ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 06 Juni 2020 | 15 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Mam, Lakukan 5 Tips Berikut agar Anak Tidak Stres Hadapi Ujian Nasional!

26 March 2019 15:03:09
Mam, Lakukan 5 Tips Berikut agar Anak Tidak Stres Hadapi Ujian Nasional!
Foto: Kumparan

ChanelMuslim.com – Pekan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah dimulai. Mam, pasti ikutan khawatir melihat wajah-wajah cemas buah hati. Apalagi cemas itu bisa berisiko tinggi menjadi stress. Tentu Mam tidak ingin melihat anak tersayang mengalaminya. Berikut ini 5 tips yang harus Mam lakukan agar anak tidak stress menghadapi ujian nasional.

1. Atur Waktu Belajar

Keterampiln manajeman waktu selalu bisa diandalkan dalam segala kondisi. Mam, harus mulai mengajarkan pada anak untuk mengatur waktu terutama dalam perihal belajar. Jangan biarkan anak menghadapi ujian nasional dengan system belajar kebut semalam ya, Mam!

2. Rileksasi dengan Olahraga Ringan

Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan dari menghirup udara segar pagi hari. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa udara dan kondisi di pagi hari sangat tepat untuk melakukan rileksasi. Maka, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk membantu menenangkan rasa cemas anak. Mam bisa menerapkannya sekaligus melakukan olahraga ringan bersama-sama. Dijamin anak akan tenang dan segar.

3. Makan Makanan Bergizi

Stres rupanya bisa disebabkan juga karena kekurangan asupan makanan yang bergizi. Makanan bergizi tentu memenuhi semua zat yang dibutuhkan tubuh. Mulai dri karbohidrat, protein hingga zat besi. Mam, juga bisa menambahkan dengan memberi sebatang coklat pada anak sebelum berangkat ke sekolah. Terlebih coklat hitam, karena mengonsumsi coklat hitam yang memiliki kadar lebih dari 70 persen kakao bisa mengurangi hormon stres dalam tubuh dan menimbulkan efek rileks. Coklat hitam juga bisa melepas endorfin yang bertindak sebagai penangkal stres alami.

4. Tidur Nyenyak

Tidak sedikit anak yang akhirnya kesulitan untuk tidur karena rasa cemas menghadapi ujian besok harinya. Namun, Mam harus tetap memperhatikan agar anak bisa tidur nyenyak. Mam bisa mulai dengan menutup buku pelajaran dan mengantarkan anak ke tempat tidurnya. Pasalnya, anak  akan rela mengorbankan waktu tidur untuk belajar. Padahal, istirahat yang nyenyak juga penting. Tidur bisa membantu otak anak untuk mengasimilasi pengetahuan baru ke ingatan jangka panjang.

5. Berdoa di Sepertiga Malam

Rasa cemas bisa menjadi andalan Mam untuk meningkatkan kualitas keimanan anak. Mam bisa membangunkan anak di sepertiga malam untuk shalat kemudian berdoa bersama. Suasana sepertiga malam akan membantu anak lebih tenang dan menghindarkan dari stress akibat ujian. Ajak anak untuk lebih bertawakal pada Sang Pencipta.

Itulah ulasan tentang tips yang harus Mam lakukan agar anak tidak stress menghadapi ujian nasional. Mam, tetaplah menjadi penyemangat terbaik bagi anak. Selamat mencoba! (Wnd)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284