ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KOLOM

Antara Granada dan Tahun Baru

04 January 2019 16:27:51
Antara Granada dan Tahun Baru
Foto: holidayguru

Oleh: Agung Hendarsa

ChanelMuslim.com--Perjalanan Rihlah Sejarah Maroko Spanyol tahun lalu demikian membekas bagi anak-anak kami. Dan tahun ini, meskipun ketika di ujung tahun kami berada di negeri seberang nun jauh di mata, sikap Faiz dan Zayyaan tetaplah sama: bahwasanya sebagai muslim dan mukmin kita tidak seharusnya merayakan tahun baru Masehi.

Tahun baru itu dan satu hari setelah itu, 2 Januari adalah tahun berduka yaitu jatuhnya Andalusia di mana diserahkannya kunci Istana Alhambra Granada dari Sultan Muhammad ke Ferdinand dan Isabella. Itulah kerajaan Islam terakhir di bumi Andalusia dan akhir peradaban Islam di Eropa setelah bertahan selama lebih dari 7 abad, proses penaklukan Granada memerlukan waktu 250 tahun.

Waktu yang bukan sebentar peradaban Islam itu jaya di bumi Eropa, waktu yang cukup panjang dan lama bagi musuh Islam dalam menghabiskan sumber daya untuk menaklukkan Granada. Granada adalah benteng pertahanan terakhir peradaban Islam di Eropa.

Sejarawan Spanyol mengatakan, “Orang-orang muslim mencurahkan seluruh jiwa raga mereka dalam peperangan, mereka layaknya seorang pemberani dengan tekad yang kuat mempertahankan diri mereka, istri, dan anak-anak mereka.”

Demikian juga masyarakat sipil Granada, mereka turut serta dalam peperangan dengan gagah berani, mempertahankan tanah air mereka dan mempertahankan eksistensi Islam di tanah Eropa.

Setelah itu, Sultan Muhammad diasingkan. Beberapa saat perjalanan, di puncak gunung, ia menoleh kepada bekas wilayahnya sambil menitikkan air mata. Ibunya yang melihat keadaan itu tidak simpatik kepada putranya, bahkan ia memarahinya dengan mengatakan, “Jangan engkau menangis seperti perempuan, karena engkau tidak mampu mempertahankan Granada layaknya seorang laki-laki”.

Faiz dan Zayyaan pun telah memberikan pembelajaran bagi kami kedua orang tuanya serta adiknya Ayyubi tentang sikap teguhnya untuk tidak ikut-ikutan sekadar meramaikan bahkan membalas mengucapkan ucapan selamat tadi malam. Insya Allah anak-anak ini istiqomah, meskipun berada di belahan bumi manapun insya Allah Allah swt yang menjaganya. Aamiin.

Raihlah cita-citamu setinggi mungkin Nak, dan jangan pernah lepas dari Alquran di hatimu, pikiranmu, akhlakmu, pemahamanmu serta hafalanmu.

Aldgate, 1 Januari 2019

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
antara granada dan tahun baru
 
BERITA LAINNYA
 
 
KOLOM
22 January 2018 10:51:44

Resolusi Pengasuhan 2018

 
KOLOM
03 February 2018 21:11:18

Wakaf Menurut Empat Mazhab

 
KOLOM
22 December 2017 09:51:19

Apa Target Terbarumu di Tahun 2018 ?

 
KOLOM
06 February 2019 06:16:35

Representasi Kekeliruan Pemikiran Tentang RUU P-KS

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284