ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KECANTIKAN

5 Panduan Perawatan Kulit Memasuki Usia 40 dari Para Ahli

07 August 2019 07:10:54
Tips kecantikan usia 40 tahun, perawatan kulit ,
Ilustrasi (source: fimela magazine)

ChanelMuslim.com - Usia 40 tahunan adalah usia dimana kinerja kulit akan mengalami penurunan dan potensi terjadinya penuaan pada kulit sangat besar.

Nah, sebelum memasuki usia 40-an kita perlu melakukan beberapa perawatan kulit untuk mencegah terjadinya penuaan tersebut.

Dilansir laman Byrdie, berikut saran dari para ahli dermatologi untuk yang akan memasuki usia 40-an dalam merawat kulit:

1. Gunakan Serum Vitamin C

Tidak bisa dipungkiri bahwa vitamin C adalah salah satu anti-oksidan penting yang bermanfaat untuk menjaga kulit tetap elastis sekaligus sehat. Hal ini dikarenakan vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, mencegah dark spots, serta memiliki manfaat peremajaan bagi kulit kita.

Nah, itulah sebabnya kita perlu mulai menggunakan produk skin care dengan konsentrasi vitamin C yang tinggi, seperti serum, pada usia 20-an dan 30-an untuk mempertahankan kondisi kulit yang tetap sehat ketika memasuki usia 40 tahun.

Kita bisa menggunakan serum vitamin C di pagi hari sebelum menggunakan pelembap dan jangan lupa gunakan sunscreen setelahnya untuk memberikan perlindungan ekstra.

2. Eksfoliasi 2-3 Kali Seminggu

Seiring bertambahnya usia, kulit kita akan semakin menebal akibat menumpuknya sel-sel kulit mati, sehingga kulit wajah akan nampak kusam dan pori-pori semakin jauh terlihat.

Kelebihan pigmen kulit juga tersimpan dalam sel-sel kulit mati tersebut, sehingga bisa menyebabkan warna kulit tampak tidak rata atau mengalami hiperpigmentasi.

Nah, solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan eksfoliasi, baik kimia maupun fisik, sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Rutin melakukan eksfoliasi akan membantu membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit kamu.

Tak hanya itu, eksfoliasi secara teratur juga akan membantu produk perawatan kulit kamu yang lain, seperti serum, dapat menembus dengan lebih baik pada kulit.

3. Gunakan Sunscreen

Sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB merupakan salah satu faktor terbesar yang menyebabkan kulit rusak sehingga harus dihindari. Selain membuat kulit tampak lebih gelap, terpapar sinar matahari secara terus-menerus juga dapat membuat kulit kamu kering dan rentan terhadap garis-garis halus serta inflamasi.

Karena itu, kita perlu mengaplikasikan setidaknya SPF 30 setiap hari dan aplikasikan ulang setiap tiga jam sekali untuk menjaga kulit tetap aman, awet muda, serta bercahaya.

Aplikasikan pada seluruh bagian permukaan kulit yang paling mungkin terekspos sinar matahari, seperti tangan, kaki, lengan terbuka, dan leher.

4. Masukkan Retinol ke dalam Skin Care Routine

Jika berbicara tentang perawatan kulit dengan fokus anti-aging, tentunya tidak dapat dipisahkan dari kandungan yang satu ini. Ya, retinol memang sudah dikenal sebagai kandungan ampuh untuk melawan tanda-tanda penuaan dan membuat kulit tetap tampil sehat sekaligus awet muda.

Nah, jika kita sudah rutin melakukan perawatan dengan vitamin C dalam rutinitas di pagi hari, kita dapat menggunakan retinol dalam skin care routine di malam hari.

Para ahli dermatologi setuju bahwa usia 20-an adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk mulai menggunakan retinol berkualitas tinggi di malam hari, karena turunan vitamin A bekerja secara preventif untuk melawan keriput dan meningkatkan produksi kolagen.

5. Merawat Kulit di Pagi dan Malam Hari

Sama seperti menyikat gigi, tidak cukup bagi kita jika hanya merawat kulit sekali sehari. Perawatan kulit di siang hari tentunya berfokus untuk melindungi wajah dari radikal bebas serta sinar matahari. Sedangkan perawatan kulit di malam hari berfokus untuk memperbaiki kulit sebelum tidur dan ketika bangun.

Mulailah dengan hal yang sederhana terlebih dulu, seperti membersihkan kulit kamu pada pagi dan malam hari. Kulit yang tidak dibersihkan dengan baik akan membuat pori-pori tersumbat, kulit kusam, serta penuaan kulit yang lebih cepat.

Tentunya, rutinitas membersihkan wajah ini juga harus diikuti oleh skin care routine pagi dan malam hari yang tepat sesuai kondisi kulit.

Semoga bermanfaat sahabat muslim. [jwt/fimela]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips kecantikan usia 40 tahun
perawatan kulit
 
BERITA LAINNYA
 
 
KECANTIKAN
25 September 2019 11:00:01

3 Pemicu Timbulnya Jerawat yang Sering Terabaikan

 
KECANTIKAN
16 April 2019 09:00:01

Tips agar Wangi Parfum Bertahan Lama

 
The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284