ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 09 Agustus 2020 | 20 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Tips Sambut Ramadan dengan Bahagia

09 April 2019 17:32:51
Ramadan

ChanelMuslim.com - Tidak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan yang dinanti-nantikan akan tiba. Sebagai bukti keimanan kita sebagai seorang muslim dianjurkan untuk bergembira sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa di bulan Ramadhan dibuka pintu surga dan ditutup pintu neraka. Namun, kegembiraan menyambut bulan suci Ramadhan yang dilakukan oleh sebagian besar umat Islam, sekarang ini kebanyakan sebatas seremonial dan tidak puasa di bulan Ramadan. Dilansir dari Spiritual Speaker Academy, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan yaitu

1. Menjalani Puasa Di Hari Biasa

Bagi yang tidak terbiasa, puasa sebulan penuh akan cukup menyulitkan. Agar tidak kaget, cobalah melakukan puasa sunnah, misal puasa Senin dan Kamis. Jika hal tersebut rutin dilakukan, pasti menjalani bulan Ramdhan akan mudah.

2. Menyelesaikan Qadha Puasa Ramadhan

Jika Anda masih memiliki hutang puasa Ramadhan di tahun sebelumnya, sebaiknya selesaikan sebelum Ramadhan tiba.

3. Kurangi Cemilan

Hal ini membuat seseorang mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, sehingga ketika berpuasa tidak akan sering merasa lapar.

4. Persiapan Khatam Alquran

Banyak orang yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai waktu untuk mengkhatamkan Alquran. Maka mulailah menghitung berapa banyak ayat atau juz yang harus dibaca setiap harinya agar selesai tepat ketika Ramadhan berakhir.

5. Kurangi Berperilaku Buruk

Puasa juga menjadi tempat seseorang untuk melakukan hal-hal baik. Mulai dari menjaga sikap, perkataan dan perbuatan. Alangkah baiknya, hal tersebut mulai kita lakukan sejak saat ini bahkan setelah Ramadhan usai.

6. Persiapkan Harta

Bulan Ramadhan adalah ladangnya pahala dan penebusan dosa. Selain melakukan ibadah shalat atau puasa, banyak hal yang dapat dilakukan untuk berbuat kebaikan. Contohnya, membayar zakat, infaq dan bersedekah. Tidak harus banyak, tetapi niat yang ikhlas dan tulus karena Allah ta’ala.

Yang tak kalah pentingnya tetap menjadi penyeru kebaikan, siapkan segala sesuatunya dan lipat gandaan ketika Ramadhan tiba. [fir/ssa]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ramadan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
08 August 2020 09:51:28

Semarak Cinta Suami Istri

 
KHAZANAH
04 December 2018 21:25:27

Standar

 
KHAZANAH
20 September 2018 11:54:38

Hilangkan Kalimat “I Don`t Care” Demi Hijrah Bersama

 
KHAZANAH
08 February 2020 08:00:01

Enam Sikap Terbaik Dilakukan saat Pasangan Kecewa

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga