ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Mengenal Saffron, si Rempah Termahal di Dunia dan Manfaat Kesehatan Mengkonsumsinya

09 July 2019 05:45:02
Manfaat Saffron, manfaat kesehatan konsumsi Saffron, harga Saffron,
Saffron berasal dari Bunga Saffron digunakan sebagai herbal dan rempah-rempah dalam masakan (Source: Google Image)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, akhir-akhir ini masyarakat muslim urban kian hangat memperbincangkan bumbu rempah termahal di dunia, Saffron.

Di Indonesia saja harga 1 gr Saffron saja dibanderol sekitar Rp. 300 ribu. Wow harga fantastis untuk sebuah bumbu rempah. Tapi tahukah bahwa Saffron memiliki banyak keunggulan.

Saffron sebagai bumbu populer yang dapat diperoleh dari bunga yang biasa disebut saffron crocus ini memiliki nama ilmiah Crocus sativus.

Stigma tanaman ini dapat dikeringkan dan diolah menjadi bumbu, yang sebenarnya merupakan bumbu paling berharga menurut beratnya.

Saffron biasanya berwarna oranye kemerahan, warnanya sama dengan bumbu, dan dengan hati-hati dikeluarkan dari bunga dengan tangan.

Ramuan ini sangat diinginkan karena kemampuannya untuk membumbui dan mewarnai makanan, serta manfaat kesehatan yang luar biasa.

Berikut manfaat kesehatan tanaman herbal yang hanya tumbuh di Iran, Pakistan dan Spanyol ini dilansir laman organicfacts.com:

1 Meningkatkan Kekebalan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam China Journal of Chinese Materia Medica, asam askorbat penting bagi kesehatan manusia, karena merangsang produksi sistem sel darah putih sistem kekebalan tubuh, garis pertahanan pertama tubuh melawan penyakit.

Hal ini juga penting untuk produksi kolagen, yang diperlukan untuk produksi seluler dalam tubuh dan berkontribusi untuk penyembuhan luka , pertumbuhan otot, perbaikan pembuluh darah, dan produksi jaringan.

Mengenal Saffron, si Rempah Termahal di Dunia dan Manfaat Kesehatan Mengkonsumsinya

2. Meningkatkan Sirkulasi

Saffron dapat berfungsi sebagai penambah energi yang efektif dan dapat meningkatkan metabolisme.

Konsentrasi zat besi yang tinggi dalam safron bermanfaat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh sehingga menstimulasi sirkulasi dan oksigenasi sistem organ dan ekstremitas tubuh. Ini meningkatkan efisiensi dan fungsionalitas jaringan dan sistem organ untuk aktivitas metabolisme yang lebih sehat dan juga mencegah gejala anemia .

3. Melindungi Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung tampaknya menjadi salah satu tujuan utama dalam kesehatan manusia saat ini, dan salah satu cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan meningkatkan asupan potasium.

Kalium bertindak sebagai vasodilator, yang secara efektif menurunkan stres dan tekanan pada pembuluh darah dan arteri, memungkinkan tekanan darah menurun dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular . Ini dapat mencegah hal-hal seperti aterosklerosis , serangan jantung, dan stroke terjadi.

Mengenal Saffron, si Rempah Termahal di Dunia dan Manfaat Kesehatan Mengkonsumsinya

4. Mengelola Diabetes

Kadar mangan yang signifikan dapat membantu tubuh mengoptimalkan kadar gula darahnya. Diabetes adalah salah satu kondisi paling berbahaya dan luas di dunia kita saat ini, memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Dengan mengatur kadar gula darah, insulin, dan glukosa secara efektif mencegah timbulnya diabetes tipe II.

5. Meredakan Kecemasan

Saffron juga dikenal untuk menghilangkan depresi ringan dan meningkatkan suasana hati pada mereka yang secara teratur mengkonsumsinya.

Banyak senyawa aktif dalam saffron memiliki efek pada sistem endokrin dan dapat merangsang pelepasan hormon bermanfaat yang membuat kita bahagia dan sehat.

Bagi wanita, efek yang sama ini juga diketahui bertindak sebagai afrodisiak. Telah dipuji sebagai antidepresan alami oleh banyak penelitian dan organisasi penelitian.

6. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Beberapa mineral dan senyawa organik dalam safron telah dikaitkan dengan penyerapan nutrisi yang dioptimalkan, terutama kalsium . Dengan memaksimalkan jumlah kalsium yang dapat diserap tubuh kita dari makanan, kita memiliki peluang yang lebih baik untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah timbulnya kondisi seperti osteoporosis dan penyakit lain yang berkaitan dengan usia degeneratif.

Mengenal Saffron, si Rempah Termahal di Dunia dan Manfaat Kesehatan Mengkonsumsinya

7. Meningkatkan Fungsi Saraf

Keluarga vitamin B adalah salah satu yang sering diabaikan dalam kesehatan manusia, tetapi memainkan peran utama dalam fungsi saraf di seluruh tubuh. Lebih khusus lagi, kandungan vitamin B6 yang tinggi yang ditemukan dalam bumbu kunyit dapat membantu sistem saraf kita berjalan dengan lancar dan mencegah beberapa gangguan mematikan dan berbahaya yang timbul dari fungsi sistem saraf yang buruk. [10]

8. Kualitas Analgesik

Penghilang rasa sakit selalu merupakan properti berharga dari ramuan atau obat alami, dan senyawa volatil safranal bertindak sebagai obat penenang bagi banyak pasien.

Tindakan sedatif ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit, mengurangi kecemasan dan stres, memperbaiki pola tidur, dan umumnya menenangkan pikiran dan tubuh, yang selalu merupakan hal yang baik.

Masya Allah, harga yang fantastis tetapi punya sejuta manfaat untuk kesehatan.

Minat ingin mengkonsumsi Sahabat muslim?

Semoga bermanfaat ya ulasan ini. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
manfaat saffron
manfaat kesehatan konsumsi saffron
harga saffron
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
23 November 2018 08:00:02

5 Manfaat Teh Kunyit untuk Kesehatan

 
KESEHATAN
07 August 2016 07:32:54

Gigi Tonggos, Perlukah Dicabut?

 
The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284