ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 04 Juni 2020 | 13 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Manfaat Tinta Cumi-Cumi bagi Kesehatan

07 November 2019 05:47:03
Cumi-cumi, tinta hitam cumi-cumi,
Cumi-cumi (Healthline)

ChanelMuslim.com - Tahukah bahea tinta hitam yang dihasilkan oleh cumi-cumi digunakan untuk mekanisme pertahanan diri. Kalau cumi-cumi dikejar predator, tinta di dalam tubuhnya akan disemprotkan keluar dan membuat air menjadi keruh. Kondisi seperti ini membuat cumi-cumi jadi mudah sekali melarikan diri.

Cairan yang dikeluarkan oleh cumi-cumi dalam mempertahankan dirinya tidak hanya cairan berwarna hitam saja. Di dalam cairan itu mengandung cukup banyak komponen seperti enzim, melanin, polysaccharide, hormon catecholamines, logam seperti kadmium dan tembaga. Asam amino juga dikeluarkan dalam cairan berwarna hitam pekat ini.

Komponen yang memberikan warna hitam pada tinta cumi-cumi adalah melanin. Dan ternyata sejak dahulu kalau tinta hitam dan pekat cumi-cumi ini telah digunakan untuk tinta menulis, seni, dan juga bahan dari kosmetik serta pengobatan tradisional.

Seiring dengan berjalannya waktu, tinta dari cumi-cumi mulai banyak digunakan sebagai makanan. Tinta ini tidak hanya memberikan warna hitam yang unik saja. Rasa dari tinta juga cenderung asin secara alami karena cumi-cumi banyak menyerap air laut selama hidupnya dan beberapa partikelnya mengendap di tubuh.

Dilansir laman doktersehat.com, berikut manfaat tinta hitam cumi-cumi bagi kesehatan:

1. Tinta hitam mengandung antimikroba

Dari penelitian yang dilakukan pada hewan, tinta cumi diketahui mampu mengatasi mikroba yang berbahaya pada tubuh. Ada komponen yang mampu menetralkan beberapa jenis bakteri atau virus yang berbahaya untuk kesehatan dan membuat sel menjadi sehat kembali.

Dengan kemampuan menetralkan patogen yang kemungkinan besar menyebabkan masalah pada tubuh, tinta cumi-cumi bisa diandalkan sebagai obat. Tidak hanya untuk makanan saja dan memberikan rasa nikmat.

2. Tinta hitam mengandung antioksidan

Dari penelitian metode test tube, didapatkan data kalau tinta cumi mampu memberikan cukup banyak antioksidan. Hal ini dibuktikan dari ditemukan beberapa komponen yang melindungi sel sehingga radikal bebas dari luar tidak akan bisa masuk.

3 Tinta hitam membantu melawan kanker

Dari penelitian yang dilakukan, penggunaan tinta cumi-cumi mampu melawan kanker dan membuat tumor sulit membesar.

Penelitian ini masih dalam bentuk test tube, jadi pengaruhnya pada manusia masih belum bisa diketahui dengan jelas. Meski demikian ada kemungkinan komponen di dalam tinta cumi menekan pertumbuhan kanker paru, prostat, dan payudara.

4 Tinta hitam menstabilkan tekanan darah

Dari beberapa percobaan terbatas yang dilakukan, penggunaan komponen yang ada di dalam tinta cumi bisa membuat pembuluh darah jadi sedikit melebar. Kondisi ini akan mencegah terjadinya gangguan kardiovaskular dan juga mencegah terjadinya gangguan pada tekanan darah.

4 Tinta hitam meningkatkan daya tahan tubuh

Dari studi yang dilakukan pada hewan, penggunaan tinta cumi-cumi mampu meningkatan daya tahan tubuh. Sel imun akan terbentuk dan melawan radikal bebas yang akan masuk dan mendekat. Secara umum, sistem kekebalan tubuh akan mengalami penigkatan dibandingkan yang tidak diberi tinta cumi-cumi.

Biasanya tinta hitam tersebut sering diolah menjadi aneka masakan seafood. Bahkan kini tinta hitam cumi-cumi diolah dalam bentuk saos tinta. Sehingga makin mudah menggunakan.

Bagi sahabat muslim yang alergi dengan makanan laut. Cobalah makan sedikit dahulu dan lihat reaksinya. Apabila tidak alergi maka bisa diteruskan mencicip olahan masakan menggunakan tinta hitam.

Jika tidak cocok dan alergi, hentikan memakannya serta segera konsultasikan dengan dokter. Semoga bermanfaat. [Jwt/doktersehat]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
cumi-cumi
tinta hitam cumi-cumi
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
KESEHATAN
07 May 2019 10:00:03

Manfaat Kesehatan Konsumsi Kurma Susu

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284