ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 15 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Pentingnya Membangun Silaturahim dalam Keluarga

28 July 2020 08:00:02
Ustazah Aan Rohanah, akhlak mulia keluarga, Keluarga Muslim, , suami istri, , membangun silaturahim pada keluarga
Ilustrasi (source: IslamiCity)

Oleh: Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag

ChanelMuslim.com - Ayah dan ibu sebagai kedua orang tua yang harmonis selalu melakukan upaya-upaya yang dapat menimbulkan jiwa dan sikap persaudaraan serta hubungan yang erat satu sama lain, antara ayah dengan ibu, antara ayah ibu dengan anak-anak, dan antara anak-anak dengan ayah dan ibu serta antara sesama anak-anak dari anak pertama hingga anak terkecil.

Silaturrahim yang terjalin dengan baik dalam keluarga maka mereka bisa menjalin hubungan persaudaraan dan kekeluargaan yang penuh cinta dan sayang hingga maut memisahkan mereka.

Lebih dari itu mereka bisa merasakan kegembiraan yang sedang dirasakan oleh saudara-saudaranya sehingga mereka bisa bersyukur bersama-sama.

Mereka juga bisa merasakan kesedihan dan kesulitan yang dirasakan saudara-saudaranya sehingga mereka bersama-sama bersegera menghiburnya dan menghilangkan kesulitannya.

Saat ayah dan ibu sudah tua maka ayah dan ibu tidak akan repot menanggung beban anak-anak, mereka sudah bisa saling menanggung beban dalam kondisi apapun dengan saudara-saudaranya di dalam tatanan keluarga yang harmonis.

Ayah dan ibu akan terus mengembangkan jiwa dan sikap persaudaraan dan kekeluargaan ini dalam ruang lingkup yang lebih luas, tidak hanya dalam keluarga yang senasab (satu keturunan), tetapi terus dilanjutkan kepada keluarga karena ikatan pernikahan; dengan keluarga besan dan saudara-saudara ipar serta kerabat mereka, kemudian berlanjut hingga kepada saudara seagama.

Hubungan silaturrahim seperti inilah yang dapat mewujudkan kelestarian kehidupan manusia dalam kedamaian. Pantaslah dalam alquran silaurrahim ini sudah diwajibkan kepada suami istri di awal pernikahan sebelum mereka menjadi ayah dan ibu,

Allah berfirman : " Dan peliharalah hubungan silaturrahim" (4 : 1).

Catatan Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc. M.Ag di akun instagramnya @aanrohanah_16. Ustazah Aan Rohanah adalah perempuan yang Peduli Keluarga dan Pendidikan Anak.[jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ustazah aan rohanah
akhlak mulia keluarga
keluarga muslim
suami istri
membangun silaturahim pada keluarga
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
20 March 2020 09:39:24

Yakin Bahwa Suami Istri akan Berubah

 
KHAZANAH
13 August 2017 10:38:32

Beginilah Visi Nazmuddin Ayub dalam Mencari Jodoh

 
KHAZANAH
07 November 2018 21:59:24

Mendidik, Bukan Sekadar Menyayangi

 
KHAZANAH
16 May 2020 06:48:07

Keluarga Islami

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284