ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Agar Selalu Bersih dan Tahan Lama, Ini Tips Merawat Rice Cooker di Rumah

23 September 2020 08:30:01
Tips dapur, tips merawat rice cooker,
Pinterest

ChanelMuslim.com - Rice Cooker atau alat penanak nasi merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang paling penting dimiliki. Bahkan sekarang fungsi rice cooker tidak hanya sebagai penanak nasi tetapi sudah mulai bertransformasi menjadi alat Smart Cooker yang bisa memasak, menumis, memanggang dan fungi memasak lainnya.

Tapi kadang, setelah memiliki kita jarang merawat dengan baik sehingga sering tidak awet karena rusak padahal bisa digunakan dalam waktu lama jika dirawat dengan baik.

Nah, berikut tips membersihkan rice cooker agar awet:

1. Pastikan Rice Cooker dalam Keadaan Sudah Dicabut Listrik dan Dingin

Biasanya rice cooker jika dalam kondisi dihidupkan akan mengeluarkan panas sehingga saat akan membersihkan jangan langsung dibersihkan tetapi pastikan sudah mencabut listriknya dan sudah dalam keadaan dingin.

Agar Selalu Bersih dan Tahan Lama, Ini Tips Merawat Rice Cooker di Rumah Tiger Corporation

2. Keluarkan panci rice cooker dan bersihkan

Rendam panci bekas memasak nasi dengan air hangat selama beberapa jam atau semalaman. Dengan merendam pot, sisa-sisa nasi yang menempel dapat dibersihkan dengan lebih mudah.

Selanjutnya, cuci pot yang sudah direndam dengan sabun cuci piring atau menggunakan campuran cuka dan air. Selama mencuci, pastikan juga tidak ada kerak nasi yang tersisa.

Gunakan spons yang lembut saat membersihkan dan jangan lupa keringkan.

3. Membersihkan bagian dalam rice cooker

Bagian dalam rice cooker berguna sebagai pengantar panas untuk memasak nasi di pot. Bagian ini tidak mudah kotor, namun jika butuh dibersihkan, maka tinggal menggunakan spons atau kain serta sedikit sabun.

Jangan gunakan bahan kasar atau abrasif seperti bubuk gosok atau sikat yang dapat meninggalkan goresan. Hindari juga penggunaan cuka untuk membersihkan bagian rice cooker ini. Selanjutnya, lap menggunakan kain basah bagian dalam rice cooker dan jangan sampai meninggalkan residu sabun. Pastikan mengeringkan bagian ini dengan benar sebelum menggunakan kembali.

Agar Selalu Bersih dan Tahan Lama, Ini Tips Merawat Rice Cooker di Rumah Tiger Corporation

4. Bersihkan bagian luar rice cooker

Bersihkan bagian luar rice cooker menggunakan campuran air dan bubuk soda kue, atau cukup menggunakan spons dan lap bersih.

Pastikan jangan sampai air pembersih masuk ke bagian yang rawan seperti colokan listrik. Air dapat dengan mudah merusak komponen listrik tersebut.

5. Pastikan Rice Cooker Aman

Sebelum mulai menggunakan rice cooker kembali, pastikan sudah kering total setelah dibersihkan. Biarkan beberapa jam, diamkan atau diangin-anginkan di udara terbuka.

Begitu juga saat ingin menggunakannya lagi, pastikan komponen-komponen rice cooker kembali terpasang dengan benar dan tidak basah.

Bersihkan rice cooker sekali dua Minggu agar rice cooker awet dan dalam kondisi bersih. Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips dapur
tips merawat rice cooker
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
13 September 2020 08:00:01

Mengenal Enam Jenis Tahu yang Populer di Indonesia

 
TIPS
17 September 2018 11:00:01

Tips Bersihkan Wajan Gosong Agar Kinclong Kembali

 
TIPS
10 January 2019 16:38:03

Tips Memasak Beras Merah agar Pulen dan Lembut

 
Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284