ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 21 Agustus 2019 | 20 Zulhijjah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Masalah Anak yang Keras Kepala

15 August 2019 08:10:02
masalah,anak,keras,kepala,parenting
@mohamedabdelgaffar

ChanelMuslim.com - Mengasuh anak yang keras kepala bukanlah tugas yang mudah. Setiap hal kecil dapat berubah menjadi perjuangan setiap hari jika kita tidak menemukan solusi dengan cepat. Banyak informasi tentang cara mengendalikan perilaku anak yang keras kepala yang kita terima, tetapi setiap hari adalah tantangan baru. Mendisiplinkan anak yang keras kepala mungkin bukan solusi terbaik, kita harus mencari solusi yang lebih efektif.

Rewel Saat Makan

Sebagian besar anak-anak bisa saja cerewet dan rewel saat makan. Anak yang keras kepala bisa jadi lebih rewel dan lebih cerewet. Kita bisa menyiasati dengan menyajikan porsi kecil dari makanan yang berbeda untuk anak dan membiarkan mereka memilih apa yang ingin mereka makan lebih banyak. Kita juga bisa mencoba berkreasi dengan makanan dengan bahan –bahan bergizi Selain itu, cobalah untuk melibatkan anak menyiapkan makan bersama seperti mengatur meja. Memberi reward makanan penutup favorit jika anak menyelesaikan makanan juga dapat melancarkan acara makan bersama dengan lebih cepat.

Frustasi dengan Pekerjaan Rumah

Sebagai orangtua kita mempunyai tugas untuk mengetahui apakah anak-anak mengalami kesulitan menyelesaikan pekerjaan rumah yang ditugaskan atau kewalahan dengan jumlah yang harus ditulis atau dipelajari. Jika itu yang terjadi, kita dapat membantunya dengan membuat jadwal mencicil mengerjakan pekerjaan rumah. Beristirahat sejenak di sela-sela mengerjakan PR mungkin membuat anak-anak bisa lebih cepat menyelesaikannya daripada dalam sekali duduk. Pilihan lain adalah menggabungkannya dengan aktivitas lain. Misalnya, belajar mengeja dapat dilakukan saat kita menyirami taman bersama anak.

Adu Argumen saat Memilih Pakaian

Perselisihan yang paling popular antara anak dan orangtua adalah perselisihan saat memilih pakaian. Kita sering tidak setuju dengan cara anak memilih pakaian. Salah satu cara untuk mengurangi perselisihan adalah dengan memilah pakaian anak di dalam lemarinya. Ganti bergilir setiap dua minggu pakaian anak-anak di dalam lemari. Singkirkan pakaian yang sudah tidak layak pakai seperti yang sudah kekecilan atau rusak. Kapan saja anak ingin berganti pakaian, tata dua atau tiga pakaian yang berbeda dan minta mereka untuk memilih. Dengan cara ini, mereka senang membuat keputusan, dan orangtua tidak harus sampai sakit kepala harus beradu argument dengan anak.

Perjuangan sebelum Tidur

Saat menjelang tidur, anak malah mulai berlarian dan mencoba memompa adrenalinnya, sehingga mereka sulit tidur dengan cepat. Jadi, sekitar 30 menit sebelum lampu padam kita bisa membacakan cerita atau kisah-kisah untuk anak. Matikan televisi dan gadget di sekitar anak. Jangan lupa untuk mengajak anak bercerita tentang harinya, kemudian bimbing anak untuk berdoa dan berdzikir sebelum tidur.  [Maya]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
masalah
anak
keras
kepala
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
05 November 2018 14:45:19

Manfaat Menulis dengan Tangan

 
PARENTING
27 February 2019 07:42:29

Jangan Bersedih Jika Hanya Dikaruniai Anak Perempuan

 
PARENTING
27 March 2018 06:00:01

Awas, Rokok Mengancam Masa Depan Anak!

 
PARENTING
17 July 2018 08:49:54

Proyeksi Pendidikan Abad 21

Muslim Life Festival
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284