkait dengan tujuannya karena itu akan memberi Anda gambaran tentang apa yang dia inginkan dalam hidup dan Anda dapat membantu anak Anda untuk lebih memahami. Misalnya, tanyakan kepada anak Anda apa yang harus dia lakukan jika dia ingin mendapat nilai bagus dalam mata pelajaran tertentu? Jika dia mengatakan 'belajar dan berlatih', maka Anda tahu bahwa anak Anda berada di jalan yang benar. Namun, jika dia tidak bekerja keras, Anda perlu membuatnya mengerti bahwa jika dia tidak belajar dia tidak akan pernah mendapatkan nilai yang diinginkan. Jelaskan dengan nada lembut dan dia akan mengerti.

3. Roda Keberuntungan

Buatlah roda dari sehelai kertas dan bagi menjadi beberapa bagian. Tulis kategori yang berbeda seperti akademisi, olahraga, keluarga, dan lainnya. Biarkan anak Anda memilih siapa saja dan kemudian tetapkan tujuan untuk mencapainya. Misalnya, jika dia telah memilih akademisi, tanyakan bagaimana dia akan melakukannya. Dia dapat merencanakan untuk belajar 3-4 jam setiap hari dan mengikuti ujian mingguan. Biarkan dia mewarnai bagian akademis di atas kemudi sehingga dia dapat melihatnya setiap hari dan memotivasi dirinya sendiri untuk bekerja keras.

4. Semangkuk Impian

Kumpulkan semua anggota keluarga dan tuliskan aspirasi, impian, dan tujuan mereka (yang ingin mereka capai di tahun itu) di selembar kertas yang berbeda dan letakkan di toples atau mangkuk kaca besar. Simpan mangkuk ini di tempat di mana semua anggota keluarga dapat melihatnya setiap hari karena akan mengingatkan mereka untuk bekerja demi tujuan mereka. Pada akhir tahun atau setelah periode yang ditentukan, keluarkan kertas dan bacakan tujuan dari setiap anggota keluarga dan tanyakan apakah mereka mencapainya atau tidak.

5. Wish and Stars Game

Ini adalah permainan yang sangat menarik. Minta anak Anda untuk memilih tiga hal yang mungkin paling dia sukai dan jadikan aktivitas atau kualitas tersebut sebagai 'bintang'-nya. Kemudian tanyakan kepadanya tentang kualitas yang perlu dia kuasai dan buat itu menjadi 'keinginan'-nya. 'Keinginan' anak Anda dapat menjadi tujuannya dan Anda dapat membantu anak Anda dalam mencapai tujuan tersebut.

6. Pohon Impian

Mintalah anak untuk menuliskan mimpinya di atas kertas dan masukkan kertas itu ke dalam botol. Kemudian gantung botol itu dengan seutas tali di atas pohon di halaman Anda. Dengan begitu anak akan selalu melihat botolnya di pohon impiannya setiap saat.  

Penting untuk membantu anak Anda merencanakan hidupnya daripada hanya menunggu hal-hal terjadi sendiri. Dengan tip-tip yang disebutkan di atas, kami berharap Anda dan anak Anda akan senang memahami menentukan tujuan. Dengan tip-tip ini bantu anak Anda dalam menetapkan tujuan dan lihat kesuksesannya dalam hidup. [My]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
permainan
menentukan
tujuan
anak
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
26 May 2018 20:00:17

Matang di Usia Akil Balig

 
PARENTING
20 August 2018 12:01:04

Melatih Fisik Anak Lewat Latihan Shalat

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284