ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 22 Juli 2019 | 19 Zulqaidah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
OASE

Tips Praktis Menghapal Alquran

25 August 2018 21:04:04
Tips Praktis Menghapal Alquran
Foto: khazanahalquran

ChanelMuslim.com-Alquran adalah kitab suci, kitabullah, kitab kaum muslimin. Sebagai umat Islam, kita harus bisa membacanya, menjaganya, memeliharanya, dan mempelajarinya terlebih dahulu. Karena di akhirat kelak, Alquran yang bisa membawa kita ke jannah-Nya, dengan al-quran kita bisa mempelajari bahasa Arab juga karena bahasa surga ialah bahasa arab.

Saya akan berbagi beberapa tips menghapal alquran :

1. Niat

Kita harus niat dari hati kita, niat karena Allah bukan niat karena terpaksa. Karena dengan niat kita akan mudah mempelajari alquran apalagi menghapalnya

2. Target

Jika sudah ada niat yang bulat kita buat target, karena dengan target in syaa Allah kita akan memenuhi target tersebut sedikit demi sedikit. Akan tetapi, kebanyakan orang dengan target sendiri terjadi tidak keistiqomahan dalam menjalankannya. Nah, biar kita selalu istiqomah dalam target kita, kita tempel tulisan target tersebut di tempat-tempat yang sering kita lihat seperti pintu lemari, kaca, tempat tidur dsb.

3. Harus mempunyai adab pada kitab

Yang dimaksud harus mempunyai adab pada kitab adalah ketika kita pegang alquran dan untuk mempelajarinya seperti berikut :

a. Suci

Alangkah baiknya ketika kita belajar kitab ataupun memegangnya, kita mengambil air wudhu dahulu karena alquran ialah kitab Allah dan sebagian adab kita pada kitab-Nya

b. Letakkan di atas kepala

Ketika kita ingin menghapal alquran baiknya alquran kita letakkan pada bagian atas kepala atau sejajar dengan kening karena dengan itu, in syaa Allah bisa membantu kefokusan kita saat menghapalkan ayat-ayatnya. Dan bisa juga letakkan alquran pada bagian atas kanan/kiri kepala kita.

Dan jika membawa al quran kemana saja jangan kita pegang di bawah tangan (ketiak) telapak tangan dengan tangannya memanjang ke bagian bawah sejajar dengan kaki. Baiknya kita pegang pakai telapak tangan di atas dada kita.

c. Menghadap kiblat

Ketika menghapal, membaca ataupun mempelajari al quran dianjurkan untuk menghadap kiblat bukan membelakangi kiblat karena sebagian ibadah kita kepada Allah Swt.

4. Lingkungan

Kita berhak memilih lingkungan ketika menghapal alquran karena dengan lingkungan yang baik kita akan lebih fokus, nyaman dan tidak bosan. Percuma tempat kita menghapal kotor, rusuh dsb dan pada akhirnya menimbulkan malas, bosan dll.

Jika tempat sejuk kita akan betah dan asyik untuk menghapal alquran.

5. Memilih teman

Selain lingkungan, kita juga berhak memilih teman di sekitar kita. Orang bijak berkata "jika kamu berteman dengan tukang minyak wangi, kamu akan ketularan wanginya dan jika kamu berteman dengan tukang besi makan kamu akan ketularan karat besinya"

Jadi kalau kita berteman dengan orang-orang yang sholeh dan sholehah, kita akan konsisten dengan niat dan target kita. Dan kalau kita berteman dengan teman yang awam dan susah diajak ke jalan yang baik, kita akan ketularan ataupun ikut-ikutan mereka dan akhirnya kita tidak menjalankan apa yang kita niatkan dari awal.

6. Perbanyak ibadah

Jangan fokus kepada alquran saja, akan tetapi, kita harus perbanyak ibadah yang lainnya juga seperti :

a. Sholat Sunnah

Sholat sunnah seperti sholat dhuha, sholat tahajud, sholat rawatib dll. Nah di sini salah satunya ialah sholat tahajud.

Dengan sholat tahajud di sepertiga malam doa-doa yang kita inginkan in syaa Allah akan terkabulkan, kita harus merendah diri pada-Nya dan kita serahkan saja pada Allah Swt.

Dan di waktu ini juga kita akan mudah untuk menghapal alquran karena otak kita berjalan dengan lancar (mudah menangkap) dan tidak berisik hanya kita dan Allah yang tahu

b. Sholat di awal waktu

Sholat di awal waktu membantu kita juga memperlancar menghapal alquran karena kita menunjukkan kepedulian kita dengan Sang Maha Khaliq. Dengan ini, Allah Swt tahu akan makhluk-Nya sedang berusaha untuk kebaikan, maka dari itu, Allah swt membantu makhluk-Nya dengan dimudahkan dalam menghapal alquran.

7. Jangan pernah jenuh

Setiap manusia yang ingin menjalankan kebaikan pasti ada godaan, dan yang menjalankan keburukan jarang adanya godaan. Kadang ketika kita sedang menghapal alquran timbul rasa jenuh, bosan, boring, pengen istirahat tapi target kita belum terpenuhi, malas dsb. Akan tetapi kita langsung ingat saja pada niat kita untuk siapa dan target-target kita. Karena dengan itu semuanya akan kembali ke kita, untuk kita diri sendiri bukan orang.

Jadi kita harus keep spirit, kita harus bisa menjaga keistiqomahan kita, jangan mudah tergiur dengan godaan-godaan. Banyak yang bilang bikin target ataupun semacam itu mudah dan berjalan di awal-awal saja akan tetapi di pertengahan jalan sedikit-sedikit ada perubahan karena adanya godaan dan tidak terselesaikan akhirnya tidak konsisten dengan apa yang kita inginkan dari awal.



Penulis : Siti netti sentri yunisa
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 17 August 2018

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
tips praktis menghapal alquran
 
BERITA LAINNYA
 
 
OASE
30 January 2018 10:00:30

Ketika Kakak Bertanya tentang eLGeBeTe

 
OASE
15 July 2018 20:54:03

Liburan Telah Usai

 
OASE
23 September 2018 14:37:42

Cegah Penyakit Zaman Now dengan Iman

 
OASE
20 November 2017 07:17:00

Nasehat dari Tradisi Mencium Hajar Aswad


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284