ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Berbagi Itu Membahagiakan

25 September 2020 12:02:15
Berbagi Itu Membahagiakan
Berbagi Itu Membahagiakan (foto: pexel)

oleh: Ustaz Umar Hidayat, M.Ag.

ChanelMuslim.com - Memberi sesuatu pada orang lain sesungguhnya menabung amal kebaikan. Suatu saat, ketika kita membutuhkannya, tabungan amal kebaikan itu bisa kita ambil kembali. Maka, saat kita menolong orang lain sesungguhnya kita juga sedang menabung pertolongan. Demikian sunah kauniyahnya.

Saat kita berbagi sebenarnya tidak terbersit dalam hati untuk berharap kembali, atau ada balasan dari yang bersangkutan. Kadang juga dalam kondisi yang lain, menjadi godaan untuk berharap. Manusiawi banget. Tetapi ingin menjadi insan Rabbani yang memberi tanpa berharap itu sungguh butuh perjuangan dan pengorbanan. Apalagi memberi sesuatu yang pada saat yang sama kita sedang membutuhkannya. Berat bukan?

Tak salah bila dalam urutan tingkatan ukhuwah dalam Islam "itsar" (merelakan memberi sesuatu pada orang lain, padahal pada saat itu apa yang diberikan juga sedang kita butuhkan) menduduki peringkat tertinggi. Begitu mulianya perkara memberi ini hingga Rasulullah menjamin bahwa sesiapa yang mau berbagi (shodaqah), ia tak bakalan miskin.

Nabi bersabda; “Harta seorang hamba tidak akan berkurang karena shadaqah.” (HR. Riwayat Tirmidzi, shahih)

Sebagaimana firman Allah swt surat Al Baqarah ayat 261. ... (QS Al Baqarah [2]:261). Sedekah tidak akan membuat orang jatuh miskin dan melarat. Namun sebaliknya, dengan bersedekah akan membuat orang selalu diberikan kemudahan oleh Allah swt dalam segala urusannya di dunia.

Gemar memberi di saat masa-masa sulit seperti ini merupakan tindakan yang membahagiakan bagi si penerima maupun si pemberi. Si penerima mendapatkan manfaat apa yang diberikan, sedang si pemberi juga merasa gembira apa yang diberikan bermanfaat bagi orang lain. Ini bukan soal berapa kadar brang yang diberikan, tetapi sikap mental untuk berbagi itu wujud keshalihan bagi seseorang.

Begitu mulianya dan pentingnya berbagi sebagai shodaqoh sampai-sampai orang yang sudah meninggal pun merindui untuk bershodaqah bila diizinkan untuk sebentar saja kembali ke dunia.

Allah menggambarkan dalam alquran; "Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), "Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” (QS. Al-Munafiqun: 10)

Nabi saw bersabda, "Sedekah dapat mencegah 70 macam musibah, paling ringan adalah penyakit kulit lepra". Nabi Muhammad saw melalui hadis riwayat Thabrani, mengatakan, "Sedekah dapat meredam murka Allah dan mencegah mati dalam keadaan buruk.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
berbagi itu membahagiakan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
27 May 2020 08:00:01

New Normal

 
KHAZANAH
01 September 2020 14:02:23

Inilah yang Menjadikan Kita Tak Sehebat Sahabat Nabi

 
KHAZANAH
11 February 2020 11:07:11

Lift, Tempat Penyebaran Virus yang Efektif

 
KHAZANAH
11 May 2020 07:00:01

Lima Belas Nasihat Yang Efektif bagi Anak

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284