ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 05 Juli 2020 | 15 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Anak Juga Bisa Sakit Kepala Loh Bunda!

07 May 2018 14:42:12
kesehatan, sakit kepala, anak
Foto: Obat Sakit

ChanelMuslim.com – Tidak jauh berbeda dari orang dewasa, rupanya anak-anak juga bisa mengalami sakit kepala. Sakit kepala pada anak sering kali diabaikan oleh orang tua. Terlebih masih jarang anak yang bisa mengungkapkan keluhan sakit kepalanya tersebut.

Dikutip dari Klikdokter, Mayo Clinic di Amerika Serikat, anak dapat mengalami tipe sakit kepala seperti yang dialami oleh orang dewasa tetapi gejalanya bisa berbeda. Terdapat berbagai tipe sakit kepala yang bisa terjadi kepada anak, mulai dari migrain, sakit kepala cluster, sakit kepala tegang, dan sakit kepala kronis.

Berikut ini penyebab terjadinya sakit kepala pada anak:

● Penyakit atau infeksi tertentu

Penyakit atau infeksi tertentu bisa menjadi penyebab sakit kepala pada anak. Sakit kepala ini akan membuat anak rewel atau menangis terus menerus. Bahkan sakit kepala ini bisa disertai dengan gejala lain seperti demam atau kaku leher.

● Cedera kepala

Rentan mengalami cedera kepala akan membuat sakit kepala pada anak. Meski kebanyakan cedera kepala yang dialami anak tergolong ringan, tetapi jika kepala anak terbentur dengan keras, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

● Faktor emosional

Stres dan kecemasan dapat menyebabkan keluhan sakit kepala. Bahkan anak yang mengalami depresi pun dapat mengalami sakit kepala. Misalnya adanya permasalahan dengan orang disekitarnya.

● Faktor genetik

Sakit kepala terutama migrain dapat diturunkan kepada anak. Jika salah satu dari kedua orang tua memiliki migran maka waspadalah gejalanya muncul juga pada anak.

● Makanan atau minuman tertentu

Pengawet makanan yang biasa terdapat dalam daging olahan dapat memicu sakit kepala pada anak. Selain itu, perasa makanan seperti MSG juga dapat menyebabkan keluhan sakit kepala. Kafein yang tinggi seperti pada soda, cokelat, kopi, dan teh juga dapat menimbulkan sakit kepala pada anak.

● Masalah di otak

Tumor otak, abses di otak, dan perdarahan di otak bisa menekan area tertentu di otak dan menyebabkan sakit kepala kronis serta berat. Kondisi ini juga diikuti oleh penglihatan yang kabur.

Untuk mencegah sakit kepala pada anak selalu terapkan gaya hidup sehat sejak dini. Seperti tidur cukup, aktif berolahraga, pola makan sehat, dan menghindari kafein adalah hal-hal yang harus diperhatikan. Stres juga dapat menjadi pemicu sakit kepala, sehingga penting untuk mencermati apakah anak sedang dalam tekanan. Semoga bermanfaat! (Wnd)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
kesehatan
sakit kepala
anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
05 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KESEHATAN
21 December 2017 08:45:22

Lakukan Hal Ini Jika Jantung Berdebar Selepas Minum Kopi

 
KESEHATAN
23 June 2019 23:26:22

Mencegah Dehidrasi pada Bayi Mencret

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284