ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 22 September 2019 | 23 Muharram 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
BERITA

Program Green Kurban Sinergi Foundation Salurkan Daging Kurban Tanpa Kantong Plastik

31 July 2019 18:40:15
Program Green Kurban Sinergi Foundation Salurkan Daging Kurban Tanpa Kantong Plastik

ChanelMuslim.com - Program Green Kurban yang diinisiasi Sinergi Foundation menyalurkan daging kurban pada warga yang membutuhkan tanpa kantong plastik. Sebagai penggantinya, Green Kurban mengajak masyarakat menggunakan kearifan lokal daerah masing-masing. Mulai dari pelepah daun pisang, daun jati besek bambu, ganting, hingga wadah makanan sendiri.

“Di Green Kurban sendiri, distribusi daging kurban tanpa plastik sudah lama diterapkan, yaitu sejak program ini didirikan pada 2013,” jelas CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan

Ia melanjutkan, “Di Pedalaman Aceh Timur misalnya, tim distribusi Green Kurban menggunakan pelepah daun pisang untuk mendistribusikan daging. Atau perayaan Idul Adha di Kampung Sadarbakti Desa Sukasirna Cianjur. Ada ganting (irisan bambu) yang digunakan untuk wadah daging yang siap diibagi ke masyarakat,”

Menurut Asep, melalui program ini, Sinergi Foundation berikhtiar mengedukasi agar masyarakat mengurangi penggunaan kantong plastik saat distribusi daging dengan menggunakan ramah lingkungan dan bahan organik.

Ia menuturkan, saat Idul Adha, bukan sedikit kita mendapati plastik yang tercecer bekas pembagian daging. Padahal plastik adalah zat yang sulit terurai dan berbahaya bagi lingkungan. Alih-alih bermanfaat, kata Asep, efeknya justru mencemari alam.

“Plastik sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Tapi bukan berarti kita tidak bisa menguranginya sama sekali. Green Kurban menawarkan sejumlah alternatif dalam pengurangan kantong plastik saat kurban,” katanya.

Melalui program Green Kurban, Asep menyatakan pekurban tak hanya menjalankan perintah agama, berkurban juga bisa menjadi sarana untuk mencintai lingkungan.

Selain itu, katanya, di Green Kurban, hewan-hewan dipersiapkan sebaik mungkin untuk memenuhi ketentuan syariah dan kesehatan. Pun saat pemotongan dan pencacahan, Green Kurban memperhatikan adab-adab terhadap hewan yang diajarkan Rasulullah.

Asep pun mengajak segenap masyarakat untuk bergabung bersama ribuan pekurban lainnya dalam program Green Kurban dengan klik www.sinergifoundation.org/green-kurban. “Selain meraih kebaikan ibadah kurban, semoga ini menjadi bagian dari kontribusi kita untuk melestarikan bumi,” pungkasnya.[ah/rilis]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
17 February 2018 21:54:44

Si Pendaki Cilik yang Hafal 3 Juz Alquran

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284