ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 26 November 2020 | 11 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Rumah Bibit Jadi Solusi Kemandirian Pangan di Tengah Pandemi

03 November 2020 13:11:27
Rumah Bibit Jadi Solusi Kemandirian Pangan di Tengah Pandemi
Rumah bibit di desa binaan LAZ Al azhar

ChanelMuslim.com - Keberadaan rumah bibit di desa binaan LAZ Al azhar berperan penting untuk memenuhi kebutuhan pangan. Disaat hampir semua wilayah mengalami krisis pangan, warga binaan LAZ Al Azhar mampu bertahan dan mandiri pangan dengan adanya instrumen rumah bibit. Salah satunya di Desa Mangkalapi, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Melalui pendampingan bersama Dasamas (Da’i Sahabat Masyarakat), masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur menjadi lebih produktif. Berbagai jenis bibit tanaman hortikultura dibagikan secara gratis kepada warga untuk ditanam di pekarangan rumah.

Stok bibit sayuran dan apotik hidup tersedia dengan baik. Selain terus disuplai oleh Dasamas dan KWT (Kelompok Wanita Tani) Keluarga Harapan, masyarakat yang memiliki kelebihan bibit dapat memberikan bibitnya di rumah bibit sehingga dapat dimanfaatkan oleh sesama.

Menurut Sanusi, Dasamas LAZ Al Azhar masyarakat yang tergabung dalam KWT Keluarga Harapan aktif mengikuti kegiatan pelatihan mengenai pengelolaan bibit tanaman mulai dari cara pemeliharaan, penggunaan pupuk dan pengendalian hama. Pupuk yang digunakan dapat memanfaatkan sampah-sampah organik dari limbah rumah tangga seperti nasi bekas dan daun kering.

Pekarangan yang selama ini belum dimanfaatkan merupakan potensi yang dapat dikelola sebagai sumber pangan dan gizi keluarga dalam jangka panjang. Selain itu, kelebihan hasil panen yang diperoleh dapat memberikan penghasilan tambahan pendapatan keluarga.

“Alhamdulillah para anggota terus bersemangat memicu diri untuk meningkatkan produk pertaniannya demi meningkatkan pendapatan rumah tangga dan menciptakan peluang usaha dalam kegiatan perekonomian desa menuju sejahtera,” kata Sanusi.

Kini, 130 pemetik manfaat dari berbagai elemen seperti KWT, Kader PKK, Kader Posyandu, dan masyarakat sekitar telah merasakan manfaat yang nyata. Selama masa pandemi ini, mereka dapat memenuhi kebutuhan dapur seperti sayuran dan rempah-rempah. Dengan begitu, pengeluaran masyarakat berkurang juga lebih hemat, mengingat kondisi ekonomi saat pandemi tengah sulit. [Wnd/rls]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
24 May 2019 09:37:53

Sekolah Gratis dari PLN untuk Indonesia

 
NASIONAL
16 March 2019 08:31:47

Miliki Rumah dengan Metode Wakaf Produktif

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284