ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 12 Juli 2020 | 22 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Kekuatan Cinta

10 December 2019 00:40:36
The Power of Love, kekuatan cinta
Foto: pexels

oleh: M. Fibra Wijaya

ChanelMuslim.com - Kata cinta sudah sangat umum di telinga kita, mulai dari anak sekolah sampai ke orang tua semuanya sudah mendengar kata cinta ini. Ada yang cinta monyet, ada juga cinta yang abadi seperti Romeo dan Juliet, Adam dan Hawa, Muhammad dan Khodijah, berbagai macam bentuk cinta yang sangat indah dan tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Cinta adalah 5 huruf yang bisa membuat persoalan tidak akan pernah selesai, yang senang bisa menjadi susah, yang susah bisa menjadi senang, yang kuat bisa menjadi lemah, dan yang lemah bisa menjadi kuat. Inilah indahnya cinta, suatu fitrah manusia yang lika-likunya tidak pernah selesai dan tidak akan pernah habis pembahasannya.

Banyak sekali definisi tentang cinta tergantung seorang itu memaknainya, ada yang menganggapnya anugerah, namun ada juga menjadikanya bencana, namun semua itu adalah relatif yang sesuai dengan isi hati yang punya. Intinya, cinta mendatangkan kekuatan, yang bisa menumbuhkan kembali semangat yang hilang, tetapi jangan sampai salah pengertian karena itu bisa menjadi ujian karena orang salah dalam pemaknaan cinta yang sesungguhnya.

Cinta sejati, dunia dan akhirat adalah dambaan semua orang baik laki-laki maupun perempuan tapi masih banyak orang yang bingung dalam menentukan seperti apa cinta sejati itu? Cinta apa yang bisa mengantarkan kita ke syurga? Siapa yang harus kita cintai? Dan yang paling penting kapan kita menyatakan cinta itu? Banyak sekali pertanyaan hati yang masih bingung tentang cinta ini, karena ini perkara hati, maka hatilah yang berhak untuk menjawabnya.

Cinta terbagi menjadi dua, vertikal dan horizontal. Kita harus bisa membaginya dengan seadil mungkin, secara vertikal adalah fitrah manusia yaitu kepada Sang Pencipta, karena itulah cinta yang abadi, tujuan hidup, dan setelah hidup. Saya, kamu, dan kita semuanya pasti menginginkan perjumpaan dengan-Nya, karena itulah nikmat yang sesungguhnya.

Kemudian yang kedua secara horizontal, keluarga adalah salah satunya, yang selalu ada buat kita di kala senang dan susah, ibu, ayah, kakak, dan adik semuanya sangat sayang kepada kita, yang tak pernah lupa akan kepada kita, yang tak pernah mengeluh memberikan apa saja yang ia punya demi kebaikan kita, ini cinta no 2 setelah kepada Allah dan Rasul-Nya. I love you mama, papa, kakak, adik, doaku buat kalian semua, mungkin tak bisa diucapkan dengan kata-kata, tapi hatiku takkan lupa kepada kalian semua. Seandainya bukan karena kalian, dunia terasa gelap dan hampa, dan aku tak bisa membayangkan apa-apa. Mungkin bagiku dunia telah sirna, tapi berkat kalianlah aku masih bisa berjuang dengan bersusah payah demi masa depan yang cerah.

Jariku tidak akan pernah berhenti demi menggambarkan isi hati, mungkin setelah aku tiada nanti ini bisa menjadi pengingat hati, bahwa aku sangat mencintai kalian semua, kalianlah penyemangat hati yang membuat jari ini tidak pernah berhenti untuk menggambar isi hati.

Yang terakhir tidak kala pentingnya, inilah bagian cinta yang bisa mengubah rasa, dan bisa membuat untaian kata-kata yang indah, tanpanya hati terasa hampa, bagaikan taman tak berbunga itulah kata bang haji Roma Irama.

Hati-hati dengan cinta yang satu ini, karena ia berbahaya, ia bisa mengubah jiwa dari bahagia menjadi sengsara, kalau ia salah tempat, kalau ia salah letak, kapan kita untuk melaksanakannya. Contohlah Adam dan Hawa, Muhammad dan Khadijah, Habibie dan Ainun, itulah cinta yang sesungguhnya, bahwa ia ada dalam jiwa. Bukan cinta karena harta apalagi karena jiwa, karena ia bersifat semu belaka. Kalau itu tujuan utama maka siap-siaplah Anda kecewa.

Rasulullah telah mengajarkan kepada kita, cintailah wanita karena agamanya, karena ia takkan pernah sirna dan bisa menyelamatkan yang lainnya. Rupa yang indah memang bagus, harta yang banyak keinginan, tapi itu semua tidak berguna kalau manusia tidak punya agama.

Akhlak harus dijunjung tinggi, adab jangan sampai hilang, karena itulah yang membedakan manusia berilmu dengan yang tidak, percuma kita punya rupa, kalau akhlak kita tak punya, kita tetap akan hina di mata manusia apalagi di mata Allah.

Berbicara cinta tiada habisnya, terlalu enak untuk dikaji, kalau hati sudah berbicara maka kita akan kekurangan kosa kata untuk mengambarkannya. Tapi intinya bahwa, kekuatan cinta itu memang ada, jagalah ia jangan sampai salah guna.

Semoga yang membaca tulisan ini bisa menemukan dan mengekpresikan cintanya dengan baik, bisa menjadikan cinta itu sebagai kekuatan untuk berkorban. Dekatilah sang Maha Cinta maka engkau akan mendapatkan seperti apa sebenarnya cinta itu.

Wallahua'lam. [ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
the power of love
kekuatan cinta
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
28 May 2020 06:14:14

Sikap Muslim Pasca Ramadan

 
ADVERTORIAL
12 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KHAZANAH
02 May 2020 22:55:17

Kisah Haru Perjalanan ACQ Berbagi Takjil Gratis

 
KHAZANAH
16 April 2020 14:05:47

Kepompong Corona

 
KHAZANAH
24 October 2018 18:57:24

Gadget Ibarat Api

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga