ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 19 November 2019 | 22 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Jerman Timur Dicengkeram oleh Xenofobia dan Islamofobia

08 November 2019 16:31:00
Jerman Timur Dicengkeram oleh Xenofobia dan Islamofobia

ChanelMuslim.com - Jerman menandai peringatan ke 30 jatuhnya Tembok Berlin minggu ini, tetapi meningkatnya xenofobia dan Islamofobia di Jerman Timur yang sebelumnya komunis, secara serius mengancam keamanan nasional negara itu.

Tiga dekade setelah runtuhnya Tembok Berlin, otoritas Jerman bergulat dengan munculnya ideologi sayap kanan di bagian timur negara itu.

Bukti paling memberatkan adalah munculnya partai sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AfD), yang merangkak ke Bundestag pada 2017; di beberapa bagian timur Jerman menjadi partai yang paling populer.

AfD sebenarnya menunggangi Islamofobia dan xenofobia Jerman yang mengejutkan. Dalam laporan tahunannya tentang keadaan persatuan Jerman, pemerintah Jerman telah memperingatkan bahwa xenofobia Jerman Timur merupakan bahaya bagi harmoni sosial.

Serangan berulang terhadap pusat-pusat pengungsi dan pusat-pusat Islam di Jerman Timur adalah bukti dari fakta bahwa tindakan kekerasan xenofobia adalah bahaya serius bagi keamanan nasional Jerman.

Salah satu contohnya adalah sel teror neo-Nazi yang berbasis di Jerman Timur, National Socialist Underground (NSU) yang terlibat dalam pembunuhan anti-orang asing sejak 2000-2007.

Butuh waktu hampir sepuluh tahun bagi otoritas Jerman untuk menghubungkan 10 pembunuhan terhadap sebagian besar pemilik bisnis Turki dan melacaknya ke NSU, memicu komite investigasi di Parlemen Jerman dan protes nasional tentang titik buta pihak berwenang terhadap terorisme sayap kanan. 

Serangan NSU yang bermotivasi rasial masih bergema hingga hari ini. Selama sepekan terakhir, politisi tingkat tinggi dari partai-partai yang mewakili seluruh spektrum politik Jerman telah menerima ancaman pembunuhan.

Musim panas yang lalu, salah satu dari ancaman itu menjadi kenyataan ketika politisi daerah Walter Lubcke ditembak mati di rumahnya di Jerman tengah. Dan pada bulan Oktober, seorang pria bersenjata ekstrimis sayap kanan menewaskan dua orang di kota Halle di bagian timur negeri itu, setelah gagal masuk ke sebuah sinagog untuk melakukan pembantaian pada hari libur Yahudi. 

Islamofobia yang mengakar

Sekitar setengah dari populasi Jerman memiliki kekhawatiran tentang Islam, menurut sebuah penelitian terbaru tentang demokrasi dan toleransi beragama. Tapi apa alasan di balik perasaan negatif terhadap Islam yang dirasakan banyak orang?

Sementara Jerman umumnya dipandang toleran, sikap mereka terhadap Muslim berbeda. Ini ditunjukkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh 'Religion Monitor' Bertelsmann Stiftung.

Menurut penelitian, mayoritas warga negara Jerman (87%) terbuka untuk pandangan dunia lain. 

Tapi 52% menganggap agama Islam sebagai ancaman. Bagi orang Jerman yang tinggal di negara-negara bagian timur, jumlah orang yang merasa seperti ini (57%) lebih tinggi daripada orang-orang di bagian barat negara itu di mana 50% memandang agama sebagai ancaman. 

"Jelas banyak orang saat ini melihat Islam kurang sebagai agama daripada sebagai ideologi politik dan karena itu mengecualikannya dari toleransi agama," kata pakar agama Yasemin El-Menouar. 

Dalam pandangannya, debat sosial dan laporan media dalam beberapa tahun terakhir, yang sering menempatkan Islam dalam cahaya negatif, telah berkontribusi pada sikap ini. 

El-Menouar mengatakan ada alasan untuk khawatir karena ketakutan terhadap Islam ini dapat dieksploitasi oleh kelompok populis sayap kanan. [ah/anadolu]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
DUNIA
11 December 2018 19:08:17

Pengadilan Konstitusi Turki Tolak Larangan Jilbab

 
 
DUNIA
12 February 2019 23:56:19

5 Negara Ini Masih Melarang Hijab atau Niqab

 
DUNIA
25 June 2018 05:07:06

Erdogan Menyatakan Menang dalam Pemilu Turki

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284