ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 18 Januari 2020 | 23 Jumadil Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KOLOM

Obat Kimia, Herbal, dan Tradisional, Pilih yang Mana?

29 January 2018 16:32:59
Obat Kimia, Herbal, Tradisional
Sumber: Hello Sehat

Oleh: Hj. Ernawati Ginting, SSi., Apt., Wakil Ketua PW Salimah Sumut 

ChanelMuslim.com - Saat ini animo masyarakat terhadap obat herbal cukup tinggi. Ini merupakan hal yang baik. Namun seiring dengan itu, ada kekhawatiran yang berkembang dalam masyarakat terhadap penggunaan obat-obatan kimia. Maka muncullah pertanyaan. Apa sih sebenarnya bahan kimia itu? Kenapa sampai dikhawatirkan penggunaannya?

Sesungguhnya seluruh bahan yang mengandung unsur dalam sistem perioik merupakan bahan kimia (biasanya diajarkan ditingkat SMA). Badan kita, tumbuh-tumbuhan, hewan, aluminium, besi, seng, atap rumah, sepatu, baju adalah bahan kimia.

Bahan kimia ada yang dari alam, ada pula yang sintesis. Sintesis berarti bahan yang berasal dari alam diolah melalui rangkaian proses, baik kimia, fisika, dan lain-lain.

Apakah bahan sintesis berbahaya? Jawabnya ada yang bermanfaat, ada pula yang berbahaya. Sama halnya dengan bahan alam. Ada yang bermanfaat dan ada yang berbahaya.

Nilai bahayanya pun ada ukurannya. Jika digunakan untuk pengobatan, selama berada dalam dosis yang ditetapkan, tentunya berada dalam ukuran aman. Demikian pula dengan bahan alam. Rebusan daun sambiloto misalnya. Jika melebihi dosis akan berbahaya bagi kesehatan.

Tentang obat herbal dan tradisional. Obat tradisional adalah obat yg berasal dari alam dan sudah dipakai bertahun-tahun secara turun temurun untuk pengobatan, pencegahan penyakit, mempercantik diri dan lain-lain. Contohnya jamu.

Obat tradisional berbeda dari obat herbal. Obat herbal sudah melewati uji pre klinik dan uji klinik yg memakan waktu dan biaya besar. Sementara obat tradisional belum melewati serangkaian uji tersebut.

Kepercayaan yang berkembang di kalangan masyarakat awam adalah seolah-olah obat herbal terbebas dari bahan kimia atau bahan sintesis. Padahal sebenarnya hampir tidak ada obat herbal atau jamu yang bebas dari bahan kimia atau sintesis. 

Yang benar adalah obat herbal mengandung bahan alam. Untuk membuat krim perawatan kecantikan dari bahan alam minyak zaitun misalnya, diperlukan baik bahan alam atau sintesis (seperti cetyl alkohol, gliserin dan lainnya). Bahan-bahan tersebut berguna untuk mendapat performa yang baik, lembut, dan tidak berminyak.

Nah...sudah jelas kan? Semoga dengan tulisan ini kita dapat berpikir dan mengambil sikap yang bijak untuk kesehatan kita ya...

*Tulisan ini dibuat sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dan untuk menambah khazanah pengetahuan kesehatan.

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
obat kimia
herbal
tradisional
 
BERITA LAINNYA
 
 
KOLOM
02 January 2018 20:55:50

Empat Rahasia Kesuksesan

 
KOLOM
13 April 2019 22:10:07

Sudahkah Rumah Kita Bebas Bullying?

 
KOLOM
06 February 2019 06:16:35

Representasi Kekeliruan Pemikiran Tentang RUU P-KS

Bantu Korban Banjir Jakarta bersama CHANELMUSLIM
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284