ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 29 November 2020 | 14 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
USTADZAH

5 Bantuan Orang Tua yang Dibutuhkan Anak Remaja

08 November 2020 08:30:01
Ustazah Aan Rohanah, akhlak mulia keluarga, Keluarga Muslim, , suami istri, , pendidikan Remaja
Ilustrasi Tangga (Source: Shape Magazine)

ChanelMuslim.com - Biasanya anak remaja laki-laki atau perempuan ingin berpenampilan rapih, serasi dan menarik. Selain itu keberadaannya ingin eksis di tengah teman-teman sebaya dan lingkungan pergaulannya.

Namun tidak semua teman dan lingkungan bisa meluruskan jiwanya yang masih labil dan mudah terpengaruh tidak hanya oleh hal-hal positif bahkan juga oleh hal-hal yg negatif.

Terlebih lagi dalam dunia remaja ada hal-hal kritis dan rawan yang perlu pendampingan dan penguatan jiwa seta motivasi untuk berani dan percaya diri dari orang tuanya. Seperti saat stress, dibully, ditekan dan diancam teman, serta kuatnya pengaruh buruk dari teman dan linkungan yang tidak baik.

Anak remaja juga perlu diberikan motivasi utk berpegang pada norma-norma agama, apresiasi, arahan, nasihat dan pelurusan dari orang tua disaat:

1. Ingin berpenampilan menarik dan sesuai dengan trend anak remaja tapi tidak melanggar norma-norma agama baik dalam berpakaian, memilih makanan/ minuman dan membentuk tubuh yang ideal.

2. Melanjutkan sekolah yang tepat & berkualitas sehingga perlu dibantu memilih sekolah yang sistem pembelajaran dan lingkungannya mendukung pada pertumbuhan kepribadian dan pemikirannya.

3. Mengembangkan semua potensi dan bakat serta berprestasi. Agar bisa memanfaatkan masa remaja sebagai masa emas dalam mempersiapkan masa depan yang cemerlang.

4. Mulai tertarik dan tumbuh rasa simpatik serta sayang terhadap lawan jenis namun harus dikendalikan dan menjaga adab-adab pergaulan sehingga tidak melakukan pelanggaran.

5. Membutuhkan hiburan dan menggunakan gadget dan internet agar tidak berlebihan serta bisa memilih yang positif dan bermanfaat saja.

Maka orang tua harus bersabar, bersikap lembut dan bijak serta pandai menggunakan logika dengan landasan nilai agama dalam memberikan pendampingan, motivasi, apresiasi, nasihat, bimbingan, arahan dan pelurusan kepada anak dalam usia remaja agar bisa disiapkan menjadi orang yang benar-benar dewasa.

Catatan Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag

di akun instagramnya @aanrohanah_16. Ustazah Aan Rohanah adalah perempuan yang Peduli Keluarga dan Pendidikan Anak

[jwt]

,

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ustazah aan rohanah
akhlak mulia keluarga
keluarga muslim
suami istri
pendidikan remaja
 
BERITA LAINNYA
 
 
USTADZAH
29 October 2018 08:00:02

Karakter Pemuda Muslim

 
 
USTADZAH
24 November 2020 08:00:02

10 Manfaat Ketika Orang Tua Bermain dengan Anak

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284