ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 16 November 2019 | 19 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
JENDELA HATI

Kondisi Sekolah Boarding Milikku

26 August 2019 17:05:01
Kondisi Sekolah Boarding Milikku
Foto: Fifi. P. Jubilea

ChanelMuslim.com – Semalam pulang kuliah dengan seabreg tugas tentang fishbone, cloud deployment dan lain-lain. Aku segera menghampiri anak-anak di boarding JIBBS dan JIGSc di Puncak. Aku mau mengirim spaghetti, muffin chocolate dan bolu gulung isi tiramisu keju.

Rasanya lucu karena semua supir dan mbak di rumah harus ingat jumlah anak, guru, staff, office boy dan tukang rumput di masing-masing cabang ada berapa. Semuanya harus kebagian. Biasanya dari mereka pula aku tahu yang sakit siapa yang nggak masuk siapa.

Jadi pengiriman makanan tambahan sebanyak 250 porsi sekali kirim ke JIBBS dan JIGSc adalah bentuk sidak dalam bentuk lain.

Aku juga menjadi tahu apa kegiatan mereka ketika anak-anak lain seusia mereka di luar sana pada nge-date pacaran. Tapi anak-anak boarding nggak malu jadi jomblo. Jomblo bahkan keren menunjukkan mereka takut pada Tuhan.

Ternyata malam Ahad diisi dengan acara muhadhoroh atau show kecil-kecilan. Latihan menjadi ajang keberanian. Ada yang main drama tahfidz, ada yang lomba setor ayat pilihan, ada yang menonton film sama gurunya, ada yang lomba nasyid, ada yang comedy show atau menyanyi memakai panci.

Ya akhir pekan biasanya diisi dengan kegembiraan sambil menunggu besok Ahad dijenguk orang tua. Aku berharap diajak jalan-jalan seputar Puncak. Tapi selepas ashar harus balik ya. Siap-siap untuk pembelajaran di hari Senin pagi.

Dan aku tanya lagi, “Ada siapa saja?”

Jawab admin di sebrang sana, “Ustaz B, Ustaz C, Ustaz D dan Ustaz G dengan piket ustazah. Kalau di boarding girls ada Ustazah E, Ustazah N, Ustazah R, Ustazah A dan semua ustazah kebetulan sedang kumpul sambil makan kue coklat yang dalamnya meleleh. Anak-anak senang banget sebelum makan kuenya dilelehkan dulu pakai microwave. Jadi luarnya dingin, dalamnya panas chocolava cakes.

Yes, kata siapa masuk boarding nggak bisa makan pizza, chcolava cake, spaghetti, fetucinni, blackforest dan bolu tiramisu. Malahan di boarding jadi tahu segala jenis makanan dari lodeh, ayam rica-rica, sambal terong, macaroni schotel, calamary, bandeng presto, tahu kipas dan lain-lain.

Laporan dari boarding girls, “Anak-anak lapar melulu Mam. Habis makan malam malah pada masak nasi goring.”

Waduh, hati-hati girls. Menaikan berat mudah menurunkannya susah. “Dan kalau buka kulkas pasti penuh. Isinya makanan mereka semua.”

Lain dengan yang di SMU boys, habis main bola sore-sore. Malamnya ngeliwet di lapangan dengan teri dan jengkol. Jadi bukan anak JIBBS kalau nggak tahan bau jengkol. Ini ustaznya yang mengajarkan. Tapi disanalah letak kebahagiaan hidup tanpa orang tua.

Makanya di boarding boys tidak ada kunci gembok. Tidak ada pagar sekeliling boarding. Selama belasan tahun JIBBS berdiri tidak ada anak-anak yang kabur. Kalau mau kabur mah sok sebodo teuing nggak bakalan dicariin sama ustaznya.

Masuk boarding karena kesadaran bukan paksaan. Masuk boarding untuk diri sendiri bukan gengsi family. Jadi, anak-anak semuanya sadar untuk bertahan di boarding karena kesadaran akan penempaan dirinya.

Boarding kami kecil. Selain saya nggak punya uang untuk banyak membuat gedung besar-besar. Belum lagi masalah pengawasan mutunya. Kalau banyak, khawatir nggak keurus dan mencari ustaz yang baik, mau menginap, sabar dan perhatian juga susah.

Bikin boarding alamat nggak bisa tidur nyenyak. Siap-siap mendapat notification kalau ada apa-apa di malam hari. Misalnya, anak sakit dn lain-lain. Pentingnya komunikasi dibangun bukan cuma dua arah tapi semua arah. Jadi ponsel menyala 28 jam.

Selamat menjadi guru boarding untuk para ustaz dan ustazah yang siangnya memberi ilmu lalu malamnya sibuk berjaga. Kalian hebat ketika guru lain sudah dengan keluarga. Kalian malah meninggalkan keluarga demi anak orang. Guru boarding gajinya mesti lebih tinggi. Inshaa Allah. Catat!

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan untuk untuk menuntut ilmu niscaya Allah akan memudahkan jalanbaginya menuju surga. Sesungguhnya malaikat mengepakkan sayapnya sebagai tanda ridha bagi para penuntut ilmu. Sesungguhnya seorang alim akan dimohonkan ampunan oleh penduduk langit dan bumi serta ikan yang berada di lautan. Sesungguhnya keutamaan orang alim (berilmu) di atas ahli ibadah adalah seperti keutamaan bulan saat purnama di atas bintang-bintang. Sesungguhnya ulama itu pewaris para Nabi. Para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, melainkan mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambil ilmu berarti mengambil bagian yang besar.”  (HR. Tirmidzi)

Website:

https://www.jakartaislamicschool.com/category/principal-article/

https://www.jakartaislamicschool.com/category/principal-article/

Facebook Fanpage:

https://www.facebook.com/jakartaislamicschoolcom

https://www.facebook.com/Jakarta.Islamic.Boys.Boarding.School

Instagram:

www.instagram.com/fifi.jubilea

Twitter:

https://twitter.com/JIScnJIBB

User profile picture

Mam Fifi

Pengasuh Rubrik Jendela Hati

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
JENDELA HATI
10 December 2018 11:11:13

Guru JISc Joglo

 
JENDELA HATI
07 December 2018 14:00:02

Belajar Lagi

 
JENDELA HATI
28 June 2018 19:00:01

Kumpul Saudara

 
JENDELA HATI
09 October 2019 10:15:01

Ayo Membaca!

 
JENDELA HATI
24 April 2018 13:55:49

Mendoakan Pemimpin Baik

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284