ChanelMuslim.com – Sebelum Inggris mengizinkan Zionis Eropa untuk menjajah Palestina, pemimpin idealognya, Theodor Herzl, berusaha membeli tanah itu dari Ottoman (Kekhilafahan Utsmani).
Baca juga: Mukmin Tidak Mungkin Mendukung Zionis Yahudi
Jauh sebelum Deklarasi Balfour yang kontroversial menggerakkan penjajahan Palestina atas perintah Kerajaan Inggris, salah satu pendiri Zionisme terkemuka, Theodor Herzl, mengajukan banding ke khalifahan Utsmani untuk sebuah negara Yahudi.
Palestina dan rakyatnya adalah bagian konstituen dari tanah Utsmani yang menghubungkan Pelabuhan Sublim di Istanbul ke domain yang lebih luas, meliputi tiga situs paling suci Islam di Makkah, Madinah, dan Yerusalem.
Sultan Utsmani juga merupakan khalifah Islam dari mana mereka memperoleh otoritas dengan memegang tempat tersuci di dunia Muslim dalam kepemilikan mereka. Tetapi negara Utsmaniyah juga memiliki masalah yang lebih duniawi – hutang, dan banyak lagi.
Pada tahun 1896, Herzl merasakan peluang real estat dan datang ke Istanbul dengan kesepakatan yang menurutnya tidak dapat ditolak oleh Sultan Utsmani Abdul Hamid II.
Negara Utsmaniyah berderit di bawah akumulasi beban utang yang pada akhir abad ke-19 mencapai nilai saat ini sebesar $ 11,6 miliar.
Hutang dikendalikan melalui kendaraan yang disebut Administrasi Utang Publik Utsmani, yang mewakili kekuatan Eropa seperti Inggris, Prancis, Jerman, Austria, Italia, dan Belanda. Ini memberi kekuatan kolonial Eropa tingkat kendali di dalam negara Utsmani yang pada akhirnya akan terbukti menjadi kehancurannya.
Menurut satu catatan sejarah, Herzl menawarkan untuk membayar £ 20 juta, yaitu sekitar $ 2,2 miliar dalam mata uang hari ini, kepada Sultan Utsmani untuk mengeluarkan piagam bagi orang Yahudi agar bisa menjajah Palestina.
Uang sebanyak itu akan memotong sekitar 20 persen dari beban hutang Utsmaniyah. Dilaporkan bahwa Herzel berseru bahwa “tanpa bantuan Zionis, ekonomi Turki tidak akan memiliki peluang untuk pulih.”
Teman bicara Herzl dengan Sultan Utsmani pada saat itu, Philip de Newlinski dan Arminius Vambery, skeptis bahwa Yerusalem sebagai tempat tersuci ketiga dalam Islam hanya akan dijual, tidak peduli betapa gentingnya keuangan Utsmani.
Mereka benar. Sultan Abdul Hamid II langsung menolak tawaran tersebut pada tahun 1896, dengan mengatakan kepada Newlinski, “jika Tuan Herzl adalah teman Anda sebanyak Anda adalah teman saya, maka beri tahu dia untuk tidak mengambil langkah lain dalam masalah ini. Saya tidak dapat menjual bahkan satu kaki pun tanah, karena itu bukan milik saya tetapi milik rakyat saya. Rakyat saya telah memenangkan Kerajaan ini dengan memperjuangkannya dengan darah mereka dan telah membuahinya dengan darah mereka. Kami akan menutupinya lagi dengan darah kami sebelum kami membiarkannya direbut dari kami . ”
Kata-kata Sultan bersifat profetik. Namun, meskipun konflik kadang-kadang digambarkan sebagai konflik kuno yang terjadi lebih dari 1000 tahun yang lalu, akarnya jelas terjadi di akhir abad ke-19.
Gagasan Zionisme didukung oleh gagasan bahwa orang Yahudi dapat dipindahkan dari Eropa ke Palestina sebagai cara untuk membersihkan apa yang disebut Eropa sebagai ‘masalah Yahudi’.
Banyak orang non-Yahudi dan bahkan anti-Semit mendukung gagasan bahwa orang-orang Yahudi Eropa dipindahkan ke Timur Tengah, yang akan melibatkan disposisi penduduk asli Palestina dari rumah mereka. Beberapa orang Yahudi seperti Herzl, meskipun tidak semua, percaya pada ide yang dijiwai oleh ide Zionis sejak awal sebagai proyek kolonial.
Sejarawan Louis Fishman dalam bukunya ‘Jewish and Palestinians in the Late Ottoman Era’, menyatakan bahwa “proyek kolonial Yahudi berkembang dalam konteks Ottoman.”
Tetapi migrasi Yahudi ke Palestina juga berkembang dengan latar belakang anti-Semitisme yang dipimpin oleh orang-orang Eropa yang fanatik, yang disadari oleh Herzl dan orang-orang sezamannya di Zionis tidak akan pernah mereda – dan dia benar.
Pada pergantian abad ke-19, ketika ide-ide Zionisme menyebar di antara beberapa orang Yahudi Utsmani, perbedaan yang berbeda dan penting muncul dengan rekan-rekan Zionis Eropa mereka.
Dalam buku “Late Ottoman Palestine: The Period of Young Turk Rule”, sejarawan Eyal Geno dan Yuval Ben-Bassat mencatat bahwa bagi orang Yahudi Utsmani, “Zionisme adalah bentuk budaya nasionalisme, sebuah identitas yang muncul yang tidak berbenturan dengan kesetiaan mereka. ke negara Utsmani dan yang tidak perlu pindah ke tanah yang jauh dari Utsmani Palestina. ”
Zionis Yahudi Eropa muncul dari konteks penjajahan global Eropa. Jika pemukim Eropa secara etnis dapat membersihkan masyarakat adat di Amerika atau Australia dan menciptakan negara baru di atas supremasi satu ras, mengapa bukan Yahudi Eropa?
Sebaliknya, orang Yahudi Utsmaniyah telah diterima masuk ke dalam wilayah kekuasaan Utsmaniyah oleh Sultan Bayezid II. Negara Utsmaniyah mengirim kapal untuk membantu orang Yahudi melarikan diri dari Inkuisisi Spanyol pada 1492.
Bagi banyak orang Yahudi Utsmaniyah, menjadi bagian dari negara Utsmaniyah telah membuat mereka menjadi terkemuka, dan selama berabad-abad,
Setiap hari kehidupan mereka akan bebas dari pogrom yang harus ditanggung oleh orang Yahudi Eropa.
Ketika Herzl akhirnya bertemu langsung dengan Sultan Abdul Hamid II pada tahun 1901, dia menyarankan agar pemodal Yahudi dapat mendirikan perusahaan di Istanbul dan, seiring waktu, membeli hutang Utsmani dari kekuatan Eropa.
Sebagai gantinya, beberapa tanah di Palestina bisa diberi otonomi dan menjadi tujuan migrasi Yahudi. Ide Herzl adalah kompromi tentang kemerdekaan, namun, sementara Abdul Hamid II tertarik pada gagasan untuk mengkonsolidasikan hutang luar negeri di dalam Kekaisaran, dia menyatakan bahwa itu adalah kesepakatan terpisah yang tidak akan terkait dengan penjajahan Yahudi di Palestina.
Migrasi Yahudi Eropa ke Palestina, yang sedikit pada saat itu, tetap menyebabkan ketegangan dengan penduduk asli Palestina.
Utsmani, bagaimanapun, berjuang untuk mempertahankan domainnya di Balkan dan menghadapi pergolakan politik internal sebagai akibat dari krisis konstitusional, sering mendapati dirinya memadamkan api yang mengancam akan membanjiri Kekaisaran.
Namun, bahkan dengan latar belakang ini, ketika pertanyaan tentang migrasi Yahudi muncul di parlemen Utsmani, anggota parlemen Yahudi Nissim Matzliah menjelaskan bahwa “jika Zionisme memang berbahaya bagi Negara, maka kesetiaan saya terletak pada Negara.”
Namun, negara Utsmani semakin memandang Zionisme Eropa dan ambisinya di domainnya sebagai bagian dari upaya kolonial lain untuk mengukir tanahnya.
Dalam laporan rinci ke Istanbul, Duta Besar Utsmani untuk Berlin, Ahmet Tewfik Pasha, menulis, “kita tidak boleh memiliki ilusi tentang Zionisme” tujuan yang dia tambahkan tidak lain adalah “pembentukan Negara Yahudi yang besar di Palestina, yang juga akan menyebar. menuju negara tetangga. ”
Dalam memoarnya, Sultan Abdul Hamid II mengatakan bahwa Herzl telah berusaha untuk menipu negara tentang niat akhir mereka atas tanah tersebut. Kecurigaan Utsmani kemudian dikonfirmasi sebagai Herzl, yang menyadari bahwa banding ke Istanbul tidak akan membuahkan hasil, akhirnya bersekutu dengan Inggris – dan sisanya adalah sejarah.[ah/trtworld]