ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 24 Oktober 2019 | 25 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
JENDELA HATI

Sistem Zonasi, Menolak Menerangi Bintang

01 August 2019 16:15:01
Sistem Zonasi, Menolak Menerangi Bintang
Foto: Fifi. P. Jubilea

ChanelMuslim.com – Yang masuk sekolah favorit itu pintar-pintar, anak pejabat, atau anak orang kaya. Kalau kurang pintar ada yang berani bayar karena menaikkan gengsi kalau masuk sekolah itu. Nemnya juga tinggi-tinggi.

Aku juga lihat sih yang masuk sekolah favorit anaknya juga bersih-bersih, terpelajar dan confidence. Bisa masuk sekolah favorit itu kalau nilainya di atas 8,8 atau 9 ke atas deh. Wow.

Sekolah favorit karena anaknya memang sudah pintar-pintar. Misalnya menang lomba terus. Bergengsi deh kalau masuk ke situ. Baik anak maupun orang tua dan guru bangga. Meskipun cenderung eksklusif.

Aku diam saja. Diam-diam membuat sekolah juga. Orang bilang mahal. Ya bagaimana? Zaman sekarang semen saja sekarung berapa? Tanah semeter di tepian Jakarta Timur sudah Rp14 juta. Aku kan bayar sendiri nggak ada yang membantu. Tidak ada subsidi dari pemerintah. Bahkan pajak dan IMB, wow ratusan juta.

Sorry membuka rahasia negara. Derita pemilik sekolah swasta mesti mengeluarkan duit dari kantung sendiri. Pinjam bank jelas riba. Bersaing ketat dengan sekolah favorit ketika mau UN. Mendidik anak-anak dari nggak bisa menjadi bisa. Yang pintar banget dan low jadi satu. Stress berjamaah menjelang UN (National Certificate) dan ujian Edexcel (International Certificate).

Yang sedih ketika anak-anak sudah dididik setengah mati dan nilai UN tinggi-tinggi, pada pindah semua mengejar sekolah negeri. Rasanya kayak ibu kehilangan anak yang lari ke tetangga sebelah setelah ibunya memberi makan sampai kenyang. Sang ibu cuma bisa bernyanyi, "Hanya memberi, tak harap kembali.”

Dengan sistem zonasi sebetulnya ada keadilan. Walau banyak yang mengeluh. Adillah, kalau bikin sekolahan tapi cuma terima anak pintar yang Nemnya sudah tinggi yang datang dari jauh, guru nggak usah mengajar karena anaknya sudah pintar, otak sudah encer, gizi sudah bagus, nutrisi nomor satu. Ya enaklah punya anak murid kayak gitu.

Sekarang tantangannya adalah bagaimana mendidik anak dari nggak bisa menjadi bisa. Itu tantangan sebuah sekolah dan kerjaan para guru. Kalau mendidik anak yang otaknya encer semua orang juga bisa.

Jangan gusar membaca status ini. Pendidik itu nggak boleh hanya mampu menerangi bintang. Hanya terima yang pintar-pintar saja. Bintang sudah terang sehingga menjadi nggak adil kalau diterangi lagi. Kasihlah penerangan pada yang belum menjadi bintang agar semua anak bangsa menjadi bintang dan kepandaian merata. Kemudian mampu bersaing dengan siapapun pendatang dari negeri seberang.

Setelah ini berubah kurikulum ya Bapak Menteri agar lebih skill full dan jangan lupa character building disiapkan. Jumlah murid di JISc  SMP/SMU tahun 2019, yaitu 750 siswa. Total siswa dari TK sampai SMU sebanyak 2.800-3.000 orang. Nilai UN tertinggi 2019, yaitu 98,4. Dengan 3 kurikulum yang digunakan International, National dan Islamic. Sekelas maksimal 16 orang. Motto sekolah adalah didiklah anak sesuai zamannya.

Allah berfirman, “Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Ar-Rum: 30)

Website:

https://www.jakartaislamicschool.com/category/principal-article/

https://www.jakartaislamicschool.com/category/principal-article/

Facebook Fanpage:

https://www.facebook.com/jakartaislamicschoolcom

https://www.facebook.com/Jakarta.Islamic.Boys.Boarding.School

Instagram:

www.instagram.com/fifi.jubilea

Twitter:

https://twitter.com/JIScnJIBB

User profile picture

Mam Fifi

Pengasuh Rubrik Jendela Hati

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
JENDELA HATI
17 October 2018 14:20:52

Bantuan Keempat untuk Palu

 
JENDELA HATI
16 April 2018 13:00:55

Anak Pertamaku dan Angkatan Pertama JISc

 
JENDELA HATI
30 June 2018 23:55:32

Naik Kapal

 
JENDELA HATI
13 November 2018 13:33:55

Suka Praktek Bukan Teori

 
The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284