ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 26 November 2020 | 11 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
ADVERTORIAL

Cara Mudah Mempelajari Tafsir Beberapa Surat di dalam Al Qur’an

18 March 2020 08:28:48
Cara Mudah Mempelajari Tafsir  Beberapa Surat di dalam Al Qur’an

Menyandang status muslim pastinya memikul beban berat di pundak. Anda bila tidak berperilaku seperti seorang muslim yang baik, maka akan mencoreng nama islam sendiri.

Untuk menjadi seorang muslim yang baik dan sejati, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan berpegang teguh dengan nilai – nilai dalam Al Qur’an dan sunnah yang mengayomi kehidupan Anda.

Berpegang teguh pada kitab suci Al Qur’an, pastinya harus memahami isinya secara detail. Cara terbaik untuk berpegang teguh dengan agama Islam dan Al Qur’an adalah dengan memahami isi dan surat – surat di dalam kitab suci ini. Setelah  memahaminya, maka tugasnya adalah  mendakwahkannya. Maka Anda insyallah akan memperoleh pahala yang besar.

Agar dapat memahami isi Al Qur’an dengan baik dan benar, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Langkah paling kongkret yang pertama adalah dengan mengikuti dakwah, kajian, ataupun pengajian yang membedah isi kitab suci Al Qur’an. Langkah kedua adalah dengan mempelajari isi Al Qur’an dengan otodidak yaitu membaca tafsiran dari sumber terpercaya. Untuk membantu Anda memahami isi Al Qur’an, inilah beberapa rekomendasi tafsiran surat – surat di dalam Al Qur’an yang bisa Anda pelajari.

Cara Mudah Mempelajari Tafsir  Beberapa Surat di dalam Al Qur’an

Surah ke-36, Yasin. Saat Anda mengikuti tahlilan atau mendoakan orang yang sakit, biasanya surah Yasin akan selalu didengungkan. Bahkan ini menjadi surah di dalam Al Qur’an yang paling terkenal dan sering dibaca. Tak ada salahnya Anda memahami isi tafsiran surah ini.

Surah ke-18, al-Kahfi. Tak hanya Surah Yasin saja, surah yang selalu dibaca saat malam Jumat adalah Surah Al Kahfi. Surah ini mempunyai kandungan dan makna yang menarik dan kaya akan makna. Pastinya Anda bisa mengamalkannya segera.

Surah ke-56, al-Waqiah. Surah ini menjadi rekomendasi selanjutnya. Surah ini biasanya dibaca secara rutin dikarenakan ada hadits yang menganjurkan kaum muslim untuk membaca dan mengamalkan surah ini secara rutin. Tafsiran surah ini juga sangat baik.

Surah ke-55, ar-Rahman. Surah Ar – Rahman menjadi salah satu surah populer di dalam Al Qur’an. Hal ini dikarenakan susunan ayat – ayat di dalamnya yang sangat indah dan menakjubkan sehingga Anda akan takjub saat membaca tafsirannya.

Surah ke-2, al-Baqarah. Surah ini pastinya sering Anda pelajari saat sekolah karena surah Al – Baqarah ini menjadi surah wajib dan umum yang harus dipelajari. Tak hanya bacaannya yang panjang, tetapi makna di dalam surah ini juga sangat istimewa. Maka Anda bisa mempelajari tafsiran surah Al – Baqarah ini secara rutin.

Surah ke-67, al-Mulk. Surah apa yang sering Anda baca saat menjelang tidur? Anda bisa membaca Surah Al-Mulk. Surah ini seringkali dibaca oleh kaum muslim saat Anda akan pergi tidur. Maka Anda bisa menghafalkannya lebih sering karena Anda pastinya sudah pasti akan tidur tiap harinya.

Surah ke-1, al-Fatihah. Inilah menjadi surah utama di dalam Al Qur’an yang menjadi bacaan wajib di dalam sholat Anda. Selain surah Al – Mulk surah ini menjadi surah yang paling sering bisa Anda hafalkan dan baca setiap harinya. Anda bisa mengamalkan bacaan di dalam surah ini dan mempelajari isinya. Dengan mengamalkannya, maka Anda akan menjadi lebih damai dan tenang dalam menjalani hidup Anda. 

Cara Mudah Mempelajari Tafsir  Beberapa Surat di dalam Al Qur’an

Surah ke-93, adh-Dhuha. Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang sering dilakukan oleh kaum muslim. Bila Anda sering melaksanakan sholat dhuha, maka Anda tak akan asing dengan Surah Adh-Dhuha. Seperti namanya, sholat ini ternyata dibaca saat menjalankan sholat sunnah Dhuha. Sebaiknya tak hanya membacanya saja, tetapi Anda bisa membaca dan menghafalkan tafsiran surah ini agar lebih afdol. 

Surah ke-78, an-Naba. Tafsiran surah yang patut dipelajari adalah Surah An-Naba. Surah ini mempunyai arti dan makna yang sangat istimewa dan juga spesial sehingga Anda pastinya akan tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam.

Surah ke-12, Yusuf. Surah ini menjadi rekomendasi terakhir yang bisa Anda baca dan pelajari. Surah ini mengandung kisah unik dan menarik di dalamnya sehingga Anda bisa memahami lebih dalam tentang surah ini. * Advetorial

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
cara mudah mempelajari tafsir beberapa surat di dalam al qur’an
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
11 November 2018 11:13:53

Ramainya Suasana Hijrah Festival di Akhir Pekan

 
ADVERTORIAL
15 March 2019 13:00:02

5 Rahasia Memasak Mudah bagi Ibu Pemula

 
ADVERTORIAL
29 May 2018 17:07:25

Kurikulum Pembelajaran Islam yang Komprehensif

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284