ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 03 Juli 2020 | 13 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
JENDELA HATI

Mam Fifi: Marhaban Ya Ramadan untuk Semua Keluarga Muslim

23 April 2020 15:15:01
Mam Fifi: Marhaban Ya Ramadan untuk Semua Keluarga Muslim
Foto: Fifi P. Jubilea

ChanelMuslim.com - Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Semoga kita bisa menjumpai bulan Ramadan dan melaksanakan ibadah di dalamnya dengan hati gembira serta di lapangkan semua urusan. Aamiin....

Ada beberapa hal yang ingin saya sharing mengenai bulan Ramadan ini:

1. Kita beruntung, karena tahun ini bulan Ramadan tiba di kala hati kita tengah galau, tak ada tempat berpijak. Ramadan datang menghampiri kita dan kita merasakan rahmat-Nya turun ke muka bumi. Malaikat turun ke muka bumi membawa rahmat dan ketenangan di hati penduduk dunia. Setan-setan dibelenggu; membuat kita kehilangan satu tipe musuh atau satu cobaan, sehingga hati kita berlega dan lebih khusyu dalam beribadah. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

“Apabila Ramadan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhari no. 1899 dan Muslim no. 1079)

2. Sudah sunnahnya , setiap menjelang Ramadan kita mendengarkan taushiyah Ramadan sebagaimana sahabat pernah menyatakan kepada Rasulullah. Lalu Rasulullah menjawab walau sudah tahu tentang Ramadan (sudah dilaksanakan berulang-ulang), tapi karena ini adalah bulan mulia tidak ada salahnya kita mendengarkan lagi tauisyah tentang Ramadan.

Ini saya pernah baca di sebuah buku tapi sampai hari diturunkannya tulisan ini belum jumpa kembali buku tersebut, tapi ya kira-kira demikian; tidak ada salahnya mendengarkan kembali mengenai Ramadan agar kita ingat kembali dan termotivasi menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

3. Bahkan para sahabat mempersiapkan Ramadan beberapa waktu sebelumnya, ada yang setengah tahun lalu, ada yang beberapa bulan lalu, semua bersiap-siap menyambut Ramadan, bulan yang suci.

4. Kita berbahagia sebagai satu-satunya umat yang diberikan bulan Ramadan adalah Umat Islam.

5. Pahala sunnah jadi pahala wajib, pahala wajib digandakan 70 kali lipat. Bayangkan bila kita shalat berjamaah, berapa banyak pahala yang bisa kita peroleh.

6. Hati menjadi tenang dan ada kekuatan dari Allah SWT sehingga semua manusia sanggup berpuasa baik tua maupun muda, satu bulan lamanya kita berpuasa. Padahal, kadang kala kita sehari saja lupa makan, sudah sakit maag.

7. Ada waktu-waktu mustajab di bulan Ramadan, dimana doa dikabulkan:

A. Waktu sahur,

“Barangsiapa yang istighar dan berdoa di waktu sahur maka Allah dan malaikat akan bershalawat kepada orang tersebut.“ (Buku Imam Qurthuby)

B. Selama kita berpuasa

C. Saat menjelang berbuka

D. Hari Jumat di bulan Ramadan

E. Saat shalat malam, di 1/3 malam terakhir

8. Bulan Ramadan juga bulan diturunkannya Alquran, disunnahkan untuk banyak tilawah Alquran. Bahkan Imam Syafi‘i menuntaskan 60 kali khatam Alquran selama bukan Ramadan dan meninggalkan semua pekerjaan kecuali membaca Alquran saja.

9. Diturunkannya malam 1000 bulan, Lailatul Qodr, dilipatgandakan pahala sebanyak 83 tahun ibadah kepada orang yang mendapatkan lailatul qodr.

10. Ramadan merupakan bulan dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Imam Nasa’i di atas: Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan dimana Allah mewajibkan kepada kaliau untuk berpuasa. Pada bulan ini dibuka pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta dibelenggunya syaitan. Pada bulan ini terdapat satu malam yang lebih mulia dibandingkan dengan seribu bulan. Maka barang siapa yang diharamkan kebaikannya, maka ia tidak akan mendapatkan kebaikannya.(HR. Nasa'i)

11. Di surga ada pintu namanya Babul Rayyan

Ada pintu surga yang dibuka hanya untuk orang yan berpuasa; pintu pertama dibuka adalah berisi makanan yang kita inginkan di dunia tapi kita menolaknya karena kita sedang berpuasa.

(Buku Imam Qurthuby)

12. Ramadan merupakan bulan ditambahnya rezeki seorang mukmin. Dan insya Allah setiap hamba yang berusaha akan Allah bukakan pintu-pintu rezeki kepadanya serta Allah tambahkan rezekinya. Maka apabila kita mengharapkan rezeki yang halal dan berkah serta melimpah, Ramadan merupakan potensi yang besar untuk mendapatkannya:

...وَهُوَ شَهْرٌ يٌزْدَادُ فِيْهِ رِزْقُ الْمُؤْمِنِ....

"Dan Ramadan merupakan bulan ditambanya rezeki orang yang beriman." (HR. Baihaqi & Ibnu Khuzaiman)

13. Pahala puasa tidak ada hitungannya karena kata Allah, puasa itu untukku, pahalanya hanyalah ada hitungannya dan hitungannya hanya Aku yang tahu.

الصوم لي وانا أجزي به

“Puasa itu untukku, dan Aku yang membalasnya ...”

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلَّا الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ... (رواه البخاري)

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, bahwa Allah SWT berfirman, ”Puasa adalah untuk-Ku dan Aku lah yang akan (langsung) memberikan pahala kepada orang yang berpuasa. Dan puasa adalah perisai...” (HR. Bukhari)

14. Barangsiapa yang tidak berpuasa satu kali saja, dengan sengaja , maka walau diganti dengan puasa setahun pun tidak akan diterima.

15. QS. Al-Baqarah Ayat 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa..."

16. Dan ingatlah, Puasa adalah separuh kesabaran ... (Sa'id Hawwa).

17. "Puasa adalah amanah, maka hendaklah kita menjaga amanahnya." ( HR Al- Khara'ithi dengan sanad yang hasan)

Disadur dari kitab Pembersih Jiwa karya Sa'id Hawwa; Kiamat dan Hari Akhir karya Imam Qurthubi.

By; Fifi P Jubilea SE, Spd, MSc, PhD (Owner, Konseptor, dan Principal JISc, JIBBS, dan JIGSc) Jakarta Islamic School.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadan 1441 H.

Mohon maaf lahir batin.

Semoga Allah mudahkan upaya kita mendekatkan diri pada-Nya. Aamiin yaa Rabbal'alamiin.

Allah berfirman, "Katakanlah: ‘Dengan kurnia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.'" (QS. Yunus: 58)

Website:

https://ChanelMuslim.com/jendelahati

https://www.jakartaislamicschool.com/category/principal-talk/

Facebook Fanpage:

https://www.facebook.com/jakartaislamicschoolcom

https://www.facebook.com/Jakarta.Islamic.Boys.Boarding.School

Instagram:

https://www.instagram.com/fifi.jubilea/

Twitter:

https://twitter.com/JIScnJIBBS

User profile picture

Mam Fifi

Pengasuh Rubrik Jendela Hati

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
JENDELA HATI
07 September 2018 13:00:02

Cara Mereka Berterima Kasih

 
ADVERTORIAL
03 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
JENDELA HATI
24 July 2019 14:18:56

Lebaran di Perth

 
JENDELA HATI
07 September 2018 11:27:04

Mengawal Bantuan untuk Lombok

 
JENDELA HATI
26 August 2019 12:34:37

Akademi Kopi

 
JENDELA HATI
24 October 2019 13:19:42

LDKS

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284