ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KISAH

Nikmatnya Bersedekah

06 October 2018 14:17:04
Nikmatnya Bersedekah

ChanelMuslim.com--Pengalaman sederhana pada suatu waktu ketika aku hanya memiliki secuil sisa uang jajan semasa sekolah, kemudian uang tersebut sebagian tetap menjadi 'jatah' teruntuk orang lain yang membutuhkan ataupun nasibnya di kotak amal masjid. 

Ternyata tidak lama kemudian beberapa hari setelah itu, selalu ada saja balasan dari ALLAH SWT berupa ragam peristiwa 'rezeki menyenangkan' yang hadir buatku dan keluarga.

Mamanda berpesan, "Buanglah... dan lupakan! buang sebagai tabungan 'rahasiamu', bekalan kelak di alam sana, insyaAllah laba hari-hari rezeki dariNya akan bertambah makin deras...", yang beliau maksudkan 'buanglah' merupakan "Jangan sekali-kali mementingkan perhitungan laba nominal uang, ..."

tatkala dulu masa sekolah anak-anaknya mulai tertarik berjualan souvenir remaja dan keperluan sekolah, walhamdulillah kami memiliki uang jajan lebih dari bisnis kecil-kecilan tersebut. 

Aku dan kakakku mesti cukup merasa gembira dengan separuh tabungan yang bisa dipakai untuk jajan lebih banyak snacks di sekolah, bahkan terkadang kami bisa membeli buku koleksi sendiri dan tabungan cukup untuk perjalan study-tour.

"Pengalaman adalah rezeki yang jauh lebih besar daripada uang,...Pelajaran berharga..." ucap mamanda. 

Sampai saat aku dan kakak menuju usia kepala empat, kami memegang amanah orang tua bahwa, "Perhitungan untuk keperluan pribadi jika disebut X, maka sedekah yang dilakukan minimal 2X....itu namanya anak sholeh/sholehah...", insyaAllah faktanya memang kebahagiaan dan keberkahan hidup amat terasa dengan kebiasaan seperti ajaran orang tua kami. Walhamdulillah... 

Tidak ada rasa 'tertekan' mesti punya pabrik 20 cabang, atau mesti punya laba setinggi nganu, maupun mesti ada awards ini - itu dalam urusan 'bisnis' kami. 

Sebab ada standar pencapaian cita lain yang lebih penting, termasuk mendapatkan rezeki keluangan masa dalam menghafalkan ayat kalamullah, luasnya waktu dalam mendidik anak-anak, serta kenikmatan menyalurkan keahlian lainnya seperti menuliskan catatan harian dan mencoba resep masakan. MasyaaAllah laa quwwata illa billah! 

Sahabatku, sungguh diri ini mungkin hanya berbagi pengalaman seujung debu, namun kuharapkan kita dapat meraih hikmahNya, banyak dari kita masih membandingkan jalan hidup dengan kondisi hidup orang lain. Disitulah celah setan menggoda untuk membuat hati kita lalai dalam

bersyukur. Sungguh faktanya, duhai saudaraku, bahwa apabila kita tersandung banyak peoblema hidup, 'buanglah beban pikiran' dengan berbuat baik ataupun tambah amalan dzikrulloh serta bersedekahlah! MasyaaAllah, pasti tak pernah rugi, duhai hamba-hambaNya yang cinta ilmu, jangan membandingkan nominal harta orang lain untuk urusan duniawi, lakukan peningkatan sedekah rutinmu di setiap 'keinginan meraih ilmu nan barokah hadir', tentu kamu rasakan sendiri~ menerima balasan yang amat baik pula dan berlipat-lipat ganda. Alur takdir tersebut di berikan oleh ALLAH SWT melalui perantara manusia lainnya yang berbuat baik kepada kita. Biiznillah, derasnya keberkahan hidup dilimpahkan Allah SWT bagi para pecinta sedekah. 

InsyaAllah apa-apa yang sudah menjadi wasiat nabi kita, Rasulullah Sholallahu alayhi wassalam adalah amat tepat dipraktekan di sepanjang hayat. Makin 'mudah bersedekah', maka makin berlipat ganda segala nikmat anugerah kebaikan nan dilimpahkanNya. 

Makin luas pula kesabaran dan rasa syukur kita

dalam menerima segala kisah qodho dan qadarulloh, serta makin cinta dan ridho Allah SWT sehingga dimudahkanNya di setiap meniti solusi. 

Sedekah adalah tanda taat dan ketaqwaan, tanda syukur senantiasa kepada Allah SWT dan apresiasi kepada sesama manusia.

Dalam sebuah hadits Nabi SAW bersabda yang bermaksud: "Setiap sendi manusia perlu bersedekah, setiap hari matahari terbit ada orang mengadili dua orang adalah sedekah.

Membantu orang dengan mengangkat barang ke atas binatang tunggangan adalah sedekah. Satu kalimat yang baik adalah sedekah. Setiap langkah untuk mengerjakan solat adalah sedekah dan membuang sesuatu yang berbahaya di jalanan adalah sedekah." (hadits riwayat al-Bukhari)

Mari kita jauhi sifat tamak dan kikir dalam kalangan umat Islam dengan memperbanyak sedekah, terutama kali ini saudara-saudari kita yang terdampak gempa dan tsunami perlu uluran dan rangkulan bersama. Selain itu, Islam juga menggalakkan umatnya saling mendoakan, saling menolong sebagaimana sakitnya satu bagian tubuh, seluruh tubuh pun ikut merasakan dampaknya. Allahul musta'an.

waullohu a'lam, 

#PrayForLombok #PrayForDonggalaPalu #PrayForIndonesia 

(@bidadari_Azzam, KL, malam 24 Muharram 1440h)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
KISAH
28 April 2018 21:12:54

Tertipu Peci, Jubah, dan Seolah (dekat) Ulama

 
KISAH
15 February 2019 09:28:10

Wow, Raja Boneka Itu Sudah Bisa Bicara

 
KISAH
11 August 2019 13:26:25

Kisah Istri Solihah Berpuasa di Hari Arafah

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284