ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 02 Juni 2020 | 11 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Kesehatan Jiwa Korban Kekerasan sangat Penting

10 April 2019 14:50:15
Audrey, Kekerasan Anak, Bullying, kesehatan jiwa
foto: pixabay

ChanelMuslim.com – Audrey, korban pengeroyokan dan kekerasan oleh 12 siswi SMA ini membutuhkan terapi agar sehat kembali dari segi kesehatan jiwa. Menurut dr. Fidiansjah, peran ahli kesehatan jiwa sangat penting segera dilibatkan untuk pemulihan korban. Ahli Kesehatan jiwa bisa psikolog klinis atau dokter psikiater serta dokter spesialis lain yang terkait kondisi fisiknya tergantung kebutuhan.

“Dampak Kesehatan jiwa yang muncul sangat bergantung pada aspek internal (pola kepribadian) dan aspek eksternal (bio-psiko-sosio-spiritual),” ujar dr. Fidiansjah, Dokter Ahli Kesehatan Jiwa ketika dihubungi ChanelMuslim.com, Rabu (10/04).

Jika dihadapi oleh seorang yang punya daya tahan stres tetapi tetap prima disertai dukungan eksternal optimal, bisa cepat menjadi kondisi eustres atau normostres.

Kondisi tersebut menjadi efek yang bisa muncul atas suatu trauma. Secara bertahap, kondisi stres bisa diatasi secara singkat dengan penyesuaian diri. Hal ini disebabkan, tingkat ketahanannya tinggi.

Namun, jika trauma terjadi disikapi dengan mekanisme penyesuaian yang kurang prima dan dukungan eksternal kurang optimal, korban kekerasan akan mendapatkan stress yang merugikan (distress).

Bentuk stress yang merugikan bisa muncul dengan ringan, akan tetapi bisa sampai berat saat dipengaruhi faktor internal dan eksternal tersebut.

Waktu pemulihan juga sangat individual (kasuistik), tergantung derajat trauma yang dialami menjadi ringan, sedang atau berat.

Selain itu, dampak fisik saat dialami oleh korban disertai  trauma mental akan jadi faktor yang memperberat, apalagi jika berhubungan dengan organ yang sangat bermakna atau vital bagi kehidupan.

Keterlibatan dokter ahli terkait dengan organ fisik yang terkena perlu segera dilibatkan, proses keterlibatan tersebut agar bisa diterapi bahkan pada beberapa kasus perlu rekonstruksi untuk mengembalikan fungsi organ.

“Agar hasil terapi optimal perlu penatalaksanaan yang komprehensif dan terpadu dari berbagai profesi,” pungkasnya. [firda]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
audrey
kekerasan anak
bullying
kesehatan jiwa
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
13 September 2019 07:27:45

Menu Sehat JSR: Minuman Sehat Pengganti Sop Buah

 
KESEHATAN
18 July 2018 15:27:40

Bunda, Kurangi Konsumsi Cokelat Saat Hamil

 
KESEHATAN
19 July 2018 13:06:15

Bunda, Kurangi Makanan Pedas Saat Hamil

 
KESEHATAN
25 October 2017 14:27:29

Perhatikan Cara Memotong Kuku Bayi dengan Benar

 
KESEHATAN
24 July 2018 14:50:00

Ini Alasan Jeruk Baik Bagi Mata

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284