ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 25 Agustus 2019 | 24 Zulhijjah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

5 Pemicu Stres Pada Anak

30 March 2018 12:31:52
#parenting #ayah #bunda #anak #islam
pexels

ChanelMuslim.com - Saat ini stress tidak hanya dialami oleh orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalaminya. Sebuah survei yang dilakukan WebMD secara nasional di Amerika menemukan bahwa 72% anak-anak memiliki perilaku negatif karena stres, dan 62% anak-anak menunjukkan gejala fisik seperti sakit kepala dan sakit perut.

Yang mengkhawatirkan, tingkat stres para remaja (setingkat SMA) rata-rata ada di atas tingkat stress orang dewasa. Sebenarnya apa yang menyebabkan stress pada anak. Ada sekitar lima penyebab stress pada anak.

1.Perkembangan anak yang lebih cepat

Ini berkaitan erat dengan kemajuan teknologi. Anak-anak mengalami percepatan dalam menyerap pendidikannya. Studi yang dilakukan oleh the University of Virginia, dalam kurun waktu 1998-2015, waktu yang dibutuhkan anak TK untuk belajar membaca meningkat sebesar 25%. Sedangkan penurunan drastis terjadi pada pendidikan seni,musik, dan fisik. Ada ketidak seimbangan dari perkembangan mereka.

2.Kurangnya waktu bermain

Anak-anak jenuh dengan jadwal pelajaran yang padat. Belum lagi les tambahan yang diwajibkan orangtua kepada mereka. Ada baiknya Ayah Bunda memberi kelonggaran dan memberikan waktu kepada mereka untuk bermain dengan teman sebayanya. Ayah bunda juga perlu memperhatikan waktu istirahat mereka karena sebagian anak belum mampu mengatur diri mereka sendiri.

3.Kejenuhan media yang penuh dengan konten dewasa

Kemajuan teknologi digital saat ini lebih banyak berisi konten yang diperuntukan bagi orang dewasa. Konten yang penuh kekerasan, percintaan dewasa yang dikemas dalam sebuah tontonan yang menghibur sebenar tidak diperuntukan bagi mereka. Sayangnya dengan kemudahan akses media digital membuat mereka memuaskan rasa ingin tahu mereka dan memengaruhi cara berpikir dan gaya hidup mereka.

Pantauan dari orang tua sangat dibutuhkan di sini. Ayah bunda sebaiknya memerhatikan tontonan anak-anak dan memberi pendampingan saat anak-anak membutuhkan tontonan. Hal ini bisa membantu ayah bunda untuk mengetahui manfaat dari hiburan yang anak-anak nikmati dan sekaligus mendapatkan bahan yang bisa didiskusikan dengan mereka.

4.Tidak cukup tidur

Tekanan tugas sekolah dan daya tarik media sosial mengurangi jatah tidur anak-anak dan remaja. Gadget ternyata bisa memotongg waktu tidur anak sebanyak satu jam setiap harinya. Padahal kurang tidur dapat mempengaruhi memori, penilaian, dan suasana hati.

5.Masalah keluarga

Masalah keluarga seperti penyakit orangtua, tinggal terpisah dengan orangtua, pertengkaran dan bahkan perceraian orang tua dapat menjadi penyebab utama stres pada anak.

(Maya Agustiana)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
parenting
ayah
bunda
anak
islam
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
05 April 2018 11:24:25

Mendidik Generasi Pemberani

 
PARENTING
26 May 2018 20:00:17

Matang di Usia Akil Balig

 
PARENTING
20 September 2018 11:05:30

Cinta Allah kepada Seorang Ibu

Muslim Life Festival
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284