ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 15 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SYARIAH

Pemakaman Mualaf

04 October 2020 06:59:13
Pemakaman Mualaf
Pemakaman Mualaf

oleh: Ustaz Abdullah Haidir, Lc.

ChanelMuslim.com - Kalau kita dapat info, seorang Mualaf belum berkeluarga meninggal dunia, dan pemakaman diurus keluarga dengan bukan Islam. Bagaimana sebaiknya menyikapinya? Pemakaman di urus secara nonmuslim. Sudah di kebumikan secara nonmuslim, tidak ada fardhu kifayah.

Jawaban:

Jika benar orang tersebut telah masuk Islam dan kemudian wafat dalam keadaan masih membawa iman dan Islam, maka insya Allah dia tetap mendapatkan janji kebaikan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala berupa pahala dan surga akhirat.

Adapun perkara penyelenggaraan jenazah terhadapnya, mestinya memang sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi orang yang beriman yaitu dimandikan, dikafani, dishalatkan dan dikuburkan. Ketentuan ini tentu saja wajib bagi kaum muslimin yang hidup yang tinggal di sekitarnya. Jika ternyata jenazahnya sudah diurus dengan pengurusan di luar syariat Islam atau berdasarkan agama lain, Insya Allah hal itu tidak mempengaruhi muallaf tersebut di hadapan Allah sepanjang dia benar-benar wafat dengan membawa keimanan yang tulus.

Yang bermasalah adalah kaum muslimin yang ada di sekitarnya. Jika mereka lalai, maka mereka berdosa. Namun kalau ternyata kaum muslimin yang ada di sekitarnya tidak berdaya apa-apa atau tidak mengetahui kejadian tersebut, maka mereka pun tidak menanggung apa-apa, apalagi ternyata jenazah sudah dikubur. Maka tidak ada yang harus dilakukan kecuali kita memohonkan ampun dan rahmat kepada Allah atas saudara kita yang mualaf tadi. Semoga Allah ampuni dan rahmati di alam kuburnya mungkin. Yang mungkin dapat dilakukan adalah melakukan shalat gaib untuknya.

Hal ini berdasarkan apa yang dilakukan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika Raja Najasyi wafat maka beliau meminta para sahabat melakukan salat gaib untuk raja tersebut (muttafaq alaih). Para ulama mengatakan kemungkinan raja tersebut wafat dalam keadaan tidak ada yang menyalatkannya karena saat itu kerajaan najasy masih didominasi oleh kaum Nasrani.

Wallahu a'lam.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
pemakaman mualaf
 
BERITA LAINNYA
 
 
SYARIAH
05 September 2020 18:46:17

Status Amplop Kondangan dan Utang

 
SYARIAH
18 May 2019 22:26:53

Tidur Setelah Shalat Subuh

 
SYARIAH
30 April 2020 22:39:12

Melawan Penyakit Waswas

 
SYARIAH
26 January 2019 21:33:01

Hukum Penderita Stoma Menjadi Imam Shalat

 
SYARIAH
07 July 2019 21:14:50

Aqiqah Dulu atau Berkurban?

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284