ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 29 September 2020 | 12 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
USTADZAH

Menjadi Ibu dan Istri seperti Ummu Aiman

25 February 2019 16:01:14
Menjadi Ibu dan Istri seperti Ummu Aiman
Foto: @aanrohanah_16

ChanelMuslim.com - Setelah Bunda Aminah wafat, maka Ummu Aiman sebagai ibu ke-2 bagi Rasulullah. Beliau sangat tulus memberikan perhatian, pengorbanan, cinta dan kasih sayang kepada Rasulullah dan juga kepada anak-anaknya, yaitu Aiman dan Usamah bin Zaid. Beliau sukses menjaga Rasulullah sebagaimana beliau juga sukses mendidik anak-anaknya.

Beliau sangat tegar dan sabar sebagai istri. Beliau rela berpisah dengan suaminya yang pertama (Ubaid bin Harits) yang menolak masuk Islam. Kemudian menikah lagi dengan Zaed bin Haritsah, beliau sabar ditinggalkan suaminya 9x memimpin pasukan yang dikirim oleh Rasulullah, dan jika Rasulullah pergi ke Medan jihad, maka Zaed bin Haritsah atas perintah Rasulullah juga sibuk menggantikan kesibukan Rasulullah di Madinah.

Saat tiba perang Mu'tah, Rasulullah mengangkat Zaed sebagai panglima perang, pada perang Mu'tah ini Zaed gugur dan syahid. Hal ini diterima dengan sabar oleh Ummu Aiman dan berdoa. Semoga suaminya diterima Allah sebagai syahid.

Ummu Aiman rajin shaum Sunnah hingga dalam perjalanan hijrahpun ke Madinah dalam keadaan shaum, disaat dia sangat haus dan sangat lemah hingga hampir jatuh lunglai tiba-tiba ada seember air yang turun dari langit dan langsung beliau minum sehingga beliau tidak haus lagi sampai ke Madinah.

Beliau selalu membersamai perjuangan Rasulullah bersama kedua anaknya, seperti dalam perang Hunaen, yang saat terdesak sahabat banyak yang mundur, tapi Aiman tetap tegar di barisan terdepan bersama Rasulullah menyerang musuh dengan gagah berani hingga beliau gugur dan syahid, keberaniannya dalam perang ini menjadi simbol keberanian prajurit. Ummu Aiman bersikap tegar dan sabar melihat anaknya syahid hanya berdoa semoga Allah menerimanya sebagai syahid.

Rasulullah mengirim pasukan besar untuk menyerang Romawi yang telah menyerang wilayah Islam, dimana Usamah bin Zaid sebagai panglimanya, namun mereka mendapatkan berita bahwa Rasulullah sakit sangat parah. Akhirnya mereka kembali ke Madinah dan ternyata setelah sampai Madinah Rasulullah wafat. Kemudian Khalifah Abu Bakar mengirim pasukan tersebut dengan panglimanya Usamah.

Cinta Ummu Aiman yang besar kepada Alquran membuat beliau sering menangis setelah Rasulullah wafat, karena wahyu Allah berhenti. Itulah Ummu Aiman teladan sejati bagi para muslimah.

Catatan Ustazah Aan Rohanah di akun Instagram pada 22 Februari 2019.

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
USTADZAH
19 September 2019 06:29:30

Dakwah dengan Keteladanan

 
USTADZAH
13 November 2018 08:00:02

Meninggalkan Najwa

 
USTADZAH
27 September 2018 16:08:11

Menjaga Nilai-Nilai Islam

 
USTADZAH
24 November 2017 04:57:33

Tetangga Oh Tetangga

 
USTADZAH
03 May 2018 06:18:12

Rumah Tangga nan Seimbang dan Harmonis

Senandung Akbar
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284