ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 20 Juni 2019 | 16 Syawwal 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Menjadi Teladan untuk Anak Beranjak Remaja

18 May 2019 07:50:33
orangtua,teladan,anak,remaja
pexels.com

ChanelMuslim.com - Orangtua ingin anak-anak mereka unggul dalam bidang apa pun yang mereka tekuni. Namun, kita mungkin sering bertanya-tanya apa cara terbaik untuk memotivasi anak kita. Yah, untuk memulai tema ini yang perlu kita lakukan adalah menjadi inspirasi bagi anak-anak kita. Anak-anak belajar paling banyak dari orang tua mereka, dan jika kita bersikap sebagaimana seorang panutan yang baik, sedikit banyak akan membantu membentuk masa depan anak-anak dengan cara yang positif.

Pada satu kesempatan pembicaraan tentang parenting, beberapa orangtua berbicara tentang bagaimana prilaku orangtuanya mempengaruhi kehidupan mereka. Seorang ibu bercerita tentang kehidupan masa kecilnya yang penuh dengan kenangan ayahnya yang pulang ke rumah dalam keadaan mabuk. Ada yang bercerita bagaimana perasaannya saat melihat obat-obatan terlarang dia temukan dalam saku celana ayahnya.

Yang lain bercerita tentang ibu yang abai pada kebutuhan dirinya, sementara kakak laki-lakinya selalu mendapat perlakuan istimewa. Belum lagi perlakuan ayah yang juga selalu menyepelekan ibunya. Ada seorang ayah yang selalu cemas dan tidak percaya diri saat diharuskan mengambil keputusan karena bayangan ayah yang sedang membentaknya selalu muncul dalam benaknya.

Ada banyak cerita masa kecil yang benar-benar membekas dalam diri kita yang akhirnya membentuk kepribadian kita. Seringkali tindakan-tindakan kita terhadap anak berasal dari kebiasaan yang tertanam dalam diri kita sejak kecil. Misalnya kita tahu jika membandingkan anak-anak itu akan menyakitkan hati mereka tapi karena kita besar terbiasa dengan pola suh seperti itu, maka itu terbawa pada pola asuh kita kepada anak-anak. Banyak juga dari kita berjuang untuk keluar dari bayang-bayang orangtua dan masa kecil yang kurang bahagia.

Untuk itulah kita perlu memahami esensi sejati panutan. Dengan kata-kata sederhana, panutan adalah orang-orang yang kita cari inspirasi, atau yang kita perjuangkan. Orangtua cenderung menghabiskan waktu maksimumnya dengan anak-anak mereka, dan dengan demikian mereka dapat menanamkan pikiran anak-anak dengan menjadi panutan yang ideal untuk mereka.

Mengapa penting bagi orangtua untuk menjadi teladan yang baik untuk anak-anak?

Jika Anda berpikir bahwa mengasuh anak adalah satu-satunya tanggung jawab yang harus dipenuhi orangtua, Anda mungkin salah. Membesarkan anak membawa banyak tugas dan tanggung jawab. Inilah mengapa Anda harus menjadi panutan yang baik untuk anak Anda:

Anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya bersama kita dan karenanya mereka belajar banyak dari kitaa. Dengan kata lain, anak-anak akan sangat terinspirasi oleh Anda. Sikap kita terhadap olahraga, akademisi, dan bidang kehidupan lainnya juga memengaruhi pilihan anak Anda. Pilihan siapa yang akan menjadi teman kita akan membantu anak-anak menentukan orang seperti apa yang akan bergaul dan bersahabat dengan dirinya.

Pilihan gaya hidup kita juga memengaruhi pilihan gaya hidup anak-anak. Hubungan kita dengan pasanga dan kerabat akan ikut membantu membentuk bagaimana anak-anak akan memahami suatu hubungan yang nanti akan mereka bangun dengan orang-orang yang mereka pilih.

Seorang ibu sebagai panutan atau ayah sebagai panutan akan banyak membantu dalam membentuk masa depan anak-anak. Mungkin selamanya kita sebagai orangtua tidak akan pernah menjadi manusia sempurna. Namun dengan berusaha menjadi orangtua yang bertanggung jawab penuh cinta dan kasih sayang akan membuat kita menjadi orangtua sempurna di mata anak-anak. [Maya]

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
orangtua
teladan
anak
remaja
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
23 May 2019 14:47:24

Ibadah Umrah di Bulan Ramadhan

 
PARENTING
04 April 2018 20:59:30

Kenapa Anakku Kurang Percaya Diri?

 
PARENTING
27 July 2018 07:14:15

Sinar Biru yang Berbahaya bagi Buah hati

 
PARENTING
18 April 2018 21:12:01

16 Ciri-Ciri Anak Cerdas Kinestetik

 
PARENTING
23 October 2018 17:05:30

Bendera di Tanah Airku


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284