ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 04 Juli 2020 | 14 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
LIFESTYLE

5 Foto Anak yang Tidak Boleh Diunggah ke Social Media

12 December 2015 09:00:37
5 Foto Anak yang Tidak Boleh Diunggah ke Social Media

imagesimages

ChanelMuslim.com-Di satu sisi, membagikan foto anak di social media dapat menunjukkan kebanggaan kita sebagai orang tua. Tetapi sadarilah, apa yang Bunda lakukan dapat mengantar si kecil ke jurang bahaya predator online. Lantas, seperti apa sih foto-foto si kecil yang harus dihindari dibagikan di social media?

Di era serba digital yang didukung dengan kemudahan berbagi informasi, membagikan foto anak di jejaring sosial menjadi hal yang wajar dilakukan. Membagikan foto anak yang pertama kali bisa berjalan, memakai baju baru, berulangtahun atau asyik bermain adalah hal yang menggemaskan. Tetapi, Bunda perlu tahu, tak semua foto layak untuk diunggah di social media lho.

Berikut ini penjelasannya, seperti yang dilansir oleh parenting.com:

Foto Saat Mandi atau di Toilet

Berikut ini penjelasannya, seperti yang dilansir oleh parenting.com:

Foto Saat Mandi atau di Toilet

Semua foto si kecil yang sedang mandi atau telanjang, jangan dibagikan di social media ya, Bunda. Di tangan orang yang salah, foto-foto seperti ini dapat disalahgunakan menjadi bahan pornografi anak. Pun foto saat si kecil di toilet. Mungkin menggelikan, tetapi bayangkan perasaan si kecil saat melihat foto itu ketika ia remaja. Anything you share online lasts forever, remember.

Foto yang Memalukan

Kadang memajang foto candid anak dengan pose lucu yang menggelikan, memang bikin gemas. Alih-alih menjahili anak, foto-foto seperti ini ternyata dapat menyakiti perasaannya apalagi jika ia mulai mengerti rasa malu. Jika si kecil marah dan Bunda tidak menghiraukan, ia akan merasa trauma, depresi dan cemas berlebih di masa depannya. Para ahli menyebutnya sebagai child shaming online dan jangan disepelekan dampaknya bagi psikis anak.

Foto Anak dalam Grup

Jika Bunda berniat mengunggah foto anak bersama teman-temannya, pastikan mendapat izin dari orang tua lainnya ya. Bisa jadi orang tua lainnya merasa tidak nyaman wajah sang anak ada di dunia maya.

Foto Anak Melakukan Hal yang Tidak Aman

Apakah Bunda pernah dengan sengaja foto membonceng anak dengan posisi 'aneh' dan menjepretnya kemudian mengunggahnya? Foto-foto ini mungkin terlihat seru dan lucu, tetapi jika diunggah ke social media tentu akan memancing kontroversi dan membuat orang akan beranggapan negatif, kepada keluarga Anda maupun si kecil.

Data-Data Pribadi

Hindari membagikan nama lengkap, alamat rumah, detil sekolah, foto rumah, foto kamar dan hal-hal lain yang terkait data pribadi anak. Anda tidak akan pernah tahu siapa yang diam-diam menggunakan informasi ini untuk tujuan tertentu.

Bijak dalam menggunakan social media ya, Bunda. Jangan sampai tujuan kita untuk bersenang-senang di dunia maya justru mengantarkan si kecil ke marabahaya.(ind/vem)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
04 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
LIFESTYLE
06 September 2018 05:10:22

Dollar Naik, Ini Tanggapan Mom Chae, Owner Meema Style

 
LIFESTYLE
16 August 2018 06:19:36

Peduli Gempa Lombok, Komeng Langsung Bantu Warga

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284