ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
ARSITEKTUR

Renovasi Hemat, Minimalis dan Praktis

31 January 2019 14:44:36
Renovasi Hemat Minimalis dan Praktis
Gambar Tampak Renovasi Hemat Minimalis dan Praktis

Assalaamualaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh

Pak Andan di ChanelMuslim.com , saya ingin renovasi rumah lama saya. Awal nya saya sudah bangun rumah ini namun tanpa arsitek. Akhir nya rumah saya terasa panas. Padahal sudah saya buat 4 meter tinggi bangunan nya.

Renovasi Hemat, Minimalis dan Praktis

Atap bangunan sekarang adalah dak beton. Bayangan saya dulu waktu membangun adalah persiapan untuk kelak jika dibangun 2 lantai saya tidak perlu membongkar nya lagi. Hingga hemat biaya di kemudian hari.

Namun setelah ingin melanjutkan lantai dua nya, saya bingung membuat pola ruangan nya . Apalagi jika di kaitkan dengan dana yang ada. Karena tidak banyak dana yang kami persiapkan.

Saat ini mobil hanya bisa parker di depan pintu. Dan ternyata mengganggu sekali. Jika kami pindahkan ke kiri tidak cukup. Karena mobil cukup besar. Ingin nya kami bisa masuk 2 mobil ke dalam carport.

Mohon solusi nya Pak Andan. Mungkin untuk lebih memudahkan nya, jika ada waktu Pak Andan silahkan berkunjung ke rumah kami di Puri Gading Bekasi.

Demikian pertanyaan ini kami sampaikan. Semoga bias segera mendapat tanggapan.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Kurniawan _ Puri Gading Bekasi

 

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Kurniawan di Puri Gading dan warga net sekalian. Setelah saya berkunjung ke rumah sana, Nampak memang ada beberapa kesalahan desain di lapangan yang membuat rumah ini panas. Tinggi 4 meter tidak menjamin ruangan adem. Karena sejuk atau tidak nya ruangan itu bergantung dari pola sirkulasi rumah yang baik dan benar. Saya lihat rumah bapak ini bumpet. Alias tidak mengalir udara nya.

Untuk itu area belakang yang sekarang jadi ruang cuci jemur tertutup saya ubah jadi taman. Dapur lama yang menutup ruangan saya pindahkan ke belakang. Dengan cara ini sirkulasi hawa langsung lapang dan segar.

Kamar di depan dan belakang saya pertahankan agar hemat. Hanya kamar depan saya potong agar cukup masuk mobil parkir di depan kamar tidur. Dengan cara ini maka mobil bisa masuk ke dalam carport 2 mobil. Hanya saja mobil yang ada di depan teras rumah sebaik nya city car saja yang panjang nya tidak sampai 4 meter.

Untuk lantai dua, saya buat area cuci jemur di sebelah tangga. Void yang terlalu besar saya kecilkan agar saya bisa menyelipkan service area berupa gudang, ruang cuci jemur dan balkon belakang. Pola ini membuat aliran hawa semakin bagus. Karena void akan mendapat limpahan hawa dan sinar matahari yang sehat dan segar.

Kamar tidur anak saya buat dua buah di belakang. Bersebelahan hingga jika pasang AC bisa hemat. Bisa saling berbagi dengan meletakkan indoor AC di tengah tembok pembatas kamar. Walaupun ada lorong kamar di depan nya, namun ruangan tetap terasa lapang dan sejuk karena ada balkon kecil di belakang rumah.

Untuk bagian muka rumah saya bisa masukkan ruang tidur utama dan balkon. Hingga pola ini membentuk ruangan di tengah yang berfungsi sebagai ruang keluarga dan kamar mandi yang secara jalur pipa bisa terkoneksi ke lantai satu kamar mandi lama.

Renovasi Hemat, Minimalis dan Praktis

Alhamdulillah, jadi sudah desain renovasi hemat, minimalis dan praktis kita kali ini. Dengan tampak muka yang menonjol sekali karena ada balkon dan ornament desain minimalis kaca sudut , serta permainan atap balkon dan atap carport yang terbuat dari baja ringan atau besi hollow, maka rumah ini  benar – benar tampil kekinian.

Inilah fungsi desain. Justru membuat pengeluaran jadi hemat. Sebenar nya jika dulu Pak Kurniawan membangun rumah ini dengan desain arsitek, saya berpikir malah harus nya sudah jadi penuh dua lantai. Karena ternyata strutur bangunan dan volume ruang yang ada semua nya berlebih. Hingga terjadi pemborosan yang luar biasa besar.

Renovasi Hemat, Minimalis dan Praktis

Beruntung Pak Kurniawan menyempatkan diri untuk berdiskusi dulu dengan arsitek untuk melanjutkan desain ini. Hingga bisa di temukan solusi hemat.

Renovasi Hemat, Minimalis dan Praktis

Demikian info arsitektur kita kali ini . Semoga bermanfaat.

Wassalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Ir. Andan Nadriasta – griyainsani.com

Hp wa : 0813 1901 0400

Email : andanarsitek@gmail.com

 

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
renovasi hemat minimalis dan praktis
 
BERITA LAINNYA
 
 
ARSITEKTUR
06 September 2017 11:07:10

Renovasi Rumah 2 lantai Tanpa Bongkar Bangunan Lama

 
ARSITEKTUR
08 September 2017 09:24:30

Renovasi Rumah Murah Meriah dan Hemat

 
ARSITEKTUR
31 January 2019 14:44:36

Renovasi Hemat, Minimalis dan Praktis

 
ARSITEKTUR
31 August 2017 19:23:34

Renovasi Hemat Rumah Minimalis 6 x 13,5 M

 
ARSITEKTUR
25 August 2018 18:38:55

Renovasi Muka Rumah Hanya 4 Meter

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284