ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 30 Oktober 2020 | 14 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SEKOLAH

Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

06 September 2020 16:48:10
Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat
Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

ChanelMuslim.com - Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) bisa dibilang adalah salah satu program pertukaran pelajar untuk siswa dan siswi SMA dalam mewujudkan impiannya pergi ke Amerika Serikat. Sudah banyak pelajar yang menerima beasiswa penuh dari program ini. Selain beasiswa yang diberikan sangat lengkap, program ini juga sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan soft skills yang akhir-akhir ini bahkan sampai beberapa tahun ke depan akan selalu dibutuhkan.

Cakupan Beasiswa:

1. US Visa

2. Tiket pesawat PP Indonesia-Amerika Serikat (AS)

3. Penempatan di keluarga angkat dan SMA di AS

4. Asuransi kesehatan

5. Uang saku bulanan

6. Biaya perjalanan lokal

7. Program Pengayaan

8. Orientasi di Indonesia dan AS

Persyaratan:

1. Tahun ini diutamakan bagi peserta kelas XI SMA/SMK/MA/Pesantren sederajat, namun peserta kelas X tetap boleh mendaftar.

2. Lahir antara tanggal 1 Januari 2004 s.d. 1 Agustus 2005.

3. Pilihan negara tujuan: Amerika Serikat.

4. Merupakan Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan akte kelahiran.

5. Mempunyai nilai rata-rata rapor minimal 80 untuk semua mata pelajaran. Untuk pelajar kelas X bisa menggunakan nilai rapor SMP.

6. Diizinkan dan mendapatkan persetujuan dari orang tua dan sekolah.

7. Merupakan siswa/i yang aktif dan berprestasi dalam bidang akademik atau non-akademik di organisasi/kegiatan sekolah/luar sekolah (khususnya dalam lima tahun terakhir dan dibuktikan dengan salinan sertifikat atau surat keterangan)

a. Prestasi bidang akademik dan non-akademik minimal di tingkat kota/daerah

b. Merupakan OSIS dan/atau MPK (ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara)

8. Tinggal dan bersekolah di Indonesia ketika mendaftar seleksi, dan akan kembali ke sekolah tersebut ketika program berakhir.

9. Tidak mempunyai paspor Amerika Serikat (AS), tidak lahir di AS, dan salah satu atau kedua orang tua bukan merupakan Warga Negara AS.

10. Sehat jasmani dan rohani (siswa difabel juga dapat mendaftar program YES)

Cara Mendaftar Program Pertukaran:

1. Untuk mendaftar Pertukaran Pelajar SMA/Sederajat ke Luar Negeri Program YES, peserta dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: seleksi.bina-antarbudaya.or.id.

2. Pilih Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study.

3. Klik tulisan Masuk/Daftar. Jika belum mempunyai akun, klik tulisan Daftar disini.

4. Buat akun dengan mengisi data diri yang diminta. Untuk pilihan Chapter, pilih sesuai atau yang terdekat dengan daerah domisili.

5. Aktifkan akun dengan memverifikasi melalui link yang dikirimkan ke email. Jika tidak ada di inbox/kotak masuk, cek di spam. Jika masih tidak bisa, coba clear cache/ganti browser lain.

6. Selanjutnya login kembali pada link website: http://seleksi.bina-antarbudaya.or.id, dengan menggunakan username dan password yang sudah dibuat.

7. Masukkan data-data yang diminta dalam formulir pendaftaran online sesuai petunjuk. Lakukan berurutan dan jangan lupa menyimpan tiap kali menyelesaikan satu bagian.

8. Setelah semua data selesai diisi dan sudah yakin tidak akan berubah dan dikoreksi lagi, silakan lakukan finalisasi. Ingat, setelah finalisasi, data yang sudah dimasukkan tidak dapat diubah lagi.

9. Lanjutkan dengan Download Berkas. Peserta harus mendownload berkas-berkas Surat Izin Orang Tua, Surat Izin Sekolah, Surat Rekomendasi (ada 3 dokumen). Seluruh dokumen tersebut harus diisi dan dilengkapi.

10. Kemudian Upload Berkas, semua dokumen yang sudah dilengkapi, diupload disini, sesuai dengan tempatnya (Sertifikat, Piagam, Akta Kelahiran, Salinan Raport, Salinan Ijazah).

11. Jika sudah lengkap, silakan tunggu email notifikasi yang menandakan bahwa berkas pendaftaran sudah diverifikasi dan peserta bisa mengikuti seleksi.

12. Setelah berkas diverifikasi, peserta dapat kembali login dan mengunduh Kartu Tanda Peserta dan Berkas Pendaftaran di bagian Download Berkas.

Batas waktu pendaftaran Program Pertukaran Pelajar SMA/Sederajat KL-YES sampai dengan 13 September 2020.

Informasi lebih lanjut mengenai Program Pertukaran Pelajar SMA/Sederajat ke Amerika Serikat dapat menghubungi chapter-chapter Bina Antarbudaya (per daerah) yang tersedia pada link website berikut:

http://seleksi.bina-antarbudaya.or.id.

Sumber informasi resmi: https://afsindonesia.org.[ind/Camus]

Sumber: indbeasiswa.com

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
beasiswa pertukaran pelajar ke amerika serikat
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284