ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 15 Oktober 2019 | 16 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KELUARGA

Kenapa Suka Pusing Kalo Belajar Matematika

27 September 2015 09:23:45
Kenapa Suka Pusing Kalo Belajar Matematika

pusing-matematikaChanelMuslim.com - Assalamu’alaikum

Mam Fifi, kadang-kadang jika saya sedang belajar matematika dikelas, saya suka pusing karena menghitung dan menjumlahkannya terlalu sulit. Saya selalu pusing akan hal ini, tapi kadang-kadang saya juga takut jika hasil saya sedang diperiksa atau sewaktu saya disuruh maju kedepan untuk menyelesaikan masalah dinomor manapun yang disuruh ibu guru. Saya ingin minta tips yang tepat, agar saya tidak takut dan tidak pusing lagi jika belajar dikelas.

Sekian dan terima kasih.

Mutiara Qhonita Sa’diyah (Tia)

Jawab :

Mutiara Qhonita Sa’diyah (Tia)

Jawab :

Walaykumsalam warahmatullahi wabaraktuh,

Dear Tia yang solihat, saya tidak tahu kamu umur berapa karena tidak kamu cantumkan umurmu diemailmu, tapi kalau boleh saya menduga, umurmu sekitar SMP atau SMU yaa? Tapi kamu hebat loh, masih muda sudah buka-buka media online Islam, dipertahankan yaa sampai kamu dewasa dan sudah berumah tangga sekalipun, tetap buka media Islam yang menjadi rujukan masyarakat.

Mengenai masalah kamu, mengapa sering pusing bila belajar matematika, saya juga tidak tahu mengapa, namun saya duga kamu agak phobia atau takut dengan matematika karena kamu pernah mengalami hal yang kurang menyenangkan dalam pelajaran matematika, benarkah? Mungkin kamu secara tidak sadar trauma dengan guru yang terlalu galak yang membuat kamu takut dan pusing. Atau mungkin juga ada soal-soal yang kamu tak paham dan sangat sulit sehingga membuat kamu stress tidak dapat mengerjakannya dan nilaimu pun tidak bagus, bahkan sampai tahun berikutnya pun kamu tetap tidak paham.

Biasanya untuk palajaran matematika itu, jika untuk dasarnya tidak paham maka ke atasnya akan sulit, karena biasanya perhitungan matematika saling nyambung dari pelajaran di kelas 1, 2 dan seterusnya.

Saran saya begini saja, kamu coba dari dasar lagi dan santai saja, minta tolong kawanmu yang pandai untuk mengajarkan dari awal lagi, pelan-pelan satu per satu. Matematika itu cara belajarnya adalah pertama: mengerti, lalu dihafalkan cara dan jalannya, lalu dimengerti lagi, lalu kamu ulangi di buku tulis kamu sendiri. Mula-mula kamu ulangi dengan soal yang sama dengan jawaban yang sudah ada, setalah itu, kamu cari soal yang berbeda tapi mirip-mirip, misalnya angkanya saja yang diubah-ubah, lalu kamu kerjakan, bila macet tidak paham, kamu coba ulangi soal pertama yang sudah ada jawabannya. Terus dilatih untuk mengerjakan soal-soal dengan bantuan teman atau mungkin bisa dengan kakak, saudara, orang tua yang mau mengajarkan.

Bila sudah terbiasa latihan, maka matematika akan menjadi menyenangkan. Kamu takut, pusing dan cemas, mungkin karena kamu tidak paham.

Tak ada cara lain kecuali kamu pelajari lagi dari awal dan menyusuri mana-mana saja yang kamu tidak bisa. Bila ada uang lebih kamu bisa ikut les matematika privat, tapi kalau tak ada, minta tolong kawanmu yang pandai untuk menjelaskan dari dasar dari awal.

Memang agak malu yaa, apalagi kalau kamu sudah kelas 3, masa belajar lagi dari yang kelas 1, kamu bilang saja pada kawanmu, bahwa kamu ingin belajar dari dasar agar paham betul.

Cara lain untuk memahami tanpa bantuan orang lain adalah kamu pelajari sendiri bab satu dahulu, kan ada soal yang sudah dikasih jawaban, sebagai contoh, dan kamu coba untuk memahami darimana asalnya jawaban tersebut. Lalu kalau sudah paham kamu salin lagi tanpa melihat dengan pengertian, memang setengah dihafal juga jalannya, kalau sering latihan sering ditulis maka lama-lama akan bisa, kalau ada soal yang kamu tidak paham, maka tanya kawan atau gurumu. Mudah-mudahan gurumu sabar, sebab guru seringkali sudah lelah dan tidak sabar kalau ditanya yang menurut mereka mudah saja.

Selain itu kamu doa saja agar kamu juga bisa, Allah yang membuka pikiranmu, coba baca surat al ikhlas deh, ada kalimat, Allahushomad… (Allah tempat meminta sesuatu…).

Tekankan juga pada dirimu, orang lain bisa masak aku gak bisa.

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
KELUARGA
02 January 2017 17:35:11

Desa Chamonix Paris yang Asik

 
KELUARGA
24 February 2017 21:47:43

Menjaga Anak Remaja

 
KELUARGA
28 February 2017 16:54:00

Suami Itu Butuh Didengarkan

 
KELUARGA
13 April 2018 21:50:21

Yuk, Manjakan Orang Tua di Usianya yang Lanjut

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284