ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 24 Oktober 2019 | 25 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TIPS

Tips Atur Pola Makan Selama Ramadan

07 May 2019 12:00:03
Atur pola makan, puasa, ramadan tips,
Makanan sehat (Source: healthy AARP)

ChanelMuslim.com - Jangan sampai karena kita sudah menahan lapar dan haus kita tidak mengatur pola makan kita saat berbuka. Percayalah puasa bukan sekedar menahan lapar dan haus saja tetapi puasa adalah taqwa.

Jangan sampai puasa kita tidak bisa dilanjutkan maksimal karena pola makan tersebut. Agar puasa kita lancar dan tubuh sehat serta semangat. Berikut 7

5 tips mengatur pola makan selama puasa dikutip laman Emirates247:

1. Berbukalah dengan yang manis

Tips Atur Pola Makan Selama Ramadan

Berbukalah dengan yang manis. (Foto: Thinkstock)

Mengkonsumsi kurma dapat menjadi pilihan yang tepat. Kurma mengandung sumber gula yang sangat penting yang dapat mengisi energi Anda yang telah hilang selama berjam-jam puasa. Kandungan kaya serat dalam kurma juga dapat mengatur pencernaan Anda. Tak hanya itu, kurma juga kaya akan magnesium dan kalium.

2. Minum Air Putih

Konsumsi air putih secara cukup setelah berbuka puasa adalah solusi agar puasa lancar. Pastikan minum sebanyak delapan gelas air putih sepanjang Sahur, berbuka, tarawih dan santap malam serta hendak nmai tidur.

3. Kontrol makanan saat buka puasa

Saat berbuka puasa seringkali kita ingin melahap segala jenis makanan dan minuman yang ada di depan mata. Alhasil makan secara kalap pun tak dapat dihindari. Namun, kebiasaan yang satu ini tidak baik bagi tubuh karena dapat membuat perut sakit.

Biasakan untuk menyantap sajian berbuka secara perlahan. Dimulai dari minum air putih, diikuti dengan sup hangat atau buah, barulah menyantap makanan utama. Dan ingat, lakukan secara perlahan dengan jarak waktu tertentu untuk mencerna makanan tersebut.

4. Makanan sehat

Saat berpuasa baiknya hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak. Pastikan dalam menu berbuka kita memilih makanan kaya protein seperti susu, telur, daging dan lain-lain. Hal ini penting bagi pertumbuhan sel tubuh dan dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Jika seorang peminum kopi, coba untuk kurangi konsumsi kopi. Meminum kopi terlalu intens saat Ramadan dapat menyebabkan sakit kepala.

5. Atur Pola Makan

Saat berpuasa, jadwal makan tentunya menjadi berubah. Bagi pola makan menjadi tiga kali dalam semalam, yaitu waktu berbuka, tengah malam, dan sahur. Oleh karena itu kita harus cermat dalam membagi porsi makan sehari-hari. Pastikan makanan yang disantap terdiri atas karbohidrat, daging tanpa lemak, protein, sayuran, dan buah-buahan.

Semoga bermanfaat. [Jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
atur pola makan
puasa
ramadan tips
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
07 October 2018 08:00:02

5 Tips Cepat Membuat Salad yang Enak

 
The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284