ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 05 Agustus 2020 | 16 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Mitos Kandungan Gizi Susu Kental Manis

09 July 2018 14:48:10
 Mitos Kandungan Gizi Susu Kental Manis
Foto: Industri Bisnis

ChanelMuslim.com – Belakangan ini marak beredar mitos kandungan gizi Susu Kental Manis (SKM) yang tidak bermanfaat untuk tubuh. Padahal selama ini, kita tahu bahwa SKM sudah menjadi salah satu produk susu yang menjadi primadona di kalangan masyarakat.

Tentu saja berkat rasanya yang enak. Ditambah lagi harganya lebih terjangkau dari produk susu bubuk. Belum lagi hasilnya, anak kita menjadi memiliki bobot tubuh yang lebih berat dari sebelumnya. Sebenarnya mitos kandungan gizi apa yang terdapat dalam kandungan SKM? Berikut ulasannya.

Dikutip dari DokterSehat, beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa susu merupakan produk yang dihasilkan oleh kelenjar susu. Umumnya ada pada mamalia termasuk manusia. Misalnya ASI. Rupanya, beberapa jenis susu yang terbuat dari bahan nabati misalnya susu kedelai ternyata tidak bisa disebut sebagai produk susu. Meskipun memiliki rasa dan bentuk yang sama seperti susu.

Nyatanya, pakar kesehatan ini juga menilai susu kental manis pada wadah kaleng termasuk dalam golongan yang sama dengan susu kedelai. Itu artinya bukan merupakan produk susu. Namun, BPOM sudah mengaturnya dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan No. 21 Tahun 2016 tentang Kategori Pangan. Dijelaskan bahwa susu kental manis adalah produk susu yang menghilangkan sebagian air sehingga berbentuk cairan kental.

SKM ternyata memiliki kandungan lemak dan gula sangat tinggi. Berbeda jauh dari susu mamalia yang justru memiliki kandungan kalsium dan protein tinggi dengan lemak dan gula rendah. Akibatnya, SKM dianggap sebagai penggemuk badan karena kandungan lemak dan gula yang tinggi tersebut.

Kandungan gizi SKM juga sudah diatur dalam Standar Nasional Indonesia No. 2971 Tahun 2011. Di dalamnya dijelaskan bahwa kandungan gula susu kental manis berkisar 51% – 56% dan kandungan lemak susu kental manis berkisar 43% – 48%.

Untuk itulah, hasil dari meminum SKM secara rutin dapat menyebabkan bobot tubuh menjadi lebih berat. Bahkan jika dilihat dari karakteristik dan aturan yang ada SKM memang meruapakan produk susu yang seharusnya disajikan dengan menambahkan air sehingga kandungan gizi setara dengan susu. (Wnd)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
06 May 2019 09:00:02

5 Manfaat Kesehatan Konsumsi Kurma

 
ADVERTORIAL
05 August 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KESEHATAN
22 July 2019 05:06:27

5 Manfaat Konsumsi Jamur bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
21 May 2018 14:14:42

Tetap Sehat Saat Berpuasa

 
KESEHATAN
23 October 2019 06:19:54

Manfaat Membawa Bekal bagi Kesehatan Keluarga

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
Munajat Dzulhijjah
 
 
TERPOPULER
 
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga