ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 30 September 2020 | 13 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Guru yang Merasa Dirinya Pintar

20 January 2020 06:49:13
Guru yang Merasa Dirinya Pintar
Guru yang Merasa Dirinya Pintar

ChanelMuslim.com - Beberapa waktu lalu, saya bertanya kepada para mahasiswi yang kebetulan 80% dari mereka sudah menjadi guru baik di PAUD, RA juga TK.

Jika Anda semua menemukan seorang anak yang menggambar corat coret lalu ketika Anda bertanya itu gambar apa, murid Anda menjawab itu gambar mobil. Apa yang akan Anda lakukan?

Sontak para mahasiswi ini tertawa.

"Oh, oke jadi Anda semua mentertawakan murid Anda, ya kan?", lalu apalagi yang akan Anda lakukan.

Salah satu mahasiswi bicara, "Nak, itu bukan gambar mobil, nih, begini gambar mobil", lalu saya akan memberikan contoh gambar mobil yang benar bu", ujarnya dengan penuh percaya diri.

"Baiklah, Anda semua melakukan hal yang sama?" Mereka diam. "Ayo, jujurlah", ujar saya. Mereka semua kembali tertawa.

"Anda merasa sudah melakukan hal yang benar versi Anda bukan? Mengoreksi murid Anda lalu memberikan contoh gambar mobil yang sebenarnya, bukan coretan seperti yang murid Anda buat?", tanya saya. Semua diam.

"Tahukah Anda, apa yang Anda lakukan adalah salah. Anda sebagai guru sangat kejam, menyedihkan sekali nasib murid-murid Anda sejak dini sudah di-bully oleh gurunya sendiri. Karyanya ditertawakan, dianggap salah padahal dia baru saja memulai memberanikan diri untuk membuat karya di usia sekecil itu".

"Anda merasa jadi guru yang hebat bukan, serba bisa dan serba tahu? Memberi contoh gambar mobil yang benar, padahal gambar Anda belum tentu bagus dan sempurna jika disodorkan kepada seorang ahli gambar".

Anda tahu, akibat ulah kita para guru yang sok pintar, sok jago, sok serba paling tau hari ini, mem-bully murid tanpa sadar, murid kita tidak mau lagi belajar. Murid kita merasa putus asa dan merasa diabaikan. Selalu disalahkan. Ingat kasus terbaru anak SMP yang lompat dari lantai 4? Jiwa-jiwa hampa tak tersentuh kasih sayang manusia dewasa. Di rumah, di sekolah, di lingkungan merasa terabaikan.

Lalu, apa yang seharusnya guru lakukan? Hasil gambar murid babycare kami namanya Agniya, ketika dia lapor gambarnya sudah selesai guru akan bicara, "Alhamdulillah, sudah selesai jurnalnya, bu guru melihat garis lengkung banyak sekali, garis tidak putus, gambar apa ini Neng?" Dia menjawab, "Singa". "Oh baiklah, Agniya menggambar Singa, bu guru tulis ya S I N G A, selamat Agniya sudah tuntas jurnalnya", kemudian guru menyalami muridnya.

Guru berkata jujur, menyampaikan fakta bahwa yang nampak adalah garis tak putus, garis lengkung. Namun ketika anak itu menyebut singa, guru mengapresiasi dia tanpa menyalahkan dia sedikit pun. Kelak, dia akan menggambar singa persis seperti aslinya.

Semua mahasiswi itu melongo, tak menyangka saya akan berkata demikian.

Nanti saya post lagi cerita semacam ini, setelah Agniya besar dan dia menggambar singa seperti singa sebenarnya yaaaa...biasanya kita tak percaya jika belum ada bukti nyata bukan?[ind]

Ditulis oleh: Widianingsih

Judul asli: Guminter

Sumber:

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2791436510879328&id=100000390191829

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
guru yang merasa dirinya pintar
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
PARENTING
12 April 2019 10:57:35

Audrey, Gambaran Generasi Milenial yang Kebablasan

Senandung Akbar
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284