ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 13 Juli 2020 | 23 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Tak Sekedar Hiasan, Ini 11 Manfaat Kesehatan Daun Selada

26 March 2019 09:00:02
Daun selada, Manfaat Daun Selada, Manfaat kesehatan daun selada,
Daun Selada ( Source: orbish)

ChanelMuslim.com - Kata Selada berasal dari bahasa Romawi 'lactuca sativa'; Namun, itu tidak berasal di Roma, tetapi di Mesir. Orang Mesir kuno adalah orang pertama yang menanam selada karena bijinya yang kaya minyak. Sayuran itu dipuja oleh orang Mesir, Yunani, dan Romawi karena kepentingan agama dan pengobatannya.

Saat ini, selada dibudidayakan sebagai sayuran daun di hampir semua bagian dunia. Ini adalah tanaman tahunan, yang hanya dapat dipanen 65 hingga 130 hari setelah disemai.

Ada beberapa jenis selada seperti Iceberg, Romaine, Crisphead dan Butterhead, yang termasuk di antara varietas yang paling terkenal.

Semua sayuran selada memiliki tekstur renyah dan rasa manis yang ringan. Sebagian besar selada berwarna hijau hingga kuning, tetapi beberapa mungkin berwarna ungu kecoklatan.

Selada adalah sumber serat dan selulosa yang sangat baik, yang meningkatkan pencernaan dan mempromosikan penurunan berat badan jangka panjang.

Selasa juga kaya akan vitamin A , vitamin C , vitamin E , dan vitamin K serta mineral termasuk kalium , magnesium , zat besi , kalsium dan seng .

Info Gizi Selada (per 100 g)

Kalori 62

Protein 1,4 g - 3% RA

Vitamin A 7404 IU - 148% RDA

Vitamin C 18,0 mg - 30% RDA

Vitamin E 0,3 mg - 1% RDA

Vitamin K 174 mcg - 217% RDA

Thiamin 0,1 mg - 5% RDA

Riboflavin 0,1 mg - 5% RDA

Niacin 0,4 mg - 2% RDA

Vitamin B6 0,1 mg - 4% RDA

Folat 38 mcg - 10% RDA

Asam Pantotenat 0,1 mg - 1% RDA

Kolin 13,4 mg

Kalsium 36 mg - 4% RDA

Besi 0,9 mg - 5 % RDA

Magnesium 13 mg - 3% RDA

Fosfor 29 mg - 3% RDA

Kalium 194 mg - 6% RDA

Sodium 28 mg - 1% RDA

Zinc 0,2 mg - 1% RDA

Mangan 0,3 mg 13% RDA

Selenium 0,6 mcg - 1% RDA

Dilansir laman naturalfoodseries, berikut 11 Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan:

1. Selada Menginduksi Tidur

Laktucarium adalah zat berwarna putih susu yang ditemukan di dalam daun. Zat kimia ini membantu rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Sifat anti-inflamasi

Peradangan mempengaruhi banyak aspek kesehatan dan dapat menyebabkan masalah termasuk masalah gigi, nyeri punggung bawah, dan migrain.

Namun, ini bisa dicegah dengan selada sebagai bagian dari diet. Ekstraknya mengandung katalis biokimia, lipoksigenase, dan karaginan, yang telah menunjukkan kontrol signifikan terhadap peradangan.

3. Makanan Anti-bakteri dan Anti-jamur

Ini memiliki sifat anti-jamur ketika dicerna. Lateks selada, yang disebut laktucarium dapat membasmi berbagai jenis bakteri termasuk Candida albicans.

Selain itu, dapat membantu melindungi tubuh dari mikroba berbahaya. Hal ini disebabkan terpene biokimia dan cardenolides yang terkandung di dalamnya.

Tak Sekedar Hiasan, Ini 11 Manfaat Kesehatan Daun Selada

4. Membuat Kita Tetap Terhidrasi

Kita bisa makan semangkuk salad selada agar tetap terhidrasi dengan baik. Daun selada mengandung sejumlah besar kalium, yang memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Keseimbangan cairan sangat penting agar organ kita dapat berfungsi dengan baik, itulah sebabnya atlet dianjurkan untuk makan makanan tinggi kalium setelah acara olahraga yang kaku untuk mendapatkan kembali keseimbangan cairan.

Potassium juga mempromosikan transmisi sinyal listrik ke seluruh tubuh dan meningkatkan efisiensi refleks saraf. Akibatnya, bantu dalam kontraksi otot untuk melakukan berbagai tugas tanpa kelelahan terlalu cepat.

5. Selada adalah pelindung Neuro

Manfaat neurologis selada telah lama ditemukan sejak zaman kuno untuk mengobati insomnia , meningkatkan retensi memori, dan menjaga fungsi kognitif hingga usia tua.

6. Membantu Mengontrol Kecemasan

Penelitian lebih lanjut telah menyimpulkan bahwa fitur selada tidak hanya sifat sedatif tetapi juga sifat ansiolitik.

Karenanya, makan selada sering dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan.

7. Kaya Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega-3 adalah zat yang paling penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk kesehatan yang optimal.

Nutrisi penting seperti Omega 3 memberikan manfaat fisik dan mental. Selain ikan, makanan ini juga berlimpah dengan nutrisi ini, menjadikannya ideal jika kita seorang vegetarian.

Omega 3 meningkatkan kesehatan jantung karena menghilangkan dan mencegah plak yang mengeraskan pembuluh darah ; dengan demikian, meningkatkan aliran darah tanpa memaksa jantung untuk memompa terlalu keras. Akibatnya, omega 3 mengurangi risiko stroke, hipertensi dan jantung.

Selanjutnya, omega 3 membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL serta tekanan darah. Selain itu, omega 3 membantu menjaga viskositas darah normal, dan berperan dalam mempertahankan fungsi otak yang optimal.

8. Mempromosikan Perkembangan Otot

Tidak semua sumber protein ditemukan dalam daging. Selada, misalnya, adalah sayuran yang mengandung sedikit protein, tetapi juga enzim yang membuat sintesis protein lebih efisien. Meskipun selada saja tidak mungkin menghasilkan banyak otot, efek sinergisnya dengan sumber protein lainnya menjadikannya sama pentingnya dengan sebelumnya.

9. Di antara Makanan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Ini kaya akan serat dan selulosa, tetapi rendah kalori dan tidak mengandung lemak. Selulosa memberikan perasaan kenyang dan menunda pengosongan lambung; dengan demikian, ini membantu mencegah kita makan berlebihan. Ini juga membantu dalam pembuangan limbah, dan dapat mempromosikan ekskresi asam empedu dalam tinja, yang pada gilirannya mengurangi kadar kolesterol.

10. Menawarkan Manfaat Perawatan Kulit

Orang-orang harus memahami bahwa peningkatan kualitas kulit dimulai dari dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan bergizi seperti selada memberi kita berbagai manfaat perawatan kulit.

Ini mengandung terpene, cardenolides, dan glukanase. Enzim-enzim ini, yang terdiri dari sifat-sifat antibakteri selada, dapat menangkal membantu mengurangi kemungkinan infeksi bakteri pada kulit. Demikian juga, selada mengandung omega 3 yang dapat mengobati infeksi kulit ringan yang terkait dengan jerawat.

Selain itu, asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam selada dapat melembabkan kulit dan mengatur produksi sebum.

Omega 3 juga merupakan antioksidan kuat yang bisa memperlambat degenerasi sel-sel kulit. Berkat kombinasi Vitamin C dan omega-3 yang ditemukan dalam selada, sintesis kolagen meningkat, dan membran sel dilindungi dari kehilangan air yang berlebihan, keduanya diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit yang baik.

11. Bermanfaat Untuk Perkembangan Kehamilan

Ini kaya akan vitamin K, vitamin yang sangat diperlukan untuk wanita hamil. Vitamin K membantu mencegah cacat saraf selama kehamilan dan perdarahan saat melahirkan.

Demikian juga, selada mengandung folat yang penting untuk sintesis DNA selama kehamilan.

Selama ribuan tahun, selada telah dibudidayakan tidak hanya untuk makanan, tetapi juga untuk manfaat kesehatan yang diberikannya. Selada adalah bagian penting dari makanan Mesir, Yunani, dan Romawi berdasarkan lukisan kuno dan catatan sejarah.

Makan sayuran hijau seperti selada adalah cara yang bagus untuk memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan.

Selain kekayaan vitamin dan mineral, selada mengandung beberapa enzim yang memberikan sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-jamur, dan anxiolitik. Selain itu, selada mengandung sifat penenang yang mirip dengan opium, tetapi tanpa efek samping yang berbahaya.

Ini sering dimakan mentah dalam salad atau sebagai pembungkus makanan, tetapi cara lain untuk membuat sebagian besar manfaat kesehatannya adalah melalui jus, dengan menggabungkan dengan buah-buahan dan sayuran lain pilihan.

Semoga bermanfaat. (jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
daun selada
manfaat daun selada
manfaat kesehatan daun selada
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
20 February 2019 12:08:33

Bisolvon Solusi Obat Batuk Keluarga

 
ADVERTORIAL
13 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KESEHATAN
14 January 2015 15:21:39

Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga