ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 27 Oktober 2020 | 11 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Orang Sakit Selayaknya Bergembira

06 December 2019 00:07:34
Orang Sakit Selayaknya Bergembira
Foto: pexels

Oleh: M. Fibra Wijaya

ChanelMuslim.com - Pernahkah Anda tertimpa sakit? Siapa pun pasti pernah merasakannya, dan kita pasti berfikir bahwa sakit itu adalah cobaan. Berbagai cara dilakukan agar bisa sembuh dari sakit yang diderita, rasanya ingin cepat-cepat agar rasa sakit itu pergi dari tubuh kita.

Tapi, pernahkah kita berfikir bahwa sakit itu membawa hikmah kepada kita? Lalu, apa hikmah saat sakit datang menghampiri kita? Ada beberapa hikmah sakit menurut pandangan Islam.

Pertama: sakit bisa membuat kita bersyukur. Dalam kondisi yang kurang maksimal (sakit) tubuh manusia sangat lemah, tetapi kita diajarkan untuk berfikir dan berbuat yang terbaik. Kalau sakit pasti minum obat atau periksa ke dokter supaya cepat sembuh. Tetapi yang sering kita lalaikan setiap sakit pasti kita selalu tidak bersyukur, padahal kalau kita berfikir lebih banyak waktu sehat dari pada waktu sakit yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Maka sangat beruntunglah jika seorang manusia itu diberi ujian berupa sakit. Kenapa begitu? Karena kita bisa sadar bahwa kita sebagai manusia itu adalah makhluk yang sangat lemah, tidak ada yang kuat dari pada kekuatan dan pertolongan Tuhan.

Kedua: diampuni dosa dan kesalahan.

Sakit merupakan sebab terjadinya pengampunan atas kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan.

“Setiap musibah yang menimpa mukmin, baik berupa wabah, rasa lelah, penyakit, rasa sedih, sampai kekalutan hati, pasti Allah menjadikannya pengampun dosa-dosanya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Ketiga: sakit merupakan barometer pengukur keimanan seorang hamba, tingkat keimanan seseorang akan tampak saat datangnya ujian. Jika ia bersabar maka ia merupakan seorang mukmin yang baik. Rasulullah saw bersabda. “Betapa mengagumkannya keadaan seorang mukmin, sesungguhnya seluruh perkaranya adalah baik baginya, dan hal tersebut tidak dimiliki kecuali orang yang beriman, saat ia mendapatkan kesenangan ia bersyukur dan itu baik baginya, sedangkan ia tertimpa kesulitan ia bersabar dan hal itupun baik baginya.” (HR. Muslim)

Keempat: sakit akan mendorong seorang hamba untuk semakin dekat dan takut kepada Allah, saat seorang tertimpa sakit, ia akan semakin sadar terhadap kebesaran dan kekuasaan Allah. Ia akan menghinakan diri serta memohon kepada-Nya kesembuhan.

Datangnya rasa sakit akan meningkatkan rasa tawakkal seorang hamba kepada Allah yang maha kuasa dan membuatnya bersimpuh di hadapan-Nya. “Dan apabila kami memberi nikmat kepada manusia, ia berpaling dan menjauhkan diri; tetapi apabila ia ditimpa malapetaka maka ia banyak berdoa.” (QS. Fushilat:51)

Ujian berupa sakit merupakan takdir Allah yang wajib diterima dengan kesabaran, semua kita pasti mempunyai dan merasakan yang namanya sakit, tidak ada manusia yang tidak pernah merasakan sakit. Oleh sebab itu, hendaklah kita menghadapi ujian sakit itu dengan sabar, karena dengan ujian sakit itu banyak sekali hikmanya bagi kita, dan dengan sakit juga kita bisa lebih konsentrasi untuk mengingat Allah swt.

Wallahua’lam.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
orang sakit selayaknya bergembira
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
12 June 2020 22:32:52

Mau Sampai Kapan

 
KHAZANAH
18 March 2020 08:00:01

Jadikan Masa Lockdown, Masa Renungan Ayah Ibu

 
KHAZANAH
30 June 2020 07:00:01

Sikap Terbaik Istri kepada Suami

 
KHAZANAH
05 May 2020 10:00:01

Ujian

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284