ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Guru Dipukul Disebut Guyon, Bagaimana Adab Murid Terhadap Guru?

14 November 2018 07:19:04
#adab #murid #terhadapguru
pexels.com

ChanelMuslim.com – Sepekan lalu, jagat maya ramai memperbincangkan video seorang guru

SMK dikeroyok oleh murid-muridnya. Pada video yang viral itu terlihat beberapa murid menendang gurunya dan dibalas oleh sang guru.

Kejadian dalam rekaman video tersebut terjadi di SMK NU 03 Kaliwungi, Kabupaten Kendal, pada 8 November 2018 saat mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif yang diajar oleh Joko Susilo.

Dalam keterangan resminya, Kepala Sekolah Muhaidin mengatakan bahwa yang dilakukan oleh murid-murid kelas X Jurusan Teknik Kendaraaan Ringan (TKR) itu hanya bercanda.

“Pada jam 13.00 menjelang berakhirnya jam pelajaran tersebut, anak-anak ramai bercanda. Ada yang saling melempar kertas dan salah satu kertas tersebut ada yang mengenai Pak Joko. Selanjutnya Pak Joko meminta anak-anak untuk mengaku siapa yang melempar kertas tersebut. Tidak ada anak yang mengaku, tetapi justru beberapa anak maju ke depan kelas untuk bercanda, dengan harapan agar Pak Joko tidak marah-marah karena pada dasarnya Pak Joko adalah guru yang suka bercanda dengan anak-anak pada saat pembelajaran,” ungkap Muhaidin seperti dikutip oleh tirto.id.

Muhaidin menambahkan bahwa tindakan murid-muridnya tersebut ditanggapi reaktif oleh sang guru dengan melakukan gerakan seperti mengajak berkelahi, sehingga anak-anak itu menyentuh tubuh Joko dan memberi kesan terjadi pengeroyokan.

Ia juga mengatakan bahwa video itu beredar setelah seorang siswa merekam dan memasukkan ke dalam fitur Whatsapp Story.

“Kami sangat menyadari bahwa guyonan tersebut melampaui batas wajar, dan oleh pihak sekolah sudah melakukan penanganan terhadap semua anak yang terlibat dalam video tersebut pada hari Sabtu, 10 November 2018 dan akan ditindaklanjuti dengan pemanggilan kepada orangtua pada hari Senin, 12 November 2018,” ujar Muhaidin.

Meski kepala sekolah telah menyampaikan bahwa yang dilakukan oleh siswanya itu adalah bercanda, warganet menganggap guyonan itu sudah kelewat batas. Sebuah akun twitter @YolaDamayanti menuliskan, Kadis Pendidikan Jateng kok kekeuh bilang video viral murid keroyok guru sebagai guyonan, ini zaman apa sih ampe guyon ma guru kek gitu #koplaks

Adab Murid Terhadap Guru menurut Ta’alim Muta’alim karya Sheikh Az-Zarnuji:

1. Murid senantiasa bersikap santun, hormat dan patuh selama tidak bermaksiat kepada Allah

Salah satu cara menghormati guru adalah tidak kencang berjalan di depannya, tidak duduk di tempatnya, tidak memulai percakapan dengannya kecuali atas izinnya, tidak memperbanyak omongan di sisinya, tidak menanyakan sesuatu ketika ia sudah bosan, menjaga waktu dan tidak mengetuk pintu rumah atau kamarnya, tetapi harus menunggu sampai ia keluar. Kesimpulannya seorang murid harus berusaha mendapatkan ridhonya, menghindari kemurkaannya dan patuh kepadanya selain dalam perbuatan maksiat kepada Allah SWT, sebab tidak boleh patuh kepada makhluk untuk melakukan perbuatan maksiat kepada pencipta.

2. Menganggapnya sebagai keluarga

Juga salah satu cara menghormati guru adalah menghormat anak-anaknya dan orang yang mempunyai hubungan dengannya. Guru kami Syaikhul Islam Burhanuddin Hidayah pernah bercerita, bahwa seorang ulama besar dari Bukhara sedang duduk dalam suatu majelis pengajian, sesekali ia berdiri dan duduk lagi. Ketika ditanyakan kepadanya mengenai sikapnya itu. Ia menjawab, “Sesungguhnya putra guruku sedang bermain bersama anak-anak lain di halaman rumah, setiap kali aku melihatnya, aku berdiri sebagai penghormatanku pada guruku”.

Hakim Agung Fahruddin al-Rasabandi seorang pemimpin para imam di Marwa sangat dihormati oleh sultan (raja) ia berkata, ”Saya dapat merasakan kedudukan ini karena berkah hormat saya kepada guru saya melayani guru saya, yaitu Abu Yazidad-Dabusi. Saya memasak makanan untuk beliau dan saya tidak ikut memakannya.”

3. Jangan membuat hatinya sakit

Maka barang siapa membuat sakit hati gurunya, maka ia tidak akan mendapatkan berkah ilmu dan tidak dapat memanfaatkan ilmunya kecuali hanya sedikit. Sebuah syair mengungkapkan, “Sesungguhnya guru dan dokter tidak akan berguna nasehatnya bila tidak dihormati. Bersabarlah dengan penyakitmu bila kamu menentang dokter dan bersabarlah kamu dengan kebodohanmu bila kamu menentang guru”.

4. Memuliakan guru

Memuliakan guru sebagaimana memuliakan kedua orang tua. Duduklah di hadapan guru dengan sopan dan berbicara terhadapnya dengan sopan. Jangan menyela perkataannya, tunggu hingga guru menyelesaikan ucapannya. Dengnrkan pelajarannya dengan baik. Jika ada sesuatu hal yang perlu ditanyakan, bertanyalah dengan perkataan yang santun. Jangan menjawab pertanyaan yang bukan ditujukan untuk kamu.

5. Jangan membohongi guru

Hadirlah pada setiap pelajarannya pada waktu yang telah ditetapkan. Jangan banyak bermain dan datang di akhir waktu kecuali dengan udzur yang benar. Apabila guru menegurmu maka takutlah untuk memberi alasan palsu dan kebohongan.

6. Akui kesalahan dan jalani hukuman dengan ikhlas

Jika guru menghukum bukan berarti beliau membenci tapi itu untuk kebaikanmu agar kamu mau dengan tertib melaksanakan kewajiban. Kelak dewasa kamu akan merasakan manfaat dari sikap tegas gurumu. Guru mempunyai tugas untuk menegakan akhlakmu. (MAY)

Sumber berita: tirto.id

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
adab
murid
terhadapguru
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
27 March 2018 06:00:01

Awas, Rokok Mengancam Masa Depan Anak!

 
PARENTING
23 February 2018 08:50:29

Peran Ibu dalam Kehidupan Anak

 
PARENTING
18 November 2018 20:59:58

Hijrah Fest 2018: Surat Kecil Ustadz Abdul Somad

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284