ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 04 Juni 2020 | 13 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh

01 October 2019 05:48:43
Manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh, manfaat, kesehatan,
Kayu manis (source: activebeautiful)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, tahukah ternyata kayu manis memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu jenis rempah-rempah ini biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma dan rasa yang enak.

Kulit batang kayu manis memiliki aroma yang khas, rasa agak manis, pedas dan kelat. Jika pengamatan dilakukan secara makroskopik, potongan kulit berbentuk gelondong, agak menggulung membujur dan memiliki panjang sampai 1 meter dengan tebal kulit 1 mm sampai 3 mm.

Dilansir laman doktersehat, berikut manfaat kayu manis bagi kesehatan:

1. Mengontrol gula darah

Kayu manis dipercaya bisa mengontrol gula darah. Kandungan antioksidan pada kayu manis bisa membantu mengontrol tingkat gula darah.

Selain itu, kayu manis juga membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

2. Menurunkan kolesterol

Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Oleh karena itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung dan kolesterol.

Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, manfaat kayu manis juga bisa mengobati konstipasi karena kandungan seratnya.

Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh

3. Menghangatkan

Kayu manis biasanya digunakan oleh pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

4. Menyeimbangkan kadar hormon

Kayu manis memiliki kandungan alami yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron, dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

5. Baik untuk jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi makanan yang kaya akan rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis, dapat mengurangi efek negatif dari makanan berlemak, sehingga dipercaya dapat dipercaya menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Antioksidan

Bagi yang sering terpapar polusi udara, disarankan untuk mendapatkan manfaat kayu manis. Khasiat kayu manis yang bisa dirasakan oleh tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi yaitu polifenol, zat yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Polifenol dalam kayu manis juga bisa bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan lainnya antara lain, mengurangi tanda-tanda penuaan, melindungi kulit dari radiasi sinar UV, mengurangi inflamasi, dan menjaga kesehatan otak.

Semoga bermanfaat. [jwt/doktersehat]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh
manfaat
kesehatan
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
KESEHATAN
31 March 2018 20:08:21

Keenam Hal Ini Pantang Dilakukan Saat Menstruasi

 
KESEHATAN
21 June 2019 23:32:33

Rajin Shalat Tahajjud Bisa Sembuhkan Kanker

 
KESEHATAN
19 March 2019 09:00:02

5 Cara Sederhana Putihkan Gigi secara Alami

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284