ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 04 Desember 2020 | 19 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
FASHION

Ayu Dyah Andari Tampilkan Sriwijaya Jumputan Palembang Series dalam Virtual Fashion Show ISEF 2020

31 October 2020 14:03:04
Ayu Dyah Andari Tampilkan Sriwijaya Jumputan Palembang Series dalam Virtual Fashion Show ISEF 2020
Ayu Dyah Andari Tampilkan Sriwijaya Jumputan Palembang Series dalam Virtual Fashion Show ISEF 2020

ChanelMuslim.com - Perancang busana Ayu Dyah Andari hadirkan Sriwijaya Jumputan Palembang Series dalam acara Virtual Fashion Show Modest Fashion ISEF 2020 dengan konsep Sustainable Fashion, Sustainable Lifestyle yang digelar pada Rabu (28/10/2020).

“Sriwijaya” Jumputan Palembang Series menggunakan konten atau sumber daya lokal seperti kain tradisional yang dikenal luas di tanah air.

Koleksi busana muslim berbahan kain songket Palembang diciptakan Ayu berdasarkan inspirasi yang muncul dari pusat kerajaan Sriwijaya yang memiliki beragam kain tradisional.

Dalam koleksi busana yang dipamerkan pada hari pertama Virtual Fashion Show Modest Fashion ISEF 2020, untuk pertama kalinya, Ayu Dyah Andari menggunakan material kain jumputan yang berasal dari Palembang. Kain yang digunakan untuk jumputan ini merupakan Kain Katun Sutra yang lembut. Koleksi ini menggunakan gaya desain Classic Eropa Kuno yang merupakan gaya desain khas Ayu Dyah Andari.

Kota Palembang di Sumatra Selatan yang merupakan pusat kerajaan Sriwijaya memiliki beragam kain tradisional yang telah dikenal luas di tanah air yakni kain songket dan jumputan. Hingga kini, motif jumputan yang dibuat dengan teknik celup itu masih menjadi salah satu favorit.

Motif kain jumputan Palembang menggunakan dua atau tiga warna. Warna-warna ini umumnya adalah warna berani yang cukup kuat seperti merah, hijau, dan kuning. Sedangkan dari motif tidak terlalu banyak mengalami perubahan dan masih mempertahankan motif tradisional di anataranya kacang hijau, sasirangan atau titik tujuh.

Kini, jumputan tak hanya diaplikasikan pada sutra pelangi, tetapi juga pada kain sytra kerut, katun sutra, silk, kain tenun alat tenun bukan mesin hingga kain gamis. Pembuatan kain jumputan seluruhnya dilakukan secara manual. Mulai dari melukis motif, menjahit jumputan, hingga mencelup warna.

Sentuhan detail dengan bordir hingga penambahan dengan bahan tulle membuat setiap desain terlihat modern walaupun menggunakan kain tradisional. Warna-warna yang digunakan adalah warna orange, maroon, blue, ocean, dan pale green. Terdapat 6 desain yang dirancang oleh Ayu Dyah Andari khusus untuk dipamerkan pada ISEF 2020.[ind/Walidah]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ayu dyah andari tampilkan sriwijaya jumputan palembang series dalam virtual fashion show isef 2020
 
BERITA LAINNYA
 
 
FASHION
08 September 2018 09:42:22

6 Fakta Menarik Acara Hijabmarket Bandung

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284