ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 17 Juli 2020 | 27 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
BERITA

Pemberdayaan Ekonomi umat Melalui Lembaga Keuangan Mikro berbasis Syariah

08 November 2017 07:29:15
Pemberdayaan Ekonomi umat Melalui Lembaga Keuangan Mikro berbasis Syariah, Bank Indonesia, ISEF 2017,
Ilustrasi pasar tradisional (Foto: zizigaleri)

ChanelMuslim.com - Lembaga keuangan mikro berbasis syariah, sesungguhnya memiliki potensi besar untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah (eksyar) di tanah air.

Selama ini upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah masih dititikberatkan pada Perbankan Syariah, baik Bank Umum Syariah (BUS), Unit Usaha Syariah (UUS), maupun Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS).

Namun selain itu, ada potensi berkekuatan besar yang mampu menjadi akselerator pertumbuhan eksyar, yakni Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dan Koperasi Pesantren (Kopontren) serta lembaga keuangan berbadan hukum Koperasi lainnya, yang masuk dalam kategori Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS), Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (USPPS) Koperasi, maupun Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS).

Pengembangan lembaga keuangan mikro berbasis syariah tersebut oleh Pemerintah dieksekusi dalam metode bantuan pendanaan yang digulirkan langsung secara tepat guna. Perguliran dana berbasis syariah secara tepat guna ini yang kerap diistilahkan sebagai pemberdayaan ekonomi umat. Yakni melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dan pembinaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Di tingkat provinsi sendiri, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur telah memberikan dana hibah untuk Lembaga Keuangan Mikro berbasis fungsional, guna menjadi Koperasi Karyawan (Kopwan) Berbasis Syariah. Bahkan telah terbentuk hingga 2.307 Kopwan Syariah hingga tahun 2015 dan terus berkembang. Potensi ini akan semakin kuat pengaruhnya bila diterapkan secara nasional.

Hal tersebut harus didorong dengan upaya yang cukup besar. Karena sampai saat ini, jumlah dan volume usaha lembaga keuangan mikro yang berbasis syariah masih jauh dibandingkan dengan konvensional, sehingga perannya dalam perekonomian juga masih tergolong kecil.

 
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
pemberdayaan ekonomi umat melalui lembaga keuangan mikro berbasis syariah
bank indonesia
isef 2017
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
17 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
BERITA
18 March 2019 17:17:49

Gempa Lombok, Lebih dari 500 Rumah Rusak

 
BERITA
08 November 2018 08:20:36

Salimah Kalsel Gelar Silaturahim Nasional

 
BERITA
26 December 2019 13:39:52

Ini Dia Penampakan Puncak Gerhana Matahari Cincin

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga