ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 25 September 2020 | 8 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Tetap Sehat Saat Berpuasa

21 May 2018 14:14:42
kesehatan, ramadan
Foto: Kawaii Beauty Japan

ChanelMuslim.com – Tetap sehat saat berpuasa merupakan satu hal yang penting. Dengan tubuh sehat, semangat beribadah akan semakin tinggi. Apalagi di bulan Ramadan ini, keutamaan beribadah jadi dilipatgandakan.

Tentu saja, rasanya tidak ingin melewatkan detik-detik bulan Ramadan tanpa beribadah. Untuk itu, beberapa cara menjaga kesehatan selama berpuasa di bulan Ramadan,  dikutip dari TongkronganIslam, yaitu:

1. Mengakhirkan Sahur

Dengan mengakhirkan sahur memang banyak manfaatnya bagi tubuh. Tubuh akan mempunyai tenggang waktu yang cukup guna membakar makanan untuk dirubah menjadi kalori (energi), sehingga badan tidak akan lemas pada siang hari.

2. Hindari Tidur Setelah Makan Sahur

Kebanyakan orang sering tidur setelah makan sahur. Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya, karena makan sahur saat masih tengah malam atau jauh dari terbit fajar.

3 Hindari Sikap Bermalas-malasan

Bermalas-malasan tidak dianjurkan dalam Islam, apalagi di bulan Ramadhan. Tetaplah aktif melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk amalan-amalan yang mendatangkan pahala serta olah raga ringan. Selain mengerjakan ibadah utama, anda bisa menyibukkan diri dengan beberapa aktivitas sosial yang juga mendatangkan pahala.

4. Tidur Cukup

Usahakan untuk cukup tidur agar sel-sel otot dan organ tubuh dapat pulih kembali, baik siang maupun malam. Masing-masing orang berbeda-beda dalam memenuhi kebutuhan jam tidurnya, yang penting tidak berlebihan.

Tidur berlebihan malah menyebabkan tubuh loyo, kulit wajah kering dan tidak segar. Usahakan untuk tidur di siang hari maksimal sejam, bahkan beberapa penelitian menyebutkan tudr 30 menit di siang hari setara dengan tidur 2 jam di malam hari.

5. Menyegerakan Berbuka

Menyegerakan berbuka merupakan Sunnah Rasulullah, dan akan mendatangkan kebaikan. Dari Sahl bin Sa’ad bahwa Rasulullah telah bersabda, “Umat manusia ini akan tetap baik selama mereka menyegerakan buka puasa.”

Itulah ulasan tetap sehat saat berpuasa. Saat berbuka, sebaiknya awali dengan makanan atau minuman manis, seperti kurma atau teh manis, atau minuman manis lainnya. Rasulullah juga telah memerintahkan untuk berbuka puasa dengan kurma. Jika tidak ada kurma maka bisa digantikan dengan air. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga asupan air dalam tubuh. (Wnd)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
kesehatan
ramadan
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
KESEHATAN
10 September 2017 13:50:05

Segera Launching Buku 'Berteman dengan Demam'

 
KESEHATAN
14 November 2018 16:33:45

Orang Tua Patut Kenali Ciri Anak Terkena Ginjal

 
KESEHATAN
13 March 2019 09:42:15

Ini 7 Alasan Kopi Baik untuk Kesehatan

Senandung Akbar
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284