ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 26 November 2020 | 11 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
USTADZAH

Mush'ab bin Umair, Sahabat Remaja yang Hebat di Masa Rasulullah

16 November 2020 10:00:01
Ustazah Aan Rohanah, Muhasabah, Adab-Adab Muhasabah, parenting anak,Mush\'ab bin Umair ,
Padang Pasir (Source: PINTEREST)

ChanelMulim.com - Masa remaja termasuk masa yang potensial untuk peningkatan berbagai potensi dan keahlian anak-anak remaja. Sehingga di masa Nabi banyak terdapat remaja yang menjadi sahabatnya dan berprestasi dalam banyak hal. Ini menunjukkan bahwa para orang tua hendaknya bisa memanfaatkan usia remaja bagi anak-anaknya dengan memberikan perhatian dan pendidikan yang sebaik-baiknya.

Para sahabat remaja yang hebat di masa Rasulullah diantaranya adalah Mush'ab bin Umair. Ia seorang anak remaja berusia 18 tahun yang berwajah tampan, selalu tampil mewah dan menawan, berpakaian yang sangat mahal, selalu harum dengan berbagai parfum yang mahal .

Ia menjadi impian para gadis di masanya. Hidupnya selalu senang bergelimang dengan kemewahan dan sangat dimanjakan oleh orang tuanya.

Namun secara diam-diam Mush'ab sering hadir di majlis Rasulullah di rumah Arqam bin Arqam hingga tersentuh hatinya dan memeluk ajaran Islam. Ibunya yang musyrik sangat marah saat mengetahui Mush'ab sudah masuk Islam.

Maka ibunya mengurung Mush'ab dan menyiksanya di dalam kamar agar dia meninggalkan Islam. Namun Mush'ab tetap istiqamah dengan Islam sekalipun ibunya mogok makan berhari-hari untuk meluluhkan hatinya.

Akhirnya Mush'ab diusir dari rumah orang tuanya. Setelah itu Mush'ab menjadi berubah penampilannya seperi orang miskin yang susah hidupnya, namun ia tetap istiqamah dan terus belajar tentang Islam kepada Rasulullah hingga suatu saat Rasulullah mengutusnya menjadi duta pertama dakwah ke Madinah untuk menyampaikan ajaran Islam.

Suatu saat Rasulullah diperintahkan Allah hijrah ke Madinah, Mush'ab telah berhasil dakwahnya kepada sejumlah keluarga sehingga ia dapat menyiapkan lingkungan yang kondusif bagi hijrahnya Rasulullah ke Madinah.

Mush'ab ikut bergabung dalam perang uhud bersama Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam. Ia membentengi Rasulullah dari serangan musuh sambil memegang bendera, namun tangannya diserang musuh hingga terputus, maka ia pindahkan bendera ke tangan yang satunya namun tangan itupun diserang pedang musuh hingga terputus pula, ia tetap gigih maka bendera dijepit oleh ketiaknya dan tiba-tiba ada musuh yang memanah dadanya hingga syahid. Saat itu kain kafannya hanya burdah dan rumput idzkhir.

Catatan Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag

di akun instagramnya @aanrohanah_16. Ustazah Aan Rohanah adalah perempuan yang Peduli Keluarga dan Pendidikan Anak

[jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ustazah aan rohanah
muhasabah
adab-adab muhasabah
parenting anak
mush\'ab bin umair
 
BERITA LAINNYA
 
 
USTADZAH
29 January 2018 03:12:47

Keajaiban Doa

 
USTADZAH
12 December 2019 08:00:01

7 Ancaman Dahsyat bagi yang Suka Meremehkan Dosa

 
USTADZAH
09 July 2018 06:50:50

Ini 5 Sifat dan Sikap Ketika Jadi Wali Santri

 
USTADZAH
24 May 2019 07:57:19

Keluarga Islami Tegar Memperjuangkan Misi

 
USTADZAH
25 November 2019 09:53:44

Kisah Ustazah Meninggalkan Anak-Anak di Jalan Dakwah

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284