ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 28 September 2020 | 11 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
BERITA

Kemenkes Lakukan Tes Kesehatan bagi Calon Petugas Kesehatan Haji

27 March 2019 17:20:02
Kemenkes Lakukan Tes Kesehatan bagi Calon Petugas Kesehatan Haji

ChanelMuslim.com -Kemampuan atau istitaah kesehatan tidak hanya berlaku bagi jemaah haji, akan tetapi juga harus dimiliki oleh para petugas kesehatan. Sebagai penyelenggara haji yang melayani langsung para jemaah haji Indonesia baik di tanah air maupun di tanah suci, dibutuhkan petugas kesehatan yang sehat fisik dan mental agar dapat memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang optimal.

Pusat Kesehatan Haji Kemenkes bekerjasama dengan Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes pada Senin (25/3), mengadakan tes kebugaran bagi calon Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Bidang Kesehatan Tahun 2019. Kegiatan tes kebugaran yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB diselenggarakan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto, Cianjur, Jawa Barat. Tes ini merupakan rangkaian pengujian bagi para calon PPIH.

Selain tes tersebut, juga dilakukan tes psikometri (tes MMPI), bebas narkotika, psikotropika dan zat terlarang (Napza) dan wawancara yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur Jakarta.

“Tes ini merupakan salah satu fase penerimaan petugas haji untuk memastikan kami mendapatkan petugas kesehatan yang tidak hanya kompeten tapi juga sehat jiwa dan raganya. Tubuhnya fit, mentalnya siap dan bebas dari Napza,” ujar Dr. dr. Eka Jusup Singka, Kepala Pusat Kesehatan Haji.

Sebanyak 302 peserta calon PPIH bidang kesehatan mengikuti tes kebugaran dengan metode rockport. Metode ini mengharuskan para peserta untuk berlari atau berjalan cepat sejauh 1,6 kilometer dengan kecepatan yang konstan/stabil.

Sebelum melakukan tes, seluruh peserta diukur tekanan darah, jumlah denyut nadi per menit, tinggi badan dan berat badannya oleh tim kesehatan. Data-data status kesehatan ini kemudian dicatat dalam lembar Kartu Menuju Bugar.

Usai mengikuti tes kebugaran, meski sebagian peserta mengalami kelelahan, akan tetapi seluruh peserta menjalankannya dengan penuh kesungguhan dan merasakan manfaatnya.

 
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
Senandung Akbar
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284