ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 30 November 2020 | 15 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KISAH

Zaed Bin Tsabit, Sahabat Remaja Hebat di Masa Rasulullah

17 November 2020 08:00:01
Ustazah Aan Rohanah, akhlak mulia keluarga, Keluarga Muslim, , sahabat Rasulullah, zaed bin Harist
Source: DK Find Out

ChanelMuslim.com - Zaed bin Tsabit adalah seorang anak yatim, termaktub dalam wafat dalam perang Bu'ats pada saat ia berusia 5 tahun. Ketika ia berusia 11 tahun Rasulullah datang berhijrah ke Madinah, maka Zaed dan keluarganya tahun 1 H masuk Islam. 

Kemudian Zaed tinggal bersama Rasululluah SAW. Zaed bin Tsabit itu anak yang cerdas, rajin, sungguh-sungguh dan pekerja keras sehingga pada usia 11 tahun sudah hafal 16 atau 17 surat dari Alquran. 

Zaed bin Tsabit bersama 7 anak untuk remaja seusianya minta izin kepada Rasulullah untuk ikut perang Badar tapi ditolak oleh Rasulullah karena masih terlalu beliau dan mereka minta izin lagi untuk ikut perang Uhud tapi ditolak pula. 

Setelah itu mereka dizinkan untuk ikut perang Khandak. Ditugaskan oleh Rasulullah untuk belajar bahasa Suryani dan bahasa Ibrani. Ternyata ia mampu belajar bahasa Suryani hanya 17 hari dan bahasa Ibrani hanya 15 hari. 

Setelah itu ia ditugaskan untuk menjadi penerjemah Rasulullah untuk berdakwah dan berkirim surat kepada yahudi dan masrani juga kepada raja dan kaisar yang tidak berbahasa arab. 

Iapun ditugaskan Rasulullah menjadi penulis wahyu dan dia yang paling menonjol dibandingkan 48 penulis wahyu yang lain. 

Ketika terjadi perang Tabuk Zaed bin Tsabit ditugaskan oleh Rasulullah memegang bendera yang semula dipegang oleh Umaroh. Umaroh bertanya ya Rasulullah aku punya salah apa sehingga bendera itu engkau serahkan kepada Zaed. 

Beliau bersabda: "Alquran harus diutamakan, sedangkan Zaed hafalan Alqurannya lebih banyak daripada engkau". Dimasa khalifah Abu Bakar dan di masa khalifah Umar, Zaed bin Tsabit ditugaskan untuk mengumpulkan dan menulis ayat-ayat Alquran menjadi satu mushhaf. 

Juga menjadi bendahara dizaman khalifah Abu Bakar dan diangkat menjadi khaifah sementara dizaman khalifah Umar dan khalifah Usman saat khalifah sedang menunaikan haji. 

Sedangkan di zaman khalifah Usman, Zaed bin Tsabit ditugaskan untuk menjadi ketua tim kodifikasi Alquran dan pengurus baitul mal. Zaed bin Tsabit dikenal sebagai ulama yang ahli dalam bidang fiqih, fatwa, faroidh (ahli tentang warisan) dan qiroah. 

Beliau wafat pada tahun 45 H dimasa pemerintahan Muawiyah bin Abi Sufyan. Juga menjadi bendahara dizaman khalifah Abu Bakar dan diangkat menjadi khaifah sementara dizaman khalifah Umar dan khalifah Usman saat khalifah sedang menunaikan haji. 

Sedangkan di zaman khalifah Usman, Zaed bin Tsabit ditugaskan untuk menjadi ketua tim kodifikasi Alquran dan pengurus baitul mal. Zaed bin Tsabit dikenal sebagai ulama yg ahli dalam bidang fiqih, fatwa, faroidh (ahli ttg warisan) dan qiroah. 

Beliau wafat pada tahun 45 H dimasa pemerintahan Muawiyah bin Abi Sufyan. Juga menjadi bendahara dizaman khalifah Abu Bakar dan diangkat menjadi khaifah sementara dizaman khalifah Umar dan khalifah Usman saat khalifah sedang menunaikan haji. 

Sedangkan di zaman khalifah Usman, Zaed bin Tsabit ditugaskan untuk menjadi ketua tim kodifikasi Alquran dan pengurus baitul mal. Zaed bin Tsabit dikenal sebagai ulama yang ahli dalam bidang fiqih, fatwa, faroidh (ahli tentang warisan) dan qiroah. Beliau wafat pd tahun 45 H dimasa pemerintahan Muawiyah bin Abi Sufyan.

Catatan Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag

di akun instagramnya @aanrohanah_16. Ustazah Aan Rohanah adalah perempuan yang Peduli Keluarga dan Pendidikan Anak

[jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ustazah aan rohanah
akhlak mulia keluarga
keluarga muslim
sahabat rasulullah
zaed bin harist
 
BERITA LAINNYA
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284